https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/issue/feed Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 2021-07-29T09:48:03+00:00 Muji Sri Prastiwi mujiprastiwi@unesa.ac.id Open Journal Systems <p>Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi</p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38820 PROFIL DAN VALIDITAS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATERI SEL 2021-07-27T17:38:44+00:00 Risti Efrilia Yudiandani risti.17030204046@mhs.unesa.ac.id Mahanani Tri Asri mahananiasri@unesa.ac.id <p>Penilaian autentik yaitu proses penilaian secara utuh yang dapat menilai kesiapan peserta didik, proses dan hasil belajar. Pembelajaran pada materi sel dapat lebih bermakna dengan menggunakan penilaian autentik karena penilaian autentik tidak hanya menilai pengetahuan tetapi juga menilai sikap dan keterampilan peserta didik. Namun, instrumen penilaian autentik sebagian besar belum dikembangkan dan diimplementasikan dibeberapa jenjang pendidikan. Kondisi tersebut bertentangan dengan tuntutan penilaian pada kurikulum 2013 yang menuntut semua aspek kompetensi peserta didik diukur dalam penilaian. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen penilaian autentik materi sel yang valid. Pengembangan instrumen penilaian autentik menggunakan model R&amp;D dengan 6 tahapan yaitu melakukan pengamatan potensi dan masalah, mengumpulkan informasi untuk merancang instrumen penilaian, mendesain produk instrumen penilaian disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013, validasi desain dengan cara validator memberikan saran terhadap instrumen penilaian yang telah dikembangkan, merevisi desain produk sesuai saran validator dan uji coba terbatas. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi desain produk tanpa melakukan uji coba terbatas karena adanya pandemi covid-19. Kelayakan instrumen penilaian didapatkan dengan metode validasi oleh 3 validator. Instrumen penilaian autentik yang dihasilkan layak ditinjau dari aspek ranah isi sebesar 3,71, kontruksi sebesar 3,93 dan bahasa sebesar 3,83 sehingga rata-rata keseluruhan sebesar 3,82 dengan kategori sangat valid. Penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian autentik materi sel masing-masing disertai petunjuk penggunaan meliputi penilaian diri sikap spritual, penilaian sikap sosial oleh guru, penilaian pengetahuan beserta kisi-kisi dan kunci jawaban, penilaian keterampilan proses dan kunci jawaban serta keterampilan kinerja laporan praktikum yang berguna untuk mengukur sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>instrumen, autentik, kurikulum 2013, sel.</p> 2021-07-27T02:24:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39289 VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FUNGI 2021-07-29T09:48:03+00:00 Muchammad Shobachan Nur muchammad.17030204011@mhs.unesa.ac.id Guntur Trimulyono gunturtrimulyono@unesa.ac.id <p>Pembelajaran pada kurikulum 2013 mengharapkan peserta didik mempunyai kemampuan untuk aktif saat proses pembelajaran dalam mencari, membangun dan menggunakan pengetahuannya. Keaktifan peserta didik dalam mencari dan menemukan konsep dapat dilatihkan dengan keterampilan proses sains yang bisa mengembangkan pengetahuan maupun konsep dengan ditunjang model pembelajaran inkuiri. Materi Fungi dalam pembelajaran diperlukan adanya pengamatan atau kegiatan praktikum sehingga objek yang dipelajari yaitu jamur dapat diamati secara langsung, kegiatan tersebut dapat didukung dengan model pembelajaran inkuiri sebab membutuhkan keterampilan proses sains untuk memahaminya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Fungi yang valid. Penelitian ini dilakukan memakai model&nbsp;pengembangan&nbsp;4D yang memiliki 4 tahap yaitu <em>Define, Design, Develop, </em>dan<em>&nbsp;Dis</em><em>s</em><em>eminate</em>. Namun tahap <em>dis</em><em>s</em><em>eminat</em><em>e </em>tidak dilakukan<em>.</em>&nbsp;Penelitian ini memiliki batasan sampai tahap pengembangan dan validasi, belum diujicobakan. Data dikumpulkan menggunakan metode validasi oleh 2 dosen&nbsp;ahli&nbsp;yaitu pendidikan dan materi dengan&nbsp;instrumen validasi yang&nbsp;meliputi&nbsp;aspek&nbsp;penyajian,&nbsp;isi, dan bahasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan skor validitas LKPD 1 Fungi Mikroskopis yaitu 3,88 yang dapat dikategorikan sangat valid dan skor validitas LKPD 2 Fungi Makroskopis yaitu 3,86 yang dapat dikategorikan sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan peneliti dikategorikan layak berdasarkan validitas, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan ajar pada materi Fungi.</p> <p><strong>Kata kunci :</strong><strong>&nbsp;</strong>Validitas, LKPD, Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Fungi</p> 2021-07-27T02:26:51+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39641 MISCONCEPTION PROFILE OF 11TH GRADE HIGH SCHOOL STUDENTS ON MEMBRANE TRANSPORT USING THREE TIER DIAGNOSTIC TESTS 2021-07-27T07:58:05+00:00 Tyas Tania Azqiya tyas.17030204038@mhs.unesa.ac.id Yuni Sri Rahayu yunirahayu@unesa.ac.id <p>The learning method in Indonesia employed distance learning during the Covid-19 pandemic with the purpose that&nbsp;the Ministry of Education and Culture released a decree number 719/P/2020 on Diagnostic Assessment, of which one was meant to identify misconceptions with the intent that teachers must carry out. Identification of misconceptions needs to be done because it can interfere with the formation of concepts in the next material because there are several concepts that are correlated with other concepts. Cognitive assessment&nbsp;is one tool to recognize students that have misconceptions. The objective of this descriptive evaluative research is to assess the profile of students’ misconceptions and the factors that have contributed to misconceptions faced by students in membrane transport sub materials using the Three Tier Diagnostic Test, and justification of some concepts at the highest misconceptions. The research phase consisted of validation of the test instrument, testing the student using the test instrument, analyzing the outcomes of the sample using a table for grouping students’ conceptions and parameters for deciding the level of misconceptions, and drawing the conclusions. The target of this research is 40 students of State High School 1 Babat in 11<sup>th </sup>grade that was XI Science 1 and XI Science 2 classes. The findings revealed that the misconception profile of students who understand the concept, do not understand the concept, and have encountered misconceptions were 9.625%; 31.250%; and 59.125% respectively. Students who experienced misconceptions were divided into three criteria for the level of misconception, a namely high misconception by 45.00%, a moderate misconception by 37.50%, and low misconception by 17.50%. Factors that affect the misconceptions faced by students were teacher, teaching method, learning media, students’ textbooks, and including students themselves. This research implies that students experience more misconceptions than understand the concepts.