EFEKTIVITAS PENERAPAN LKS BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY MATERI PTERIDOPHYTA KELAS X SMAN 1 DAWARBLANDONG

  • USWATUN HASANAH

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan pendekatan saintifik. Hasil wawancara dengan guru Biologi kelas X SMA Negeri1 Dawarblandong bahwa siswa kesulitan memahami materi Dunia Tumbuhan. Solusinya adalah pembelajaran menggunakan LKS Pteridophyta berorientasi Guided Discovery yang diadaptasi dari LKS yang dikembangkan oleh Ferdiyanti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan LKSPteridophyta berorientasi Guided Discovery. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24-30 Mei 2014 di SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II  yaitu  85% dan 97%, aktivitas siswa %, 85%, ketuntasan hasil belajar siswa post-test 90%, dan respons siswa  89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Lembar Kegiatan Siswa Guided Discoverymateri Pteridophyta efektif diterapkan selama pembelajaran siswa kelas X IPA 3 SMAN 1 Dawarblandong.

Kata Kunci: efektivitas, guided discovery, pteridophyta.

Published
2014-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 48