https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/issue/feed Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 2023-09-20T15:01:36+00:00 Dr. Novita Kartika Indah, S.Pd., M.Si. novitakartika@unesa.ac.id Open Journal Systems <p>Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) (<a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1564556084" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2685-9289</a>) merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi.</p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/52010 Validitas dan Keterbacaan E-Book Interaktif Enzim untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII 2023-09-20T15:01:32+00:00 Shela Sonia shela.19003@mhs.unesa.ac.id Yuliani Yuliani yuliani@unesa.ac.id <p>Pendidikan abad ke-21 mengintegrasikan <em>Information and Communication Technology</em> (ICT) pada pembelajaran dan menuntut siswa untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kemampuan literasi digital esensial dimiliki siswa untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang valid. Materi enzim dianggap sebagai materi yang sulit karena memuat banyak konsep abstrak dan istilah sulit. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-book interaktif enzim yang valid dan praktis untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan model 4D (<em>Define, Design, Develop</em>, dan <em>Disseminate</em>). Validitas e-book berdasarkan validator ahli materi dan ahli pendidikan dengan kriteria penyajian, isi, dan kebahasaan. Kepraktisan e-book berdasarkan hasil keterbacaan grafik Fry. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas pada 25 siswa kelas XII-IPA 1 SMA Labschool Unesa. E-book dikategorikan valid dengan dengan interpretasi skor validasi ≥ 61% dan praktis dengan level keterbacaan sesuai dengan tingkatan siswa. Teknik analisis data dikerjakan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menerangkan bahwa e-book valid dengan rata-rata skor 98,36%. E-book dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji keterbacaan yang berada pada level 12 dan sesuai dengan siswa SMA kelas XII. Dengan demikian, disimpulkan bahwa e-book interaktif enzim yang dikembangkan valid dan praktis sebagai media pembelajaran. Penggunaan e-book dapat melatihkan kemampuan literasi digital siswa SMA Kelas XII karena e-book dikembangkan untuk memfasilitasi siswa berlatih literasi digital.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> validitas, keterbacaan, e-book interaktif, enzim, literasi digital</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/52016 Pengembangan E-Book Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Genetika Peserta Didik SMA Kelas XII 2023-09-20T15:01:32+00:00 Kalimatul Maghfiroh kalimatul.19029@mhs.unesa.ac.id Endang Susantini endangsusantini@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Metakognitif ialah salah satu komponen penting dalam penuntasan standar kelulusan pada kurikulum Merdeka. Keterampilan metakognitif&nbsp; perlu&nbsp; disadarkan&nbsp; kepada&nbsp; peserta didik&nbsp; agar mampu berpikir efektif&nbsp; dalam proses pemecahan masalah Genetika dimana peserta didik&nbsp; harus&nbsp; memahami&nbsp; konsep yang berkaitan&nbsp; secara bertahap&nbsp; untuk&nbsp; mencapai&nbsp; pemahaman&nbsp; selanjutnya. Materi Genetika bersifat kompleks sehingga memerlukan multimedia dalam mempelajarinya. Salah satu solusi atas problematika tersebut yakni menyediakan bahan ajar&nbsp; yang dapat melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik dan bersifat interaktif. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan <em>e-book</em> berorientasi strategi <em>Know-Want-Learned</em> (KWL) untuk melatihkan keterampilan metakognitif pada materi Genetika peserta didik SMA Kelas XII serta mendeskripsikan kelayakan <em>e-book</em> menurut hasil validitas dan kepraktisan. Pengembangan <em>e-book</em> mengacu pada model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation</em>). Validitas <em>e-book</em> didapatkan dari hasil validasi 2 dosen ahli dan 1 guru biologi SMA. Validitas <em>e-book</em> berdasarkan komponen isi, penyajian dan kebahasaan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 98,66%. Hasil kepraktisan <em>e-book</em> ditinjau berdasarkan keterbacaan dinyatakan praktis digunakan pada jenjang SMA kelas 12 dan respon positif peserta didik dinyatakan sangat praktis dengan persentase sebesar 99,35%.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>E-book</em>, <em>KWL</em>,&nbsp; Metakognitif, Genetika</p> <p>&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong>Abstract </strong></p> <p><em>Metacognition is one of the important components in completing the graduation standards in the Merdeka curriculum. Metacognitive skills need to be made aware to students to be able to think effectively in the Genetics problem solving process where students must understand related concepts gradually to achieve further understanding. Genetics material is complex so it requires multimedia in learning it. One solution to the problem is to provide teaching materials that are able to train students' metacognitive skills and are interactive. The purpose of this research is to produce an e-book oriented to the Know-Want-Learned (KWL) strategy to train metacognitive skills in genetics material for 12<sup>th</sup> and describe the feasibility of e-books according to the results of validity and practicality. E-book development refers to the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The validity of the e-book was obtained from the validation results of 2 expert lecturers and 1 high school biology teacher. The validity of the e-book based on the content, presentation and language components was declared very valid with an average percentage of 98.66%. The results of e-book practicality based on readability were declared practical for use at grade 12 high school level and the positive response of students was declared very practical with a percentage of 99.35%. </em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: E-book, KWL, Metacognitive, Genetics</em></p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/52012 Pengembangan Media Truth and Dare Berbasis SSCS Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis 2023-09-20T15:01:32+00:00 Rindria Rachma Dewi rindria.19092@mhs.unesa.ac.id Tarzan Purnomo