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Membrane Transport, Misconception Profile, Three Tier Diagnostic Test</p> 2021-07-27T02:31:37+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39844 PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERTUMBUAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA 2021-07-27T07:58:05+00:00 Hilda Malinda Mulya Fitri hilda.17030204086@mhs.unesa.ac.id Yuni Sri Rahayu yunirahayu@unesa.ac.id <p>Pendidikan di Indonesia sedang menjalankan sistem pembelajaran jarak jauh salah satunya secara <em>online </em>akibat pandemi <em>Covid-19</em>. Hal tersebut seolah mendukung era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu bahan ajar seperti <em>e-book</em> dirasa sesuai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh karena dikemas dalam bentuk file atau alamat URL dilengkapi fitur teks, tabel gambar, audio dan video. Penelitian pengembangan dilakukan dengan tujuan menghasilkan <em>e-book</em> berbasis inkuiri terbimbing pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang valid untuk &nbsp;melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D yakni (<em>Define, Design, Develop, dan Diseminate)</em> tanpa tahapan d<em>iseminate</em>. Penilaian validitas <em>e-book</em> dilakukan oleh tiga validator yang terdiri dari dosen ahli materi, dosen ahli pendidikan, dan guru biologi. Pengambilan data kepraktisan <em>e-book</em> dilakukan dengan uji keterbacaan menggunakan Grafik <em>Fry</em>, dan tingkat kepraktisan <em>e-book</em> diambil dari respon berbagai praktisi yakni, tiga belas peserta didik kelas XII IPA dan tiga guru dari sekolah yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil rata-rata validitas <em>e-book</em> sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan <em>e-book</em> juga ditunjang oleh hasil uji keterbacaan pada level 12 dengan persentase rata-rata respons positif peserta didik sebesar 97,43% dan persentase rata-rata respons positif guru biologi sebesar 95,56% yang tergolong dalam kategoti sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa <em>e-book</em> berbasis inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : E-book, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, inkuiri terbimbing, berpikir kritis.</p> 2021-07-27T02:33:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39644 ANALISIS FAKTOR PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 2021-07-27T07:58:05+00:00 Kholif Deigo Praja kholif.17030204036@mhs.unesa.ac.id Muji Sri Prastiwi mujiprastiwi@unesa.ac.id <p>Pendidikan ekologi penting diberikan untuk membantu siswa menjadi individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan bertanggung jawab demi memelihara keseimbangan antara kehidupan dan lingkungan hidup. Hasil belajar materi ekologi merupakan salah satu indikator pencapaian sikap peduli terhadap lingkungan, kemampuan merawat, dan tanggung jawab terhadap kehidupan untuk mencapai perubahan gaya hidup dan perilaku ramah lingkungan. Faktor eksternal dan faktor internal dapat mempengaruhi hasil belajar materi ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan siswa, dan bagaimana cara mengajar guru biologi selama pembelajaran daring dirumah, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi hasil belajar materi ekologi siswa SMA. Penelitian ini memanfaatkan <em>mix method </em>dengan <em>sequential explanatory </em>dengan analisis regresi linier berganda terhadap 44 sampel siswa SMA kelas X di Kecamatan Jambangan. Penelitian ini menghasilkan kategorisasi hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi secara berturut-turut dari sangat baik: baik: cukup: perlu bimbingan adalah 0%: 2.27%: 13.63%: 84.10%. Berdasarkan kategorisasi hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi, 14.8% dipengaruhi faktor lingkungan dan faktor cara mengajar guru, sedangkan 85.2% oleh faktor selain dalam penelitian. Faktor cara mengajar guru (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 2.499. Kontribusi faktor lingkungan dan faktor cara mengajar guru dalam hasil belajar dituliskan dengan persamaan Hasil belajar = -5.758 + (-0.413) Lingkungan + 1.117 Cara Mengajar Guru. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor cara mengajar guru biologi berpengaruh besar atas perolehan hasil belajar siswa.</p> 2021-07-27T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39875 PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN 2021-07-27T07:58:05+00:00 Izzah Rosyidah izzah.17030204068@mhs.unesa.ac.id Yuni Sri Rahayu yunirahayu@unesa.ac.id <p>Bahan ajar berbasis elektronik dibutuhkan dalam pembelajaran jarak jauh secara kontekstual pada masa pandemi covid-19, yaitu dengan pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL). Tuntutan keterampilan juga harus dimiliki siswa pada abad ke-21, salah satunya melalui keterampilan berpikir kreatif yang dapat dicapai dengan pengembangan <em>e-book</em> interaktif materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan <em>e-book</em> interaktif berorientasi CTL yang valid maupun praktis untuk melatih keterampilan berpikir kreatif. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan 4-D (<em>Define</em>, <em>Design</em>, <em>Develop</em> dan <em>Diseminate</em>), tanpa tahap <em>Diseminate</em>. Validitas <em>e-book</em> interaktif diperoleh dari validasi pakar yaitu 2 dosen ahli (pendidikan dan Biologi) dan 1 guru Biologi SMAN 1 Gondang Mojokerto. Kepraktisan <em>e-book </em>interaktif diperoleh dari uji keterbacaan menggunakan formulasi grafik Fry, angket respons guru yaitu tiga responden guru biologi berbeda sekolah dan angket respons 20 siswa heterogen kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Gondang Mojokerto. Analisis data validitas dan kepraktisan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis <em>e-book</em> interaktif yang dihasilkan diperoleh persentase validitas sebesar 96,54% tergolong kriteria sangat valid. Kepraktisan <em>e-book</em> interaktif diperoleh dari hasil uji keterbacaan yang menunjukkan <em>e-book</em> interaktif sesuai digunakan siswa kelas XII SMA, serta respons guru dan siswa diperoleh persentase kepraktisan secara berurutan sebesar 97,22% dan 99,50% tergolong kriteria sangat valid. Berdasarkan penelitian tersebut, <em>e-book</em> interaktif berorientasi CTL ini dinyatakan valid dan praktis untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran karena mampu melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>e-book</em> interaktif, <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL), berpikir kreatif, pertumbuhan dan perkembangan</p> 2021-07-27T02:37:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39945 PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PROTISTA MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST 2021-07-27T07:58:05+00:00 Lia Agustina lia.17030204067@mhs.unesa.ac.id sifak indana sifakindana@unesa.ac.id <p>Abstrak<br>Miskonsepsi adalah ide atau pandangan siswa tentang konsep yang berbeda dengan konsep ilmiah dan <br>pemahaman tersebut sulit diubah. Miskonsepsi dapat terjadi pada materi protista. Miskonsepsi harus dideteksi <br>secara dini dengan menggunakan tes diagnostik agar dapat direduksi. Tes diagnostik yang dapat digunakan <br>adalah four tier tes. Four tier test memberikan informasi secara lengkap sehingga dianggap paling akurat dalam <br>mendeteksi miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada <br>materi protista menggunakan instrumen tes diagnostik Four tier test dan mendeskripsikan penyebab miskonsepsi <br>siswa pada materi protista. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang merupakan kegiatan <br>pengumpulan data yang digunakan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi protista. <br>Sasaran penelitian adalah 64 siswa X MIPA yang terdiri dari 31 siswa X MIPA 4 dan 33 siswa X MIPA 5 SMA <br>Negeri 1 Gondang. Instrumen penelitian berupa 20 butir soal Four Tier Test Protista, instrumen wawancara, dan <br>lembar telaah validasi teoritis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata miskonsepsi siswa pada materi protista <br>sebesar 32,44 %. Persentase miskonsepsi paling rendah yaitu pada indikator mengidentifikasi cara reproduksi <br>Amoeba sebesar 15,6 %. Persentase miskonsepsi paling tinggi yaitu pada indikator mengelompokkan protista <br>mirip jamur ke dalam kelas berdasarkan struktur sel dan reproduksinya sebesar 54,7 %. Tingkat miskonsepsi <br>protista yang banyak dialami siswa adalah tingkat miskonsepsi rendah yaitu sebesar 48,44 % siswa. Penyebab <br>miskonsepsi siswa adalah dari siswa itu sendiri, cara mengajar guru, dan dari sumber belajar siswa. <br>Kata kunci : profil miskonsepsi, four tier test, protista<br><br></p> 2021-07-27T02:39:37+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39955 PROFIL DAN VALIDITAS MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE BERBASIS TGT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI 2021-07-27T07:58:06+00:00 Estu Salma Vijayta estu.17030204065@mhs.unesa.ac.id Isnawati Isnawati isnawati@unesa.ac.id <p>The skills demand that must be possessed by students &nbsp;in this 21<sup>st</sup> century are being able to think critically in order to compete in a global environment. Student’s critical thinking skills can be trained according to the teacher innovation and creativity, one of which is using learning media. Learning media that can create a pleasant atmosphere is game media. Game media is a learning medium that is used in the learning process with certain rules. Teams Games Tournament based learning can create a joyful learning atmosphere that is supported by playing media. This study aims to determine the validity and produce Truth or Dare game media with a Teams Games Tournament based learning model to train students' critical thinking skills in the circulation system material for class XI SMA. This study used the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. However, implementation and evaluation were not carried out in this study. The research instrument used was a validation sheet which included a question validation sheet, a game card, and a game guide book. Analysis of the data in this study used quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. Quantitative descriptive analysis was conducted to analyze validation-resulted data which included questions, game cards and game guides. Qualitative descriptive analysis was carried out by collecting data in the form of comments and suggestions from the validator regarding the game media profile so that improvements could be made. The result of question validation was very valid, which was 93.76%, the game card is very valid, which was 96%, and the game guide book is very valid, which was 94.46%. Based on the results of this validation, the Truth or Dare game media was valid and can be used to train students' critical thinking skills through learning in the classroom.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Game media, <em>Truth or Dare</em>, <em>Teams Games Tournament, </em>Sirculation System</p> 2021-07-27T02:41:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39959 PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS KELAS X SMA 2021-07-27T07:58:06+00:00 Durriyatut Tayyibah durriyatut.17030204025@mhs.unesa.ac.id Fida Rachmadiarti fidarachmadiarti@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Tuntutan pada abad ke-21 akan adanya kebutuhan literasi sains sebagai wadah untuk memfasilitasi peserta didik di Indonesia agar bisa bersaing di luar. Melihat tingkat literasi sains siswa di Indonesia yang cukup rendah sehingga menjadi perhatian penuh bagi pemerintah untuk membenahi dan memperbaiki hal tersebut dari dunia pendidikan. Pemilihan <em>e-book </em>yang tepat diharapkan mampu meningkatkan literasi sains peserta didik agar mampu menghadirkan bekal untuk menjawab segala permasalahan yang dihadapi di lingkungan manusia. Penelitian berikut ingin menghasilkan <em>e-book </em>berbasis <em>collaborative learning </em>pada materi keanekaragaman hayati yang layak ditinjau dari kelayakan penyajian, isi, bahasa, dan respon peserta didik. <em>E-book </em>ini didesain dengan menggunakan penelitian 4-D yaitu <em>define, design, develop, </em>dan <em>dessiminate. </em>Lokasi penelitian dikerjakan di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya dan diujicobakan&nbsp; terbatas kepada 15 peserta didik di SMAN 14 Surabaya. Parameter yang diukur menggunakan analisa metode oleh para ahli yaitu satu dosen ahli materi keanekaragaman hayati, satu dosen ahli pendidkan, dan satu guru biologi. Penelitian ini memakai metode analisis kuantitatif. <em>E-book</em> berbasis <em>collaborative learning</em> pada materi keanekaragaman hayati mempunyai tujuan agar menambah keahlian literasi sains. Kelayakan empiris <em>E-book </em>memperoleh hasil rata-rata persentase 99,27%,&nbsp; sedangkan kelayakan teoritis mendapat presentasi sebesar 98,92%, sehingga bisa dikategorikan sangat layak. <em>E-book</em>&nbsp; mendapat kategori sangat layak, karena aktivitas