Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu <p>Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) (<a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1564556084" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2685-9289</a>) merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi.</p> en-US mujiprastiwi@unesa.ac.id (Muji Sri Prastiwi) mujiprastiwi@unesa.ac.id (Muji Sri Prastiwi) Fri, 11 Feb 2022 12:05:41 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan LKPD "Lumut" Berbasis Learning Cycle 5E untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas X SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42220 <p>Komunikasi merupakan salah satu tuntutan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik pada abad ke-21. Keterampilan komunikasi dapat dilatihkan melalui cara pengajaran dan sumber belajar yang tepat dengan model belajar berbasis LC 5E (<em>Learning Cycle 5E</em>: <em>engagement, exploration, explanation, elaboration, </em>dan <em>evaluation</em>)&nbsp;menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD “Lumut” berbasis LC 5E untuk melatihkan keterampilan komunikasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (<em>define</em>, <em>design</em>, <em>develop</em>&nbsp;dan <em>disseminate</em>), tanpa tahap <em>disseminate</em>. Parameter yang diukur mencakup hasil validitas dan respons guru. Validitas LKPD diperoleh dari hasil validasi dosen ahli botani dan dosen ahli sumber belajar menggunakan instrumen penilaian validasi. Respons guru diperoleh dari 15 responden guru Biologi berbeda sekolah melalui angket yang terdiri dari 25 butir pernyataan.&nbsp;Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Lembar Kegiatan Peserta Didik&nbsp;yang dikembangkan&nbsp;berfokus pada submateri lumut, kegiatan belajar&nbsp;sesuai tahap LC 5E yang mengacu pada aspek keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi yang dilatihkan dalam LKPD tampak pada setiap tahap kegiatan LC 5E. Hasil analisis menunjukkan LKPD memperoleh skor penilaian validitas 3,64 dengan kategori sangat valid dan respons positif guru sebesar 96,66% dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan penelitian tersebut, LKPD “Lumut” berbasis LC 5E yang dikembangkan telah layak untuk melatihkan keterampilan komunikasi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>keterampilan komunikasi, <em>learning cyle 5E</em>, LKPD, lumut.</p> Anisah Anisah, Wisanti Wisanti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42220 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43605 <p>Perkembangan dunia menuntut majunya mutu pendidikan. Berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan pendidikan pada abad ke-21 yang meliputi mengambil hipotesis rasioanl melalui kegiatan mengkaji situasi, fenomena, pertanyaan, maupun masalah. salah satu cara untuk dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan metode pembelajaran PBL (<em>Problem Based Learning</em>). <em>E-book</em> tipe <em>flipbook</em> merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung metode PBL, karena dapat memuat gambar, video, dan <em>link</em> yang mudah diakses oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas media <em>e-book</em> tipe <em>flipbook</em> materi Sistem Pencernaan Manusia berbasis PBL untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa IPA kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (<em>Define, Design, Develop, </em>dan <em>Disseminate</em>)<em>. </em>Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara validasi dan analisis pada media <em>e-book</em> tipe <em>flipbook</em>, soal <em>quiz</em>, soal <em>penilaian akhir</em>, dan RPP. Hasil validasi menyatakan seluruhnya valid dengan skor media 89,85; soal <em>quiz</em> 80; soal <em>penilaian akhir </em>73,33; dan RPP 88,86. Media <em>e-book</em> tipe <em>flipbook</em> materi Sistem Pencernaan Manusia berbasis PBL dianggap layak untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.</p> Alya Rose Andini, Nur Qomariyah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43605 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Development of Ispring Interactive Powerpoint Media in Photosynthesis Topic to Train Critical Thinking Skills https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44357 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>Critical thinking skills is one of skill that must be able to face educational challenges in 21-st century especially during pandemic. Critical thinking skills also suitable for photosynthesis topic due to many actual problems and require deep analysis of learning. The purpose of this research was to produce a feasible media that valid, practical and effective based on ispring interactive powerpoint in photosynthesis topic to train students’s critical thinking skills. This study used ADDIE model which has <em>Analyze, Design, Development, Implementation </em>and <em>Evaluation. </em>This research is a descriptive quantitative research. Limited trials were conducted on 20 students of XII MIPA in SMAN 1 Geger. This research instruments were validity sheet, questionnaire for teacher also student responses and critical thinking skills test. Research result shown that media validity has valid categorized with average score of 83,44%. Students and teacher responses showed very good result for the practicality with a score of 94,3% and 100%. <em>Powerpoint </em>ispring interactive was stated to be good to train critical thinking skills with a score of 84,54% completeness indicators.