tarzanpurnomo@unesa.ac.id <p>Adanya tuntutan pada kurikulum merdeka yaitu salah satu kemampuan dalam profil pelajar pancasila adalah berpikir kritis. Proses pembelajaran dapat mendorong keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan lingkungan dengan media dan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran <em>Truth and Dare</em> berbasis <em>Search, Solve, Create, Share</em> (SSCS) materi perubahan lingkungan yang layak untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Validitas diperoleh dari penilaian validator. Kepraktisan diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Keefektifan diperoleh dari ketuntasan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Data validitas, kepraktisan, dan keefektifan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan media pembelajaran <em>Truth and Dare</em> berbasis SSCS yang dikembangkan validitas kartu, <em>packaging</em>, dan panduan sebesar 97,07%, validitas studi kasus kartu dan <em>posttest</em> sebesar 100% dengan kategori ketiganya sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran <em>Truth and Dare </em>berbasis SSCS yang dikembangkan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90,06% dengan kategori sangat praktis dan mendapat respon positif dari siswa sebesar 95,43% kategori sangat baik. Keefektifan media pembelajaran <em>Truth and Dare</em> berbasis SSCS yang dikembangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar sebesar 100% kategori sangat efektif dan keterampilan berpikir kritis sebesar 79,75% kategori berpikir kritis tinggi. Berdasarkan penelitian tersebut, media pembelajaran <em>Truth and Dare</em> berbasis SSCS materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dikatakan valid, praktis, dan efektif diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Truth and Dare</em>, SSCS, perubahan lingkungan, berpikir kritis</p> 2023-08-29T23:15:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/52372 Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Aplikasi Youtube pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik 2023-09-20T15:01:32+00:00 Angga Eka Aldianto angga.19005@mhs.unesa.ac.id Endang Susantini endangsusantini@unesa.ac.id <p>Perkembangan abad 21 menuntut perubahan pada bidang pendidikan sehingga peserta didik diharuskan memiliki keterampilan HOTS dalam pembelajaran. Hal tersebut mendasari Kemendikbudristek menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka 2022. Model inkuiri tipe terbimbing dinilai sesuai dengan penerapan kurikulum tersebut sekaligus dapat meningkatkan HOTS dan keterampilan proses peserta didik. Namun dalam penerapan model tersebut masih sedikit yang mengintegrasikannya dengan teknologi. Aplikasi YouTube dinilai dapat meningkatkan efektifitas model tersebut dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan ketercapaian dan peningkatan HOTS dari penerapan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Taman Sidoarjo pada kelas XII IPA 5 diikuti sebanyak 36 peserta didik dengan desain penelitian <em>One Group Pretest-Posttest</em> <em>Design </em>dan teknik sampling <em>Sampling Purposive</em> serta analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Keterlaksanaan pembelajaran selama 3x2JP dinyatakan terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 94%, 97,5%, dan 93,75%. Ketercapaian HOTS mencapai 100% (interpretasi sangat baik) dan peningkatan N-gain sebesar 0,716 (interpretasi tinggi) diperincikan ketercapaian profil HOTS C4 metakognitif sebesar 82,222% dan C5 metakognitif sebesar 80% (interpretasi baik). Peserta didik juga memberikan respon yang sangat positif dengan persentase sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube dapat meningkatkan HOTS peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan secara signifikan.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/53200 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA 2023-09-20T15:01:33+00:00 Nahdiyah Afkarina nahdiyah.19057@mhs.unesa.ac.id Winarsih Winarsih winarsih@unesa.ac.id <p>Kurikulum merdeka menuntut peserta didik memiliki kemampuan untuk tanggap dan aktif dalam menciptakan penyelesaian atas permasalahan dalam lingkup global, nasional, dan lokal, salah satunya kemampuan berpikir kritis. Salah satu pendekatan untuk memfasilitasi hal tersebut dengan menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> dalam pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan mendeskripsikan kelayakan berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis <em>Problem Based Learning</em>. Model pengembangan media menggunakan model ADDIE yaitu tahap <em>analyze</em>, <em>design</em>, dan <em>development</em>, namun pada tahap <em>implement </em>dan <em>evaluate </em>tidak dilakukan. Sasaran penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas X-8 SMA Negeri 1 Kebomas. Validitas LKPD diperoleh penilaian dari dua dosen biologi dan satu guru biologi. Kepraktisan LKPD diperoleh dari keterlaksanaan LKPD dan respons peserta didik. Keefektifan LKPD diperoleh dari hasil belajar peserta didik dan respons peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode validasi, metode observasi, metode angket, dan metode tes. Data dianalisis melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa LKPD berbasis <em>Problem Based Learning </em>layak digunakan dalam pembelajaran. Validitas LKPD memperoleh skor sebesar 95,7% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD pada keterlaksanaan memperoleh skor sebesar 93,04% dengan kategori sangat praktis dan respons kepraktisan memperoleh skor sebesar 96% dengan kategori sangat positif. Keefektifan LKPD pada ketuntasan peserta didik dari 3% menjadi 97% peserta didik yang tuntas dengan skor <em>N-gain</em> sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, ketercapaian indikator kemampuan berpikir kritis dari 44,51% menjadi 84,49% dengan skor<em> N-gain</em> sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, dan respons keefektifan memperoleh skor sebesar 94% dengan kategori sangat positif.