EFEKTIVITAS PENERAPAN LKS “KEANEKARAGAMAN GEN DAN JENIS” DENGAN MODEL PENEMUAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • SELLA DESI ANGGRAINI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan LKS keanekaragaman gen dan jenis dengan model penemuan konsep berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar dan repons siswa. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Tahap persiapan penelitian dilakukan  di jurusan Biologi, FMIPA, UNESA bulan Juni 2014 sedangkan tahap penerapan LKS dilaksanakan pada tanggal 4-6 Agustus 2014 di SMAN Kesamben Jombang. Hasil penelititan menunjukkan persentase keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II kelas X MIA-1 sebesar 88,2% dan 88,9%,  dan kelas X MIA-3 sebesar 88,2% dan  94,4%. Aktivitas siswa mendapatkan skor 3,2 pada kelas X MIA-1 dan 3,18 pada kelas X MIA-3. Hasil belajar siswa kompetensi sikap kelas X MIA-1 dan X MIA-3 berturut-turut mendapatkan persentase 95% dan 94%. Kompetensi pengetahuan kelas X MIA-1 dan X MIA-3  mendapatkan nilai ketuntasan klasikal sebesar 86,7% dan 93,3%. Kompetensi keterampilan kelas X MIA-1 dan X MIA-3 berturut-turut  mendapatkan nilai klasikal sebesar 93 dan 85. Respons siswa kelas X MIA-1 dan kelas X MIA-3 mendapatkan nilai sebesar 91% dan 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan LKS keanekaragaman gen dan jenis dengan model penemuan konsep efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN Kesamben Jombang.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Penemuan Konsep, Keanekaragaman gen dan jenis.

Published
2014-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 63