praktikum dengan kelompok memuat aktivitas sains yang menarik bagi siswa untuk membantu pemahaman dan latihan mereka tentang materi biologi yang diajarkan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>E-book, Collaborative Learning</em>, Keanekaragaman Hayati, Literasi Sains</p> <p>&nbsp;</p> 2021-07-27T02:48:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/39985 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LITERASI SAINS PADA SUBMATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA 2021-07-27T07:58:06+00:00 Zahrin Nur Azizah zahrin.17030204050@mhs.unesa.ac.id Widowati Budijastuti widowatibudijastuti@unesa.ac.id <p>Kurikulum 2013 menekankan peserta didik untuk menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai yaitu keterampilan literasi sains. Literasi sains merupakan keterampilan untuk memahami cara penggunaan sains, cara sains diperoleh, dan cara membedakan sains dengan pengetahuan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, reliabilitas, dan&nbsp; tingkat kesukaran soal instrumen penilaian serta mengukur keterampilan literasi sains terhadap submateri sistem peredaran darah manusia. Metode penelitian menggunakan metode <em>R&amp;D</em>, namun hanya sampai tahap ke enam yaitu uji coba terbatas. Instrumen penilaian berisikan lima belas soal pilihan ganda dengan empat opsi pilihan. Validasi teoritis dilaksanakan oleh ahli pendidikan dan materi. Instrumen validasi menggunakan skala Guttman terdiri dari enam belas pernyataan terkait aspek materi, konstruk, dan bahasa. Validitas empiris ditentukan berdasarkan hasil uji coba terbatas terhadap 20 peserta didik kelas XI MIPA SMA Labschool Unesa dengan mengidentifikasi validitas empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan keterampilan literasi sains. Hasil validitas teoritis mendapatkan nilai 100% dengan kategori sangat valid. Hasil validitas empiris mendapatkan nilai 86,67% dengan kategori valid. Hasil uji reliabilitas mendapatkan nilai 0,722 dengan kategori valid. Proporsi tingkat kesukaran soal menunjukkan 13% soal sukar, 74% soal sedang, dan 13% soal mudah. Tingkat keterampilan literasi sains peserta didik menunjukkan rata-rata nilai 51,67 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk instrumen penilaian keterampilan literasi sains pada submateri sistem peredaran darah manusia telah dinyatakan valid, reliabel, dan dapat mengukur keterampilan literasi sains peserta didik.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Instrumen penilaian, keterampilan literasi sains, sistem peredaran darah manusia.</p> 2021-07-27T07:20:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40062 PROFIL DAN VALIDITAS MEDIA PERMAINAN “BOLA API” PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA KELAS XI 2021-07-27T07:58:06+00:00 Imro'atul Kholifah imroatul.17030204061@mhs.unesa.ac.id Isnawati Isnawati isnawati@unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan profil dan validitas media permainan bola api pada materi sel untuk meningkatkan kemampuan mengingat siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Tahap analisis yaitu menganalisis kurikulum, peserta didik, konsep, dan tugas. Tahap perancangan yaitu memilih dan membuat media yang akan digunakan sesuai dengan hasil analisis sebelumnya dan membuat intrumen penilaian. Validasi dilakukan oleh tiga orang validator yaitu dosen ahli pendidikan, dosen ahli materi, dan guru biologi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi meliputi 4 macam lembar yaitu lembar validasi kartu permainan bola api, bola api pada permainan, pertanyaan pada permainan, dan panduan permainan bola api. Analisis data pada penelitian menggunakan analisis deksriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media permainan bola api dimana pada produk tersebut terdapat bola api, kartu permainan, panduan permainan, dan kotak teka-teki silang. Hasil validitas media permainan bola api untuk meningkatkan kemampuan mengingat siswa pada materi sel dinyatakan sangat valid yaitu validitas kartu pertanyaan permainan bola api sebesar 94.96%, validitas bola api pada permainan sebesar 94.5%, validitas panduan permainan bola api sebesar 97.25%, validitas pertanyaan pada permainan bola api sebesar 89.38%. Berdasarkan hasil validitas dapat dikatakan bahwa media permainan bola api layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengingat siswa pada materi sel dan dapat digunakan pada pembelajaran untuk siswa tingkatan SMA pada materi kelas XI.</p> <p>Kata Kunci: Media Permainan, Bola Api, Kemampuan Mengingat, Sel.</p> 2021-07-27T07:22:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40169 THE DEVELOPMENT OF HOTS ASSESSMENT INSTRUMENT USING QUIZIZZ DURING COVID 19 PANDEMIC IN 11TH GRADE BIOLOGY SECOND SEMESTER 2021-07-27T17:41:23+00:00 Ananda Anggy Pamelia ananda.17030204090@mhs.unesa.ac.id Dyah Hariani dyahhariani@unesa.ac.id <p>High Order Thinking Skills (HOTS) require students to have the ability to argue, make decision and solve problem that exist in everyday life. The purpose of this research was describe validity, reliability, and response of students about practicality of Quizizz learning tool as HOTS assessment tool for 11<sup>th</sup> grade Biology second semester to measure high order thinking skills SMAN 1 Tarik students. This type of development research used the Analysis, Design, Development and Evaluation (ADDIE) model. Data collection methods included validated interviewed, gave tests and student response questionnaires. The validity of assessment was obtained from results of expert validation. Reliability was obtained from results of test items. Student responses of instrument were obtained from the results of the student response sheets. The trial was limited to 30 students of MIPA 6 12<sup>th</sup> grade in SMAN 1 Tarik. The results showed that the validation of the assessment instruments for multiple choice and essay question type that developed in this study were in highly valid category, the reliability of instrument was 0.62 for the multiple choice question type and 0.83 for essay item type. Quizizz as a tool of HOTS assessment instrument was practice. The results of student responses got&nbsp; 94% of percentage average. The conclusion of this research was assessment instrument of HOTS questions used Quizizz that developed was valid, reliable, and practice for students. This research could be applied in other schools to measure high order thinking skills of students.