EFEKTIVITAS PENERAPAN LKS ECHINODERMATA BERBASIS GUIDED DISCOVERY KELAS X SMAN 2 SAMPANG

  • NOFA ARISKA

Abstract

Pembelajaran menggunakan LKS Echinodermata berbasis Guided Discovery merupakan pembelajaran yang dapat membimbing siswa menemukan konsep dalam materi pelajarannya. Echinodermata merupakan materi pelajaran yang membutuhkan kegiatan pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan proses. Kegiatan yang terkonsep dalam LKS Echinodermata berbasis Guided Discovery mengarah pada pendekatan saintifik sehingga diharapkan selain mendapatkan konsep materi pelajarannya, LKS ini juga dapat melatihkan keterampilan proses pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan LKS Echinodermata berbasis Guided Discovery yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, aktivitas siswaserta respons siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen.Rancangan penelitian menggunakan One Group Pre-test and Post-test Designdengan subjek penelitian siswa kelas X MS 4 SMAN 2 Sampangsebanyak 30 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaraan mencapai 91,15% dengan kategori sangat baik, rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 93,3% dengan kategori sangat baik, ketuntasan hasil belajarKD 3.8 dan KD 4.12 mencapai 90%, ketuntasan indikator pembelajaran KD 3.8  mencapai 85,75% dan KD 4.12 mencapai 85,8% serta respons siswa sangat positif dengan persentase sebesar 96%.Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKS Echinodermata berbasis Guided Discovery efektif diterapkan di kelas X SMAN 2 Sampang.

 

Kata kunci :efektivitas, guided discovery, echinodermata

Published
2014-09-06
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 51