PENGEMBANGAN PERMAINAN GOMOKU SEBAGAI PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SUMBER BELAJAR PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN

  • YUSTIKA AULIA RAHMA

Abstract

Permainan Go-Moku seri dunia tumbuhan adalah salah satu permainan edukatif yang dapat digunakan untuk sumber belajar siswa dalam mempelajari materi dunia tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kelayakan perangakat permainan Go-Moku sebagai permainan edukatif ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R&D (Research and Development). Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Mei 2014 di Jurusan Biologi, FMIPA, UNESA. Uji coba media dilakukan SMAN 2 Lamongan, tanggal 17 Juni 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas permainan Go-Moku memperoleh penilaian sebesar 93.40% (sangat layak), persentase kepraktisan permainan Go-Moku sebesar 91.52% (sangat baik) ditinjau dari pengamatan keterlaksanaan permainan Go-Moku. Persentase keefektifan permainan Go-Moku berdasarkan hasil belajar keterampilan kognitif siswa sebesar 75% (baik), hasil belajar keterampilan sosial sebesar 89% (sangat baik), dan pemerolehan respon positif dari siswa sebesar 87.5% (sangat baik). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Go-Moku sebagai permainan edukatif untuk sumber belajar pada materi dunia tumbuhan layak  untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Permainan Go-Moku, Permainan Edukatif, Sumber Belajar, Materi Dunia Tumbuhan.

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 39