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Assessment instrument, high order thinking skills (HOTS), <em>Quizizz</em></p> 2021-07-27T07:27:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40596 VALIDITAS E-BOOK TERINTEGRASI HANDS ON MINDS ON (HOMO) PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA 2021-07-27T07:58:06+00:00 Rafio Rizkyta Putra rafio.17030204012@mhs.unesa.ac.id Herlina Fitrihidajati herlinafitrihidajati@unesa.ac.id <p>Pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online dibutuhkan bahan ajar elektronik yang dapat memfasilitasi dalam pembelajaran biologi sekaligus melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu tuntutan keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 yaitu keterampilan berpikir kritis. Untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis salah satunya dengan menggunakan pendekatan <em>Hands On Minds On</em>, hal ini karena karakteristik pendekatan tersebut mengarahkan siswa untuk berpikir dan melakukan percobaan sehingga dapat memunculkan keterampilan berpikir kritis yang dapat dicapai melalui pengembangan <em>e-book</em> terintegrasi <em>Hands On Minds On</em> (HOMO) materi ekologi dengan berbagai fitur seperti Bio-Think dan Bio-Lab. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan <em>e-book</em> terintegrasi <em>Hands On Minds On</em> (HOMO) materi ekologi yang valid untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (<em>Define, Design, Develop</em> dan <em>Diseminate</em>), tanpa tahap <em>Diseminate</em>. Parameter yang diukur adalah validitas e-book dari aspek penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, kesesuaian pendekatan <em>hands on minds on</em>, kelayakan aspek berpikir kritis, dan kegiatan <em>hands on minds on</em>. Validitas diperoleh dari hasil validasi oleh pakar yaitu dosen ahli biologi, dosen ahli pendidikan, dan salah satu guru biologi SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa <em>e-book</em> yang dikembangkan mendapat persentase validitas sebesar 92,87% tergolong kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, <em>e-book</em> terintegrasi <em>Hands On Minds On</em> (HOMO) pada materi ekologi untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA yang dikembangkan telah dinyatakan valid berdasarkan validitas untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran.</p> 2021-07-27T07:28:33+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40599 PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA 2021-07-27T07:58:06+00:00 Agustina Fajar Rini agustina.17030204028@mhs.unesa.ac.id Widowati Budijastuti widowatibudijastuti@unesa.ac.id <p>Perkembangan zaman saat ini membuat tantangan kompetensi peserta didik semakin tinggi, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menghubungkan dan mengintegrasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan tersebut adalah berpikir tingkat tinggi dalam keterampilan pemecahan masalah. Pemecahan masalah adalah keterampilan untuk memahami masalah sehingga mampu memberikan solusi yang tepat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki.&nbsp;Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas baik dari segi teoritis maupun empiris, reliabilitas butir soal, dan mengukur ketercapaian indikator pemecahan masalah serta respon peserta didik terkait instrumen soal HOTS pada materi sistem gerak manusia. Pemilihan materi sistem gerak manusia dikarenakan berhubungan langsung dengan peserta didik, sehingga mampu untuk mengembangkan pengetahuan konseptual dan prosedural. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, tanpa tahap <em>disseminate</em>. Validasi instrumen soal HOTS dilakukan secara teoritis dan empiris. Validasi teoritis menggunakan skala <em>guttman, </em>validasi empiris dengan uji coba terbatas menggunakan<em>&nbsp;korelasi product-moment,</em>&nbsp;reliabilitas dianalisis menggunakan <em>cronbach alpha, </em>dan ketercapaian indikator pemecahan masalah serta respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen soal HOTS berdasarkan validitas teoritis mendapatkan hasil sangat valid dengan nilai 93,78%, validitas empiris yang diperoleh mencapai 86,67% kategori valid. Instrumen soal HOTS memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,621 kategori reliabel, dan ketercapain indikator pemecahan masalah kategori cukup mencapai 53,33%, respon peserta didik sebesar 73,33% kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk instrumen soal HOTS pada materi sistem gerak manusia valid, reliabel dan mampu mengukur keterampilan pemecahan masalah serta kategori soal baik berdasarkan respon peserta didik. &nbsp;</p> 2021-07-27T07:31:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40600 VALIDITAS INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI 2021-07-27T07:58:06+00:00 Diah Eka Rahmawati diah.17030204008@mhs.unesa.ac.id Guntur Trimulyono gunturtrimulyono@unesa.ac.id <p>Proses pembelajaran biologi mengarahkan peserta didik agar mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari ke tingkat kognitif yang lebih tinggi. Kegiatan proses pembelajaran dapat dinyatakan berhasil salah satunya melalui evaluasi atau penilaian pembelajaran. Penilaian di sekolah masih banyak menggunakan ujian berdasar soal yang berada di LKS dengan level kognitif tingkat C1-C3 sehingga diperlukan peningkatan kemampuan berpikir tingkat yang lebih tinggi<em>. </em>Salah satu penilaian yang dikembangkan adalah penilaian HOTS yang ditujukan agar peserta didik dapat memecahkan permasalahan, berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian yakni menghasilkan instrumen penilaian HOTS pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan model <em>Research and Development </em>yang dibatasi dengan lima tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk dan revisi produk. Batasan penelitian ini sampai tahap pengembangan dan validasi produk. Tahap validasi dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan menggunakan lembar validasi instrumen penilaian HOTS. Data hasil validasi dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas instrumen menggunakan <em>percentage agreement </em>mendapat kategori reliabel dengan hasil 99,53% pada butir soal pilihan ganda dan butir soal esai mendapat 100% serta skor validitas instrumen penilaian HOTS sebesar 3,94 pada butir soal pilihan ganda 1-4 dan skor sebesar 4 pada butir soal pilihan ganda 5-15 serta esai 1-5 dengan kategori sangat valid ditinjau dari aspek materi, konstruksi soal, bahasa dan HOTS. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa instrumen penilaian HOTS materi keanekaragaman hayati dikategorikan valid dan reliabel berdasarkan validasi ahli sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam proses belajar.