PROFIL KETERAMPILAN INKUIRI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA

  • SUMARLINA

Abstract

Keterampilan inkuiri merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013, di mana siswa harus dapat merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, membuat kesimpulan, dan menyampaikan ide. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan inkuiri siswa kelas X SMA pada pembelajaran dengan menggunakan LKS berorientasi inkuiri pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan metode tes, metode pengamatan, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,8% indikator yang berkaitan dengan keterampilan inkuiri tuntas, dengan persentase ketuntasan untuk keterampilan merumuskan masalah sebesar 55,5%, merumuskan hipotesis sebesar 72,2%, mengumpulkan data sebesar 72,2%, menganalisis data sebesar 86,1%, membuat kesimpulan sebesar 75%, dan menyampaikan ide sebesar 100%. Hasil pengamatan aktivitas menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa memperoleh nilai sebesar 97,3% dengan kategori sangat aktif, dengan persentase  siswa yang menunjukkan aktivitas sangat baik untuk keterampilan merumuskan masalah sebesar 58,3%, merumuskan hipotesis sebesar 72,2%, mengumpulkan data sebesar 94,4%, menganalisis data sebesar 100%, membuat kesimpulan sebesar 100%, dan menyampaikan ide (mengkomunikasikan) sebesar 100%. Persentase respon positif yang diberikan oleh siswa ialah sebesar 98,6% (kategori sangat baik), dengan persentase untuk keterampilan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan sebesar 100%, serta menyampaikan ide sebesar 91,7%.

Kata Kunci: Keterampilan inkuiri, perubahan lingkungan, LKS berorientasi inkuiri

Published
2014-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 28