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/53402 A Development of Problem Based Learning Based Vlog to Train Critical Thinking of 10th Grades Students in Environmental Change Topic 2023-09-20T15:01:33+00:00 Bunga Tiara Yulas bunga.19097@mhs.unesa.ac.id Fida Rachmadiarti fidarachmadiarti@unesa.ac.id <p><em>Vlog (Video Blog) media is creative content presented by vloggers which are packaged in the form of videos with blog-like characteristics but the appearance and presentation are made as attractive and as good as possible for further distribution to students to facilitate the learning process. Vlog media developed using Problem Based Learning (PBL) in which at each stage there are indicators of critical thinking skills that are trained. The focus of this research is on environmental change material. This research aims to produce Vlog media based on Problem Based Learning (PBL) on environmental change material to train valid and practical students' critical thinking skills. The parameters measured in media validity are content feasibility, presentation, discussion, and suitability for the PBL stage as well as critical thinking indicators. While the parameters for practicality are the implementation of the learning stages and student responses to the characteristics of Vlogs in learning. Data analysis from validation results, implementation of learning activities, and student responses in a quantitative descriptive manner. This research is development research that refers to the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research was piloted on a limited basis with 20 10<sup>th</sup> grade students at Al-Islam Krian High School. The validation results show that the Vlog media is considered very valid with a validation score of 86%. The practicality of Vlog media is measured based on the implementation of Vlog media in learning with very practical results for use in learning with a 98% implementation and student responses with an average score of 86% in the very practical category. Thus the PBL-based Vlog media is stated to be very valid and practical to use in learning about environmental change topics.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Vlog media, problem based learning, critical thinking, environmental changes.</em></p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54307 Pengembangan E-LKPD Interaktif berbasis Collaborative Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik 2023-09-20T15:01:33+00:00 Selly Adinda Mustika Murti selly.19069@mhs.unesa.ac.id Rinie Pratiwi Puspitawati riniepratiwi@unesa.ac.id <p>Tujuan penelitian ini dihasilkan E-LKPD interaktif berbasis collaborative learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan yang valid, praktis, dan efektif dalam melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. E-LKPD ini dikembangkan menggunakan model ADDIE yakni <em>analysis, design, development, implementation, </em>dan<em> evaluation</em>. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas berdasarkan hasil validitas para ahli, kepraktisan berdasarkan hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD, dan keefektifan berdasarkan hasil tes peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD dinyatakan valid dengan skor validitas syarat konstruksi 96,30%, syarat teknis 94,44%, dan syarat didaktik 100% dengan kriteria interpretasi sangat valid pada ketiganya. Selain itu, E-KPD juga dinyatakan praktis dengan skor kepraktisan syarat konstruksi 95,55%, syarat teknis 90%, dan syarat didaktik 100% dengan kriteria interpretasi sangat baik pada ketiganya. Adapun juga, keefektifan mendapatkan skor interpretasi 100%. Analisis 100%, evaluasi 100%, inferensi 86,67%, eksplanasi 100%, dan regulasi diri 93,33% dengan kriteria interpretasi sangat tinggi.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/53404 Kelayakan E-Flipbook Berbasis Hands-Minds on Activity untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Genetika 2023-09-20T15:01:33+00:00 Nailul Minakh nailul.19072@mhs.unesa.ac.id Endang Susantini endangsusantini@unesa.ac.id <p>Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu tuntutan dari keterampilan pembelajaran abad 21. Keterampilan tersebut perlu dilatih dan diajarkan ke siswa sebagai syarat utama dalam mempersiapkan perubahan zaman yang semakin berkembang dan modern. Namun pada kenyataannya, terdapat kelemahan dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar <em>e-flipbook</em> yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan <em>e-flipbook</em> berbasis <em>Hands-Minds On Activit</em>y yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan <em>e-flipbook</em> ini menggunakan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Kelayakan <em>e-flipbook</em> dilihat dari tingkat validitas berdasarkan telaah tiga validator dan kepraktisan yang ditinjau dari keterbacaan dan respons siswa. Penelitian ini diujicobakan pada 36 siswa kelas XII MIPA 5 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Hasil penelitian <em>e-flipbook</em> ini mendapat skor rata-rata validitas sebesar 3,72 dengan kategori sangat valid. Hasil keterbacaan <em>e-flipbook </em>berada pada kelas 11 dan respons siswa mendapat skor rata-rata sebesar 99,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan validitas dan kepraktisan, disimpulkan bahwa <em>e-flipbook</em> berbasis <em>Hands-Minds On Activity</em> layak untuk digunakan.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/53394 Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik 2023-09-20T15:01:33+00:00 Anindyta Happy Indah Sari anindyta.19090@mhs.unesa.ac.id Endang Susantini endangsusantini@unesa.ac.id <p>Peserta didik pada abad ke-21 dituntut untuk memiliki keterampilan 4C, satu diantaranya yakni berpikir kritis. Keterampilan tersebut perlu dilatihkan pada peserta didik supaya mempunyai kompetensi untuk menghadapi berbagai kompleksitas masalah kehidupan pada era informasi serta globalisasi dengan cara berpikir rasional serta reflektif yang terfokus kepada pembuatan keputusan mengenai apa yang diyakini serta dilakukan. Faktanya, di Indonesia keterampilan berpikir kritis pada peserta didik cukup rendah. Karena hal itu, perlu dikembangkan bahan ajar <em>e</em>-LKPD saintifik yang bisa melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan <em>e</em>-LKPD berbasis saintifik pada materi Perubahan Lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian <em>e</em>-LKPD menggunakan model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation</em>). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari <em>e</em>-LKPD. Kelayakan <em>e</em>-LKPD dilihat dari tingkat validitas berdasarkan telaah tiga validator, kepraktisan didapat dari keterlaksanaan aktivitas serta angket respons dan keefektifan didapat dari ketercapaian keterampilan berpikir kritis. Uji coba penelitian kepada 33 peserta didik kelas X-9 SMA Negeri 1 Kebomas. Hasil validitas memperoleh rata-rata 3,61 berkategori sangat valid. Keterlaksanaan aktivitas <em>e</em>-LKPD 1 dan 2 masing-masing memperoleh rata-rata 92,72% dan 94,54% berkategori sangat praktis. Angket respons mendapat rata-rata 93,63% berkategori sangat praktis. &nbsp;Berdasarkan validitas, dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa <em>e</em>-LKPD saintifik layak untuk digunakan.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/53236 Pengembangan e-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik 2023-09-20T15:01:33+00:00 Esa Fitriana Khoirun Nisak esa.19012@mhs.unesa.ac.id Endang Susantini endangsusantini@unesa.ac.id <p>Kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum terbaru yang diterapkan untuk mewujudkan pembelajaran yang bersifat <em>student centered</em> dan mengarah pada pemecahan masalah yang menjadi tuntutan <em>skill </em>pada abad 21. <em>Problem Based Learning </em>merupakan model pembelajaran yang cocok diterapkan di kurikulum merdeka belajar. Model PBL yang diimplementasikan dalam bentuk <em>e-</em>LKPD mampu merangsang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran serta menjadi terbiasa memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan <em>e-</em>LKPD perubahan lingkungan berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, </em>dan<em> Evaluation</em>). Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh validator yang terdiri dari dosen ahli materi, ahli media, dan guru biologi SMA untuk mendapatkan data validitas, observasi oleh pengamat untuk mendapatkan data kepraktisan, pemberian angket respons dan pemberian tes untuk mendapatkan data keefektifan. Analisis data melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor validitas sebesar 3,77 dikategorikan sangat valid. Kepraktisan sebesar 95% dikategorikan sangat praktis. Keefektifan berdasarkan ketuntasan hasil <em>pretest-posttest</em> sebesar 100%, ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah sebesar 90%, dan respons positif peserta didik sebesar 99% terkategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang didapatkan, <em>e-</em>LKPD yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dinyatakan layak.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54053 Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA 2023-09-20T15:01:34+00:00 Anta Sari anta.19070@mhs.unesa.ac.id Tarzan Purnomo tarzanpurnomo@unesa.ac.id <p>Ekosistem memiliki cakupan materi yang luas dan konsep yang nyata, sehingga sangat diharapkan peserta didik mampu menemukan konsep belajarnya sendiri. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka yang mana pembelajaran harus berpusat pada siswa <em>(Student Centered).</em> Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis <em>mind mapping</em> materi ekosistem yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D<em> (Define, Design, Development </em>dan <em>Disseminate).</em> Validitas LKPD diukur menggunakan instrumen validasi berdasarkan aspek penyajian, isi dan kebahasaan. Kepraktisan LKPD diukur menggunakan instrumen observasi keterlaksanaan, respons positif guru dan siswa. Keefektifan LKPD diukur menggunakan nilai tes yang mendapat nilai sedang hingga tinggi. LKPD dikategorikan valid apabila mencapai kevalidan sebesar ≥61%, praktis apabila keterlaksanaan dan responss mencapai kepraktisan ≥61%, keefektifan apabila persentase ketuntasan hasil belajar ≥71%. Penelitian ini menghasilkan LKPD untuk guru dan peserta didik dengan validitas LKPD sebesar 3,9 dengan validitasnya sebesar 97,8% (sangat valid). Hasil kepraktisan LKPD dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kepraktisan sebesar 97,7% (sangat praktis) dan respons guru dan siswa memperoleh respons sebesar 95,8% (sangat positif). LKPD berbasis <em>mind mapping</em> efektif karena memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,72 (tinggi) dan ketuntasan hasil belajar 100% (sangat efektif).&nbsp; LKPD berbasis <em>mind mapping</em> dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan untuk pembelajaran biologi kelas X SMA.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>LKPD, <em>mind mapping, </em>ekosistem, hasil belajar, kurikulum sekolah, sekolah menengah atas.</p> <p>&nbsp;&nbsp;</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54410 Pengembangan E-Lkpd Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi 2023-09-20T15:01:34+00:00 Ira Hasanah ira.19062@mhs.unesa.ac.id Wisanti Wisanti wisanti@unesa.ac.id <p><strong><em>Abstract </em></strong></p> <p><em>Integrated science process skills are one of the demands of the 21st century. The guided discovery model can be applied in learning to train integrated science process skills. The research aims to produce an E-LKPD based on </em><em>g</em><em>uided </em><em>discovery </em><em>&nbsp;for </em><em>p</em><em>lant </em><em>g</em><em>rowth and </em><em>d</em><em>evelopment to train integrated science process skills that are theoretically and empirically feasible. This research is development research using the 4D mode, which consists of defining, designing, developing, and disseminating. This research only reached the development stage. Theoretical feasibility based on the validation results includes presentation, content, and language aspects. Empirical feasibility is obtained from the integrated science process skills test-score and student</em><em>s’</em><em> responses. E-LKPD is categorized as theoretically feasible if it scores ≥ 2.51. E-LKPD was classified as empirically feasible if the percentage of students on the achievement of integrated science process skills indicators ≥ 76% and strong criteria student responses ≥ 61%. The results of theoretical feasibility in the validation test obtained a score of 3.86 (very valid). The empirical feasibility of </em><em>&nbsp;&nbsp;</em><em>E-LKPD is shown by the test results showing the achievement of</em><em> i</em><em>ntegrated science process skills</em> <em>indicators obtaining good to very good criteria, namely formulating problems, formulating hypotheses, identifying variables, carrying out experiments, presenting data, analyzing data, formulating conclusions successively by 96.7%; 91.7%; 86.6%; 91%; 96%; 78.3%; 91.7%, and the results of students' responses 97.25% (very strong). E-LKPD is declared theoretically and empirically feasible to use in learning.