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Instrumen penilaian, HOTS, keanekaragaman hayati</p> 2021-07-27T07:32:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40045 ANALISIS KATEGORI INDIKATOR LITERASI SAINS PADA MATERI SEL DALAM BUKU PEGANGAN SISWA 2021-07-27T07:58:06+00:00 Rizki Firman Aditya rizkiaditya16030204026@mhs.unesa.ac.id Sifak Indana sifakindana@unesa.ac.id <p>Dunia pendidikan saat ini bukan hanya meminta siswa agar terampil dalam kemampuan pengetahuan konsep saja, akan tetapi juga meminta siswa untuk dapat bergerak aktif di dalam proses pembelajarannya. Utamanya pada kurikulum 2013 revisi 2017 yang kini tengah berlaku, terdapat tiga komponen yang akan dicapai oleh siswa yakni karakter, keterampilan, dan literasi.&nbsp; Literasi Sains yakni keterampilan dalam mengaplikasikan konsep sains pada kehidupan sehari-hari serta mampu menggambarkan dan menjelaskan terkiat fenomena ilmiah didasarkan bukti ilmiah.&nbsp; Kemampuan literasi sains juga ditagihkan dalam pembelajaran Materi Sel yang menuntut siswa untuk dapat membuat model mengenai bioproses. Untuk mencapai pembelajaran yang baik diperlukan media berupa buku pegangan siswa yang menjadi dasar media pembelajaran. Peneliti ingin menganalisis beberapa buku pegangan siswa yang telah beredar saat ini apakah telah memuat unsur kategori indikator literasi sains pada Materi Sel ataukah belum. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif, serta metode analisis dokumen. Analisis dilaksakan menggunakan instrumen penilaian dengan 4 kategori utama literai sains yakni:&nbsp; Pengetahuan sains, Penyelidikan hakikat sains, Sains sebagai cara berpikir, Interaksi Sains, Teknologi, dan Masyarakat. Setelah dilakukan analisis data penelitian membuahkan hasil buku A memiliki persentase senilai 90% dengan kategori buku yang sangat baik. Buku B memperoleh persentase 85% sehingga termasuk dalam kategori yang baik, Sedangkan buku C memiliki nilai 75% yang manandakan buku tersebut cukup mengandung kategori unsur literasi sains pada Materi Sel dalam buku pegangan siswa. Hasil analisis buku ini diharapkan mampu menjadi refrensi dalam memiih buku pegangansiswa yang baik.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Indikator Literasi Sains, Materi Sel, Buku pegangan siswa.</p> 2021-07-27T07:35:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40736 THE DEVELOPMENT OF E-BOOK BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCE TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL ON CELL DIVISION TOPIC 2021-07-27T07:58:06+00:00 Rizqy Amalya Sofa rizqy.17030204057@mhs.unesa.ac.id Sifak Indana sifakindana@unesa.ac.id <p>Critical thinking skill is one of the thinking skill that students must have to face global competition in the 21<sup>st</sup> century. E-book is one of the alternative teaching materials that can be used in distance learning. E- book combined with multiple intelligences theory can facilitate every type of students’ intelligence in receiving and processing information so it can maximize students’ critical thinking skill. One of the Biology topics that was considered difficult by students and demanded critical thinking skills was cell division topic. The purpose of this research was to develop an e-book based on multiple intelligence to train critical thinking skills on cell division topics that are valid and practical. This research used ADDIE model. The e-book was tried out limited to 10 students of SMAN 1 Cerme grade 12<sup>th</sup>. The validity of the e-book is determined from the validation result of education experts, material experts, and biology teachers in terms of content, presentation, and language component. The practicality of the e-book is determined by students’ responses to e-book usage. The data analysis technique was carried out by descriptive quantitative. The result of the validity analysis showed an average percentage score of 95% with a very valid category. The practicality of e-book usage showed an average percentage score of 96.53% with a very practical category. Based on the result, it can be concluded that e-book based multiple intelligence to train critical thinking skill on cell division topic is declared valid and practical to be used in the learning process.</p> 2021-07-27T07:37:48+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40934 PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS 2021-07-27T07:58:06+00:00 Retno Setya Pratiwi retno.17030204018@mhs.unesa.ac.id Fida Rachmadiarti fidarachmadiarti@unesa.ac.id <p>Abstrak</p> <p>Salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk bertahan di abad 21 yaitu literasi sains. Literasi sains di Indonesia termasuk kategori sangat rendah. Pembelajaran dengan konteks teknologi rancang bangun seperti <em>Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) </em>berpotensi untuk melatihkan literasi sains karena langkah-langkah berkaitan dengan kompetensi literasi sains. Pandemi COVID-19 membuat pembelajaran dilakukan menggunakan sistem daring sehingga perlu alternatif bahan ajar seperti <em>e-book. E-book </em>adalah buku bentuk elektronik yang disajikan secara digital. <em>E-book</em> berisi berbagai fitur untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar. Tujuan dilaksanakan penelitian untuk menghasilkan <em>e-book</em> berbasis STEM pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk melatihkan keterampilan literasi sains yang valid dan praktis. Penelitian memakai model 4-D (<em>Define, Design, Develope, </em>dan <em>Disseminate</em>), tetapi <em>Disseminate</em> tidak dilakukan. Kelayakan teoritis <em>e-book</em> didapatkan dari hasil validasi dosen ahli yaitu ahli materi dan pendidikan serta guru biologi yang ditinjau dari aspek penyajian, isi, dan kebahasaan. Hasil uji keterbacaan digunakan untuk mendapatkan kelayakan empiris dilakukan menggunakan formulasi <em>Fry</em> dan angket respon dari 20 orang kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Gresik. Teknik analisis data yang telah diperoleh menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan <em>e-book</em> dinyatakan sangat layak dengan hasil validitas 92,50% dengan kriteria sangat valid. <em>E-book </em>juga dinyatakan sangat praktis dengan hasil angket respon 97,31% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji keterbacaan rata-rata pada level 12 yang sesuai untuk kelas XII. Simpulan yang diperoleh yaitu <em>e-book </em>berbasis STEM pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk melatihkan keterampilan literasi sains yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid dan praktis secara teoritis dan empiris.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>E-book, </em>Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Literasi Sains, STEM (<em>Science, Technology, Engineering, and Mathematics)</em>.