&nbsp; Therefore, ispring interactive <em>powerpoint</em> media&nbsp; in photosynthesis topic able to train critical thinking skills.</p> <p><strong>Keywords</strong><strong>: </strong>ispring interactive <em>powerpoint</em>, photosynthesis, critical thinking skill.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki dalam menghadapi tantangan pendidikan di era 21 terutama pada masa pandemi. Keterampilan berpikir kritis cocok digunakan pada materi fotosintesis sebab di dalamnya terdapat permasalahan aktual yang membutuhkan analisis pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan powerpoint ispring interaktif yang valid, praktis dan efektif pada materi fotosintesis dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Geger. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respon untuk peserta didik serta guru dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memperoleh rata-rata skor validasi 83,44% dengan kategori valid. Respon peserta didik dan guru menunjukkan hasil sangat baik dengan kepraktisan sebesar 94,3% dan 100%. Powerpoint ispring interaktif dinyatakan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai ketuntasan indikator sebesar 84,54%. Dengan demikian media powerpoint ispring interaktif pada materi fotosintesis dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis.</em><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong><em>K</em><em>ata Kunci</em></strong><strong><em>: </em></strong><em>powerpoint ispring interaktif, fotosintesis, keterampilan berpikir kritis.</em></p> Aulia Dhita Nanda, Yuliani Yuliani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44357 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Terintegrasi Peserta Didik Kelas XI SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42250 <p>Inovasi dalam pembelajaran penting dilakukan dalam mencapai tujuan belajar. Inovasi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan atau menyempurnakan bahan ajar. Salah satunya e-LKPD. e-LKPD sangat membantu dalam pembelajaran terutama pada situasi pandemi Covid-19, semua kegiatan pembelajaran menjadi daring. e-LKPD juga dapat melatih keterampilan proses terintegrasi peserta didik. Meningkatkan keterampilan proses terintegrasi dibutuhkan pendekatan konstruktivis menggunakan <em>Learning Cycle</em> 5<em>E</em>. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran pada materi sistem pencernaan sehingga keterampilan proses terintegrasi dapat ditingkatkan dengan memenuhi syarat secara teoritis. Penelitian termasuk jenis penelitian pengembangan mengunakan model pengembangan 4-D (<em>Define, Design, Develop,</em> dan<em> Disseminate</em><em>)</em>. Kelayakan e-LKPD secara teoritis didapatkan dari hasil validasi. Kualifikasi e-LKPD secara teoritis diperoleh berdasarkan hasil validasi. Validasi dilakukan oleh tiga validator, dua dosen ahli materi dan media pembelajaran, serta seorang guru Biologi SMA. Penilaian validasi memiliki tiga aspek yang diamati yaitu isi, penyajian dan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>e-</em>LKPD secara teoritis memenuhi syarat dengan persentase skor validasi sebesar 94,3% yang menandakan kategori sangat valid. Disimpulkan bahwa <em>e-</em>LKPD berbasis <em>Learning Cycle </em>5<em>e</em> pada materi sistem pencernaan yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses terintegrasi peserta didik kelas XI SMA. Penelitian lanjutan dalam pengembangan e-LKPD secara langsung kepada peserta didik perlu dilakukan.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>e</em>-LKPD, <em>Learning Cycle </em>5<em>e</em>, keterampilan proses terintegrasi, sistem pencernaan.</p> Gita Saula Nurulia, Nur Qomariyah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42250 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA pada Materi Tingkat Organisasi Kehidupan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42357 <p>Abstrak</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD yang valid, dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kiritis siswa SMA kelas X. LKPD yang dikembangkan menggunakan desain penelitian model 4D yaitu <em>define, design, develop, </em>dan <em>dessiminate</em> kecuali tahap <em>dessiminate </em>tidak dilakukan. Data validasi diperoleh melalui proses validasi oleh pakar pendidikan dan materi biologi, sedang kepraktisan ditentukan berdasarkan justifikasi praktisi (guru) melalui angket kepraktisan dengan persentase 76%-85%. Parameter dalam penelitian ini adalah validitas LKPD. Data validasi diolah dengan menentukan kategori validitas setiap butir aspek LKPD yang divalidasi berdasarkan rerata skor yang diberikan oleh validator. Analisis validitas LKPD diukur melalui hasil validasi 2 dosen yaitu ahli pendidikan dan ahli materi. Kesimpulan akhir tentang validitas LKPD ditentukan berdasarkan modus kategori dari semua aspek yang divalidasi. Begitu pula halnya dengan kepraktisan, ditentukan berdasarkan modus pendapat guru terhadap aktivitas di dalam LKPD dan keterbacaan LKPD berdasarkan Grafik Fry. Hasil yang diperoleh LKPD dinyatakan valid dan praktis berdasarkan justifikasi guru dan keterbacaan dengan nilai rata-rata sebesar 85%.