</em></p> <p><strong><em>Key words</em></strong><em>: E-LKPD, guided discovery, growth, development, integrated process skills.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54434 The Effect of Using Interactive Virtual Laboratory on High School Students Critical Thinking Skills on Blood Circulation System Material 2023-09-20T15:01:34+00:00 Nisa Rahmasari nisa.19085@mhs.unesa.ac.id Raharjo Raharjo raharjo@unesa.ac.id <p>The role of the laboratory in education can improve skills, including scientific process skills such as analyzing, evaluating, and thinking. One of the thinking skills is high-level thinking involving complex judgment skills, such as critical thinking, but students' critical thinking skills in Indonesia need to be improved. One of the Biology materials that can be carried out in practice is the Human Circulatory System, including the blood group system and heart organ function concepts. It requires expensive tools and materials and avoids disease transmission, so an interactive virtual laboratory medium is needed, one of which is the Howard Hughes Medical Institute (HHMI). This study aimed to determine the effect of using the HHMI interactive virtual laboratory on the critical thinking skills of XI Senior High School students in the Human Circulatory System Material Heart Organ Subchapter. The research used the experimental method and quantitative research. The research design was a Post-Test-Only Control Design, providing a post-test for the experimental and control groups after treatment. The statistical analysis was non-parametric to test the Mann-Whitney U hypothesis with a significance level of 0.05 with SPSS 23. Based on the results of data analysis, it was found that the results of critical thinking skills had a significant difference based on the results of hypothesis testing, with a Sig value of 0.010 at a significant level of 5%. Based on these results, interactive virtual laboratories affect students' critical thinking skills.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/53520 Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik E-LKPD Berbasis Guided Inkuiri: Melatihkan Keterampilan Poses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA 2023-09-20T15:01:34+00:00 Ruhil Ummu Maulida ruhil.19010@mhs.unesa.ac.id Yuliani Yuliani yuliani@unesa.ac.id <p>Pembelajaran biologi mengajarkan peserta didik mempelajari alam secara ilmiah dan sistematis melalui proses inkuiri, sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses sains terintegrasi. Karena itu, diperlukan penerapan keterampilan proses sains terintegrasi dalam pembelajaran yang didukung dengan model <em>guided inquiry</em> melalui bahan ajar inovatif berupa lembar kegiatan peserta didik elektronik (E-LKPD). Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis <em>guided inquiry</em> pada materi fotosintesis untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (<em>define, design, develop</em>, dan <em>disseminate</em>). Validitas E-LKPD dinilai berdasarkan validasi oleh pakar Pendidikan Biologi. Kepraktisan E-LKPD diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan aktivitas peserta didik menggunakan E-LKPD selama pembelajaran. Keefektifan E-LKPD diukur berdasarkan tes keterampilan proses sains terintegrasi menggunakan <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>, serta respons peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD dinyatakan sangat valid dengan skor 98,40%. E-LKPD dinyatakan sangat praktis dengan skor 96,92%. E-LKPD dinyatakan sangat efektif dengan skor ketercapaian indikator keterampilan proses sains terintegrasi sebesar 88% dan respons positif sebesar 97,95%. Disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54435 Pengembangan Permainan KARZIM (Kartu Enzim) Berbasis Team Games Tournament Untuk Melatih Keterampilan HOTS Siswa SMA 2023-09-20T15:01:34+00:00 Mas Al dhin Imru'ul Qais As-Syauqi mas.19074@mhs.unesa.ac.id Yuliani Yuliani yuliani@unesa.ac.id <p>Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media permainan kartu sebagai media pembelajaran yang inovatif dan praktis untuk melatih keterampilan HOTS siswa dilihat dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang diberi nama media permainan KARZIM (Kartu Enzim). Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em>, dan <em>Evaluation</em>) dengan desain penelitian <em>one group</em> <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> <em>design</em> yang dilakukan pada 22 siswa kelas XII SMA. Rincian hasil penelitian yang telah dilakukan di antaranya validitas permainan KARZIM mendapatkan persentase rata-rata sebesar 98,67%, kepraktisan permainan KARZIM dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,13%; lembar aktivitas siswa sebesar 97,2%; angket respons siswa sebesar 96,63%, dan keefektifan permainan KARZIM ditinjau dari hasil <em>pretest</em> mendapatkan persentase rata-rata sebesar 53,63% dan <em>posttest</em> mendapatkan persentase rata-rata sebesar 81,36% dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 90,90% (indikator interpretasi sebesar 27,28%, indikator analisis sebesar 28,79%, dan indikator evaluasi sebesar 26,14%). Pada semua hasil di atas mendapatkan kategori sangat baik. Peningkatan skor keterampilan HOTS melalui perhitungan <em>N-gain score</em> mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan KARZIM untuk melatih keterampilan HOTS dikatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54586 Development of Student E-Worksheet Based on Guided Inquiry of Environmental Change Material to Train Science Process Skills for 10th Grade High School 2023-09-20T15:01:34+00:00 Nabila Azahra nabila.19063@mhs.unesa.ac.id Herlina Fitrihidajati herlinafitrihidajati@unesa.ac.id <p><strong>Abstract </strong></p> <p>This research aims to produce an E-Worksheet based on guided inquiry of environmental change material to train students' science process skills that are theoretically and practically valid. This research used the 4-D development model; define, design, develop, and disseminate, but without the dissemination stage. The parameters in this study were the validity of the e-worksheet