VALIDITAS LKS BERBASIS CPS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas LKS berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah kelas X SMA yang dikembangkan. CPS merupakan penggabungan antara dua cara berpikir yakni berpikir kritis dan berpikir kreatif yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Validitas LKS ditinjau dari lima aspek yaitu aspek identitas, aspek tampilan, aspek bahasa, aspek materi dan aspek karakteristik CPS. LKS ini divalidasi oleh tiga orang penelaah yakni ahli pendidikan, ahli materi dan guru biologi SMA. Hasil validasi memperoleh rata-rata untuk seluruh aspek sebesar 3,68 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut, LKS berbasis CPS yang dikembangkan dinyatakan valid.
Kata Kunci: Validitas, LKS, Creative Problem Solving (CPS), perubahan lingkungan dan daur ulang limbah
PDF Downloads: 44