ANALISIS KESESUAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN DI SMAN MOJOKERTO

  • EVA ROSITA SULISTIA WARDANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dengan tujuan pembelajaran pada RPP guru Biologi kelas X SMA Negeri di Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data dianalisis secara deskriptif. Subyek penelitian adalah tujuh guru Biologi Kelas X SMA Negeri sasaran kurikulum 2013 di Mojokerto. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian kegiatan mengamati dengan tujuan pembelajaran adalah sebesar 81,81 dengan kategori sesuai. Sementara kesesuaian kegiatan menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi data, serta mengkomunikasi dengan tujuan pembelajaran adalah sebesar 57,58; 68,18; 65,15; dan 68,18 dengan kategori kurang sesuai.

Kata Kunci: Kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik, tujuan pembelajaran, RPP.

Published
2014-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 196