based on the validation results and the implementation of students' e-worksheet in terms of activity observation results and student responses. The targets or objects used in this study were 25 students of class X-14 SMA Al-Islam Krian. The research was conducted in December 2022 – June 2023. The research instruments used validation sheets, student activity observation sheets, and response questionnaire sheets. Data collection techniques were validation techniques, observation techniques, and questionnaire methods. Data analysis was carried out quantitatively descriptively. The results showed that the e-worksheet was declared very valid, with a validity score of 3.8 based on theoretical validity. The implementation of the e-worksheet developed in terms of the results of student activities got a percentage score of 100% with a very good category. The results of students' responses to the e-worksheet were very positive, with a percentage score of 98.7%. Based on these results, the e-worksheet developed was valid and feasible.</p> <p><strong>Keywords:</strong>&nbsp;E-worksheet, Guided inquiry, Science process skills, Environmental change material</p> <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik yang layak dan valid secara teori dan empiris. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D tanpa dilakukan tahap <em>dissemination. </em>Parameter yang diteliti meliputi validitas E-LKPD berdasarkan hasil validasi dan keterlaksanaan E-LKPD ditinjau dari aktivitas dan respon peserta didik. Sasaran atau objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 25 peserta didik kelas X-14 SMA Al-Islam Krian. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 - Juni 2023. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar angket respon. Teknik pengumpulan data yaitu teknik validasi, teknik observasi, dan metode angket. Analisis data dilakukan secara&nbsp; deskriptif&nbsp; kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD dinyatakan valid dengan skor validitas 3,8 kategori sangat valid. Keterlaksanaan E-LKPD yang dikembangkan ditinjau dari aktivitas peserta didik sebesar 100% kategori sangat baik, dan respon peserta didik terhadap E-LKPD sangat positif sebesar 98,7%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD valid dan layak untuk diterapkan.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>E-LKPD, Inkuiri terbimbing, Keterampilan proses sains, Perubahan lingkungan</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54585 The Develompment of E-Worksheet to Tain Scientific Literacy on Membrane Transport Material for 11TH-Grade High School Students 2023-09-20T15:01:34+00:00 Crystal Prima Yudha crystal.19065@mhs.unesa.ac.id Yuliani Yuliani yuliani@unesa.ac.id <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Scientific literacy is the ability of a person to apply his knowledge to identify questions, construct new <br>knowledge, provide scientific explanations, and develop a reflective mindset so that he can participate in <br>overcoming science-related issues and ideas. Biological material that has the learning potential to train <br>science literacy is membrane transport. The objective of this study is to create a membrane transport Eworksheet that is reliable, useful, and efficient for teaching scientific literacy and enhancing classroom <br>instruction. A 4-D model research design was used to create the e-worksheet (Define, Design, Develop, <br>Disseminate) without the Disseminate stage. A total of 30 students from class XI of science 3 took part in <br>the trial. The parameter of this study is the validity of expert validation results, the applicability of student <br>replies, and the efficacy of learning outcomes and scientific literacy abilities. The results showed that the <br>validity of the developed E-worksheet received a percentage score of 97% and was included in the very <br>decent category. The practicality of E-worksheet based on student responses obtained results of 96.65% <br>included in the very practical category. The effectiveness reviewed based on the completeness of learning <br>outcomes obtained results of 100% included in the very effective category and the achievement of science <br>literacy indicators of 88.64%. These findings allow for the declaration that the E-worksheet is valid, <br>practical, and effective.<br><strong>Keywords:</strong> E-worksheet, scientific literacy, membrane transport.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54697 The The Implementation of Student Worksheet Based on Contextual Teaching Learning on Ecosystem Materials to Train Scientific Process Skill for Students of Grade X Senior High School 2023-09-20T15:01:35+00:00 Ardhita Filja Nurismawati ardhita.043@mhs.unesa.ac.id Sunu Kuntjoro sunukuntjoro@unesa.ac.id <p>The worksheet that common used in schools only refers to cognitive assessment, especially at SMAN 2 Lamongan. In the independent learning curriculum, it is not enough to only required knowledge and attitude competencies, but skill competencies. Therefore, alternative learning that can solve the problem is learning by applying Contextual Teaching Learning-based worksheets to train students science process skills in Ecosystem material for grade X SMAN 2 Lamongan, which is adapted from the worksheet developed by Rosa (2020). This study aims to describe 1) the implementation of learning, 2) students science process skills, and 3) student responses. This research is a type of pre-experimental design research. The research target is 116 students of grade X SMAN 2 Lamongan. The parameters measured were 1) the implementation of learning, 2) students science process skills, and 3) student responses. The research data were analyzed according to the descriptive quantitative analysis method. The results showed 1) the implementation of learning carried out by the teacher was very good, 99.44%, 2) 93.75% of students had carried out science process skills very well and achieved completeness indicators, 3) student responses to worksheets were 97.22 % or very positive.