PENERAPAN LKS BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 1 WONOAYU SIDOARJO

  • ERLIN NUR WAHYUNI

Abstract

Lembar Kerja Siswa materi pencemaran lingkungan yang digunakan di SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo adalah  LKS konvensional yaitu LKS yang hanya berisikan ringkasan materi dan soal kognitif saja. Akan tetapi tuntutan dari kurikulum 2013, yaitu pendekatan ilmiah yang meliputi mengamamti, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menerapkan LKS yang dapat menjawab tuntutan dari kurikumum 2013 yaitu LKS Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran guru, aktivitas dan respons siswa terhadap proses pembelajaran, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pre-ekspeimen dengan rancangan one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran amat baik dengan persentase sebesar 92%, aktivitas siswa yang mencerminkan pembelajaran penemuan terbimbing terlaksana amat baik dengan presentase 91%, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 82,17%, dan respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing sangat positif dengan presentase 95,4%.

Kata kunci :       Penelitian penerapan, LKS penemuan terbimbing, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Published
2014-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 45