</p> 2021-07-27T07:39:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/40937 PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA 2021-07-27T17:43:02+00:00 Nadiyah Adilah Putri nadiyah.17030204072@mhs.unesa.ac.id Fida Rachmadiarti fidarachmadiarti@unesa.ac.id <p>Tuntutan pendidikan pada abad ke-21 salah satunya adalah adanya kemampuan literasi sains sebagai wadah untuk peserta didik supaya bisa bersaing di luar dan dapat menjawab tantangan dari perkembangan zaman. Tingkat literasi sains siswa di Indonesia dapat menjadi perhatian penuh karena masih rendah. Pemilihan media bahan ajar yang tepat, salah satunya adalah <em>E-book</em> yang tepat dapat memberi harapan mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sehingga mampu menjadi bekal untuk dapat menjawab segala persoalan yang ada di lingkungan manusia. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat menghasilkan <em>E-book</em> yang berbasis Inkuiri dan dapat melatih kemampuan literasi sains siswa sehingga layak secara teoritis dan empiris. Penelitian berikut memiliki keinginan dalam mengembangkan <em>E-book</em> berbasis inkuiri yang ditinjau dari kelayakan penyajian, isi, bahasa dan respon peserta didik. <em>E-book</em> ini didesain dengan memakai metode 4-D yaitu <em>Define, Design, Develop</em> tanpa <em>Disseminate</em>. Lokasi pengerjaan penelitian ini adalah di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya dan diujicobakan secara terbatas kepada 35 peserta didik kelas X di SMAN 1 Gresik.<em> E-book</em> berbasis inkuiri pada materi perubahan lingkungan memiliki tujuan agar dapat melatihkan kemampuan literasi sains karena dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya adalah Bio-Literacy, Bio-Activity, Bio-Concept dan Bio-Eval. Kelayakan secara teoritis e-book memperoleh persentase sebesar 97,05%, sedangkan kelayakan secara empiris memperoleh persentase sebesar 95,51% sehingga bisa dikategorikan sangat layak. <em>E-book</em> medapatkan kategori sangat layak karena memiliki fitur yang menarik bagi siswa untuk membantu pemahaman dan latihan mereka tentang materi biologi yang diajarkan.</p> 2021-07-27T07:41:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/41110 PENGEMBANGAN LKPD “STUDI IDENTIFIKASI JENIS JAMUR PADA SUKSESI PERTUMBUHAN JAMUR ROTI” UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA 2021-07-27T17:43:41+00:00 Achmad Yani achmad.17030204063@mhs.unesa.ac.id Rinie Pratiwi Puspitawati riniepratiwi@unesa.ac.id <p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) pendekatan saintifik guna melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid &amp; praktis. LKPD merupakan media pembantu yang mempermudah kegiatan belajar mengajar yang berisi informasi, berbagai pertanyaan, petunjuk pelaksanaan tugas yang harus diselesaikan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (<em>Analysis </em>(Analisis), <em>Design</em> (Desain), <em>Develop</em> (Pengembangan), <em>Implement</em> (Implementasi), &amp;<em> Evaluate</em> (Evaluasi), tanpa tahap <em>Evaluate . </em>Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media LKPD yang valid dan praktis ditinjau dari aspek validasi penyajian, tujuan pembelajaran, bahasa, kesesuaian dengan pendekatan saintifik, kesesuaian dengan keterampilan berpikir kritis, relevansi, dan kelengkapan sajian.&nbsp; Validitas LKPD didapat dari hasil validasi pakar yaitu pakar pendidikan dan pakar materi. Kepraktisan LKPD dilihat dari respon satu respon pendidik sebagai praktisi &amp; respon dari sepuluh siswa kelas X SMA Panjura Malang. Teknik analisis data yang digunakan &nbsp;secara deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD dikategorikan sangat valid dan persentase skor validitas sebesar 3,704% atau presentase kevalidan sebesar 92,60 %. LKPD dinilai sangat praktis dengan memperoleh persentase dari respon guru sebesar 100% dan peserta didik sebesar 96,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Fungi sub materi suksesi fungi dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid &amp; praktis.</p> 2021-07-27T07:43:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/41212 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN KELAS X SMA 2021-07-27T17:44:34+00:00 Heliza Amalini heliza.17030204037@mhs.unesa.ac.id Winarsih Winarsih winarsih@unesa.ac.id <p>Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik&nbsp; untuk membahas isu permasalahan nyata lingkungan mengenai proses, dampak, dan gagasan pemecahan masalah. Keberhasilan dari proses pembelajaran dipengaruhi oleh pemilihan model ataupun pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi dengan mempertimbangkan kemampuan yang ingin dicapai oleh peserta didik serta bisa dirancang dalam suatu perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan RPP, LKPD, dan THB sebagai perangkat pembelajaran biologi yang valid secara teoritis dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan. Metode pengembangan yang digunakan adalah <em>4-D Models</em> dan&nbsp; dibatasi sampai tahap pengembangan dengan uji validitas perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga validator dengan rincian dua dosen ahli dan satu guru biologi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar validasi perangkat pembelajaran berdasarkan komponen penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, kesesuaian model pembelajaran STML. Validitas dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan skor dan kriteria skala likert. Hasil penelitian menunjukkan skor validitas perangkat pembelajaran sebagai berikut RPP 3.78, LKPD 3.76, dan THB 3.82 dengan validitas 94% dan dapat simpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini sangat valid dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan pada peserta didik kelas X SMA.</p> 2021-07-27T07:44:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/41213 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT OFFICE SWAY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA 2021-07-27T07:58:07+00:00 Qorie Rafi Azaly qorie.17030204076@mhs.unesa.ac.id herlina fitrihidajati herlinafitrihidajati@unesa.ac.id <p>Tuntutan keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad&nbsp; ke-21 salah &nbsp;satunya yaitu keterampilan berpikir kritis yang dapat didukung oleh kemampuan literasi sains sebagai wadah untuk siswa di Indonesia agar mampu bersaing dan dapat menjawab tantangan dari perkembangan zaman. Tingkat literasi sains siswa di Indonesia menjadi perhatian penuh karena masih rendah. Pemilihan media pembelajaran yang tepat, yaitu <em>Microsoft Office Sway </em>dapat memberi harapan dan mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sehingga mampu menjadi bekal untuk dapat menjawab segala persoalan dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis <em>microsoft office sway </em>yang layak untuk melatihkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan model 4-D (<em>Define</em>, <em>Design</em>, <em>Develop </em>dan <em>Diseminate</em>), tanpa tahap <em>Diseminate</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan media dilakukan di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Validitas media pembelajaran berbasis <em>microsoft office sway </em>meliputi parameter penyajian, validitas isi dan validitas bahasa. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis <em>Microsoft Office Sway </em>yang dikembangkan&nbsp; validitasnya &nbsp;sebesar &nbsp;84,79% &nbsp;tergolong &nbsp;kriteria &nbsp;sangat &nbsp;valid. &nbsp;Berdasarkan &nbsp;penelitian tersebut, media pembelajaran berbasis <em>Microsoft Office Sway </em>pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan kemampuan literasi sains yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>literasi sains, <em>Microsoft Office Sway</em>, perubahan lingkungan.</p> <p>&nbsp;</p> 2021-07-27T07:50:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/41257 KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA 2021-07-27T07:58:07+00:00 Ervi Ifadah erviifadah@gmail.com Muji Sri Prastiwi mujiprastiwi@unesa.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji keefektifan pembelajaran daring dengan menggunakan <em>learning management system</em> (Google Classroom) dan media sosial (Whatsapp) pada materi Biologi untuk meningkatkan literasi digital siswa selama pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan media teknologi dan jaringan. Pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap literasi digital siswa karena kegiatan berorientasi literasi digital dengan tujuan membiasakan siswa dalam menggunakan teknologi dan jaringan terhadap literasi digital. Literasi digital yaitu kemampuan dalam mengakses, mengelola, mengevaluasi, dan membuat informasi baru menggunakan media digital. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sidayu dengan jumlah partisipan 30 siswa untuk kelas 11 MIPA 4 dan kelas 11 MIPA 5. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan (<em>Sequential explanatory</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam Google Classroom, 2) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam Whatsapp, 3) Tidak terdapat perbedaan literasi digital antara pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan Whatsapp, 4) Siswa memiliki kesadaran literasi digital setelah pembelajaran daring, 5) Pembelajaran daring dengan Google Classroom mendapat respon positif dari siswa karena dapat membantu memudahkan kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran dengan Whatsapp mendapat respon positif dan negatif karena kegiatan pembelajaaran yang menarik namun komunikasi yang kurang efektif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran daring pada materi Biologi baik menggunakan Google Classroom maupun Whatsapp dapat meningkatkan literasi digital siswa.</p> 2021-07-27T07:53:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/41869 PROFIL VALIDITAS E-LKPD LITERASI SAINS PADA MATERI JAMUR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X 2021-07-27T17:45:26+00:00 Yolanda Hanani Shofiyullah yolanda.17030204043@mhs.unesa.ac.id Lisa Lisdiana lisalisdiana@unesa.ac.id <p>Pada pembelajaran Biologi, implementasi pembelajaran berbasis literasi sains dan berpikir kritis masih belum optimal sehingga diperlukan bahan ajar yang dapat mendukung proses pembelajaran. Adanya pembelajaran jarak jauh karena pandemi Covid-19 dan revolusi 4.0, menyebabkan diperlukannya ketersediaan <em>e</em>-LiteS (<em>e</em>-LKPD Literasi Sains) sebagai salah satu alternatif bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan <em>e</em>-LiteS materi Jamur yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak berdasarkan validitas. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model 4D (<em>define, design, develop, dan disseminate</em>) tanpa tahap <em>disseminate</em>. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Data berasal dari proses validasi oleh pakar pendidikan, pakar materi dan guru mata pelajaran Biologi SMAN 1 Tarik. Hasil rekapitulasi data menunjukkan validitas yang diperoleh masing-masing untuk<em> e</em>-LiteS 1 (Basidiomycota) dan <em>e</em>-LiteS 2 (Jamur Mikroskopis) adalah 3,9 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka disimpulkan bahwa <em>e</em>-LiteS merupakan <em>e</em>-LKPD literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak untuk diterapkan pada pembelajaran Biologi. Penelitian lanjutan dalam penerapan <em>e</em>-LiteS secara langsung kepada peserta didik perlu untuk dilakukan.</p> 2021-07-27T07:55:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/41851 PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA 2021-07-27T07:58:07+00:00 Rizki Kurniawan rizki.17030204059@mhs.unesa.ac.id Winarsih Winarsih winarsih@unesa.ac.id <p>Proses pembelajaran Nasional menerapkan Kurikulum 2013 dengan tujuan yaitu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal ini sesuai dengan pembelajaran abad ke 21, yaitu peserta didik dituntut untuk dapat mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata melalui kemampuan literasi sains. Hasil survey dan data menunjukkan bahwa tingkat literasi peserta didik di Indonesia masih pada kemampuan yang rendah sehingga perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran salah satunya melalui pemilihan bahan ajar. Penggunaan E-book ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk melatih meningkatkan keterampilan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah memberikan kemudahan kepada peserta didik memiliki E-book pada materi ekosistem dan menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D yakni Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan, namun tanpa Penyebaran. Tahap pengembangan E-book dilakukan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya, uji coba terbatas dilaksanakan di SMAN 1 Waru dengan melibatkan 20 peserta didik kelas X melalui aplikasi Google Meet. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu validasi oleh dosen ahli pendidikan, dosen ahli materi dan guru biologi, serta angket respon peserta didik. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kelayakan secaa teoritis E-book sebesar 94,91% sehingga dikategorikan sangat valid, kelayakan secara empiris E-book memperoleh persentase sebesar 97,46% sehingga dikategorikan sangat layak. E-book berbasis inkuiri yang telah dikembangkan memiliki fitur-fitur yang menarik sehingga dapat membantu dalam proses pemahaman belajar bagi peserta didik dan pembelajaran biologi di sekolah.</p> 2021-07-27T07:56:15+00:00 ##submission.copyrightStatement##