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54505 The Development of E-Book Based on A Scientific Approach to Train Critical Thinking Ability on The Structure and Function of Plant Tissue Topic 2023-09-20T15:01:35+00:00 Wulida Mamluatul Faza wulida.19093@mhs.unesa.ac.id Yuni Sri Rahayu yunirahayu@unesa.ac.id <p>Educational demands that must be met in the 21st century are mastery of 4C skills (Critical Thinking, Collaborative, Creativity, and Communicative) and centered on higher-order thinking skills (HOTS). One of the HOTS is the ability to think critically. These critical thinking skills can be realized by applying the right learning approach with the support of appropriate learning media, including through a scientific approach. The goal of this research is to create an e-book based on a scientific approach to train critical thinking skills on the structure and function of plant tissues that are valid, practical, and effective. This study used a 4D development model, which included define, design, develop, and disseminate. The methods used to collect data are questionnaires, readability, pretest and posttest, and observation. Data analysis was performed using a quantitative descriptive technique. The e-book's validity was obtained by the assessment of three validators, resulting in a percentage of 97.50% in the very valid category. The practicality of the e-book was obtained by the results of student responses resulting in a percentage of 94.80% in the very practical category, and the readability test using a fry chart was at level 11. The effectiveness of the e-book was obtained by the results of the students' pretest and posttest gain scores resulting in an average of 0.72 in the high category, and the results of observations obtained a score of 3.80 in the very good category. Therefore, the developed e-book is declared valid, practical, and effective for use in learning.</p> <p><strong>Keywords: </strong>e-book, scientific approach, structure and function of plant tissues, critical thinking skills.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/55017 Pengembangan E-Book Ispring Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Fungi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA 2023-09-20T15:01:35+00:00 Yusi Sofia Valentina yusi.19013@mhs.unesa.ac.id Guntur Trimulyono gunturtrimulyono@unesa.ac.id <p>Keterampilan berpikir kritis penting dimiliki oleh peserta didik Sekolah Menengah Atas karena untuk memenuhi standar kelulusan di Kurikulum Merdeka pada materi fungi (keanekaragaman dan peranannya) sesuai capaian pembelajaran (fase E). Namun kenyataannya, keterampilan berpikir kritis peserta didik masih lemah. Berdasarkan penyebaran angket diketahui bahwa materi Fungi memiliki cakupan materi luas dan cara pengajarannya kurang diajak praktikum. Dengan demikian, solusi atas permasalahan tersebut yaitu membuat <em>e-book ispring interaktif </em>berbasis inkuiri terbimbing guna membantu melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan <em>e-book ispring</em> interaktif yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (<em>Define, Design, Develop, </em>dan <em>Disseminate</em>). Parameter penelitian ini yaitu validitas <em>e-book</em> yang ditelaah oleh 2 dosen ahli dan 1 guru biologi SMA, kepraktisan <em>e-book</em> dinilai berdasarkan aspek keterbacaan dan angket respon, serta keefektifan <em>e-book</em> dinilai dari hasil belajar untuk mengukur ketercapaian keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi <em>e-book</em> mendapatkan persentase sebesar 89,5% (sangat valid). Hasil keterbacaan <em>e-book</em> tersebut memperoleh level keterbacaan yaitu level 10 dan persentase angket respon sebesar 97,5% (sangat praktis). <em>E-book </em>dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata yakni 84,1 (tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa <em>e-book ispring</em> interaktif layak digunakan dalam pembelajaran.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54502 Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis CANVA Materi Sistem Respirasi Manusia dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa 2023-09-20T15:01:35+00:00 Hilda Anggraini hilda.19015@mhs.unesa.ac.id Isnawati Isnawati isnawati@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Pengembangan media digital diperlukan dalam bidang pendidikan untuk memudahkan proses pembelajaran. Siswa bosan menggunakan media pembelajaran <em>powerpoint</em> dan kesulitan pada materi Sistem Respirasi Manusia karena abstrak. Akibatnya, motivasi dan hasil belajar kognitif siswa rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan mengembangkan media pembelajaran audio visual. Media audio visual mampu menarik minat siswa untuk belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis Canva materi Sistem Respirasi Manusia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang valid, praktis dan efektif.&nbsp; Penelitian ini menggunakan model ASSURE (<em>analyze learner</em>, <em>state objective</em>, s<em>elect media and materials</em>, u<em>tilize media and materials</em>, r<em>equire learner participant </em>dan <em>evaluated and revise</em>) dan uji coba terbatas pada 15 siswa di SMAN 14 Surabaya. Validitas diperoleh berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan guru Biologi. Kepraktisan diperoleh berdasarkan hasil respons siswa. Keefektifan diperoleh berdasarkan motivasi yang mencakup hasil observasi dan hasil respons siswa, serta hasil belajar kognitif siswa mencakup <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Validitas diperoleh rata-rata 3,80 (sangat valid). Kepraktisan diperoleh rata-rata 92% (sangat praktis) dan keefektifan diperoleh rata-rata nilai observasi 97 (tinggi), N-gain respons motivasi 0,90 (tinggi) dan N-gain hasil belajar kognitif 0,80 (tinggi) (sangat efektif). Secara keseluruhan hasil penelitian ini dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Media audio visual mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa karena melibatkan indera penglihatan dan pendengaran secara bersamaan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Media pembelajaran, audio visual, Sistem Respirasi Manusia, motivasi, hasil belajar kognitif. &nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/55256 Pengembangan E-LKPD Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa 2023-09-20T15:01:35+00:00 Itaunada Itaunada itaunada.19047@mhs.unesa.ac.id Fida Rachmadiarti fidarachmadiarti@unesa.ac.id <p>Literasi sains menjadi keterampilan abad 21 yang disyaratkan untuk dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan literasi sains dapat dilatihkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis SETS yang mengaitkan aspek ilmu pengetahuan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Sub materi pencemaran lingkungan merupakan materi yang dapat melatihkan literasi sains karena mampu mengaitkan konsep informasi dasar yaitu berupa pengetahuan awal yang telah dimiliki untuk membantu siswa dalam memahami permasalahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis SETS pada sub materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (<em>define, design, develop</em>, dan <em>disseminate</em>). Validasi diukur berdasarkan hasil validasi oleh validator, kepraktisan diukur berdasarkan observasi keterlaksanaan dan respons peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan E- LKPD dinyatakan sangat valid yaitu sebesar 3,93 dengan persentase 98,15%. E-LKPD dinyatakan sangat praktis ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan dengan persentase 93,75% dan respon positif sebesar 95,5%. Disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/54959 The Development of Interactive E-Book on Plants Growth and Development Materials to Train Digital Literacy of Students 2023-09-20T15:01:35+00:00 Alfina Damayanti alfina.19040@mhs.unesa.ac.id Yuliani Yuliani yuliani@unesa.ac.id <p>The era of the 21st century is the era where information in digital form can be spread easily so that digital literacy is one of the skills that needs to be trained. The purpose of this research is to produce an interactive e-book on plant growth and development material to train student's digital literacy skills that are valid, practical and effective. This research refers to the 4D development model (Define, Design, Develop and Disseminate). The validity of the interactive e-book was obtained from the validation of two expert biology lecturers. The practicality of the e-book was obtained from a readability test using Fry's formulas and graphs as well as a response questionnaire students. The effectiveness of the interactive e-book was obtained from the calculation of N-gain pretest and posttest results from 16 heterogeneous students in class XII at SMA Negeri 1 Bojonegoro. Data validity, practicality and effectiveness were analyzed descriptively quantitatively. The results of the validity show an average overall score of 97.50% with a very valid category. The practicality of the interactive e-book that was developed received an average response from students of 98.82% in a very positive category and the readability test level from the fry chart showed level 12. The N-gain of pretest-posttest score average is 0.71 in the high category and the interpretation of the average value of each component of digital literacy is in the medium to high category.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/55249 Efektivitas LKPD Berbasis Collabotative Learning Materi Ekosistem untuk Melatih Literasi Sains Peserta Didik Kelas X 2023-09-20T15:01:35+00:00 Diah Dwi Firnanda diah.19009@mhs.unesa.ac.id Sunu Kuntjoro sunukuntjoro@unesa.ac.id <p>Pendidikan dengan sistem pembelajaran untuk meningkatkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik menjadi salah satu gagasan utama dalam program Merdeka belajar khususnya pada kemampuan literasi sains, LKPD berbasis <em>collaborative learning</em> mampu menjadi bahan ajar yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dalam penerapan literasi sains. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan 4-D (<em>Define, Design, Develop </em>dan <em>Dissiminate), </em>akan tetapi peneliti hanya melaksanakan sampai tahap <em>Develop. </em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis <em>collaborative learning </em>pada materi ekosistem kelas X SMA untuk melatih kemampuan lierasi sains peserta didik dinilai valid berdasarkan hasil validasi 3 ahli yaitu dosen Pendidikan biologi, dosen biologi dan guru biologi SMA dengan nilai rata-rata sebesar 3,75%. LKPD yang berbasis <em>collaborative learning</em> materi ekosistem yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis berdasarkan&nbsp; nilai rata-rata kepraktisan LKPD 1 dan LKPD 2 yaitu 94,19%. LKPD berbasis <em>collaborative learning </em>pada materi ekosistem kelas X SMA untuk melatih kemampuan literasi sains peserta didik dinilai efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik dihasilkan nilai rata-rata 94,19% dan respons peserta didik terhadap LKPD <em>collaborative learning </em>materi ekosistem dengan nilai rata-rata 94%.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Efektivitas, LKPD, <em>Collaborative Learning, </em>Literasi Sains, Ekosistem.</p> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/55142 Kelayakan Teoretis E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X 2023-09-20T15:01:36+00:00 Zumrohtul Azizah zumrohtul.19002@mhs.unesa.ac.id Fida Rachmadiarti fidarachmadiarti@unesa.ac.id <p>Perkembangan pendidikan pada abad ke-21 mengalami banyak perubahan dan berpengaruh dalam perkembangan kurikulum, salah satunya yaitu kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar merupakan suatu pendekatan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia yang memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. E-modul diperlukan sebagai bahan ajar yang dapat menunjang pelaksanaan kurikulum tersebut. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk digital yang bisa dipelajari secara mandiri oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dunia pendidikan abad ke-21 dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan teoretis e-modul berbasis inkuiri materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu <em>define, design, development, </em>tanpa <em>disseminate. </em>Data didapatkan dari hasil validasi oleh dua dosen biologi dan satu guru biologi SMA. E-modul berbasis inkuiri yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,89 yang apabila dipersentasekan memiliki nilai sebesar 97,25%. Hasil validasi tersebut didasarkan pada aspek penyajian, isi, kesesuaian langkah inkuiri, aspek berpikir kritis, dan kebahasaan. Sehingga disimpulkan bahwa e-modul berbasis inkuiri ini layak secara teoretis dan dapat digunakan oleh siswa kelas X SMA.</p> <div><strong>Kata Kunci</strong>: Kelayakan teoretis, E-modul berbasis inkuiri, perubahan lingkungan, berpikir kritis</div> 2023-09-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##