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>berpikir kritis, LKPD, tingkat organisasi kehidupan</p> Misriyah Misriyah, Muslimin Ibrahim ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42357 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Development of Stem-Based Flipbook on Biodiversity Materials to Train Critical Thinking Skills for X-Grade Students of Senior High School https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43186 <p>One of the skills of students in learning activities in 21st century education is critical thinking skills. Critical thinking skills can be developed by means and appropriate learning resources. The COVID-19 pandemic condition requires the distance learning process (PJJ) of course to require learning resources that can be accessed by teachers and students even though they are not in one place. One of the learning resources used in the learning process is electronic media, one of which is flipbook. Flipbook is an electronic book that is presented digitally and can be flipped that contains text, images, audio, video, and hyperlinks. Flipbook contains various features that can be used as learning resources for students on biodiversity material and can train students to think critically. The purpose of this research was produced a valid and practical STEM-based flipbook (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Research used 4D models (Define, Design, Develop, and Disseminate stage) but Disseminate stage was not carried out. The theoretical feasibility of the flipbook was obtained from validation by expert lecturers, namely material and education expert lecturers and high school biology teachers. Flipbook validation was measured based on presentation, content, and linguistic aspects. The practicality test was evaluted based on student's responses collected by questionnaire of 13 students X MIA 4 SHS 14 Surabaya. The analysis technique was quantitative descriptive. The flipbook was said to be very feasible with a validity result of 90.75 % with very valid criteria. Flipbook is also stated to be very practical based on the results of the student response questionnaire of 93.1% with very practical criteria. It can be concluded that the flipbook based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) on biodiversity material to train critical thinking that has been developed is declared valid and practical.</p> Wimawantika Hapsari Nugraha, Fida Rachmadiarti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43186 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Development of Pterintifier (Pteridophyta Identifier) Based on as a Learning Source and to Train Digital Literacy for 10th Grade in Senior High School https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43369 <p>Digital literacy is a student's ability that must master in the 21st century. One of the efforts to practice digital literacy is to use social media as a learning resource. Pterintifier (Pteridophyta Identifier) ​​uses Instagram as a learning resource with the account name Pterintifier.id, presenting information on ferns. The purpose of this study is to produce a Pterintifier as a learning resource for the diversity of ferns to practice digital literacy that is feasible theoretically, empirically, and effectively. This study uses a 4D model without the stage of being disseminated. The pterintifier eligibility parameters are based on validation results from 3 validator (botanist, education expert, biology teacher), student responses, and user effectiveness. The research instruments are validation assessment instruments, student response questionnaires, and the point of the Pterintifier. The validation assessment includes aspects of content, presentation, learning resources, and digital literacy, while the response questionnaire consists of 20 statement items related to aspects of concept presentation and physical presentation. The data analyzed by descriptively quantitatively. The results showed that the validity of the Pterintifier was 3,69 (very valid). The effectiveness of Pterintifier to train digital literacy based on student success and student responses. Based on the success of using the Pterintifier, the results were 98,3 (very good), and positive student responses were 98,3 (very good). Thus, this development research resulted in the Pterintifier as a theoretical, empirical, and effective learning resource as learning resource for fern diversity to practice digital literacy.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Instagram, learning souce, digital literacy, fern diversity.</p> Afifah Al Faizah, Wisanti Wisanti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43369 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Analisis Keterampilan Proses Sains dalam Buku Ajar yang Dikembangkan Mahasiswa Calon Guru Biologi https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45120 <p>Keterampilan proses sains berperan penting bagi pembelajaran dalam membantu peserta didik<br>menyelesaikan penelitian dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis jenis<br>keterampilan proses sains yang terfasilitasi pada buku ajar Biologi SMA yang dikembangkan mahasiswa<br>calon guru biologi. Jenis keterampilan proses sains yang dianalisis ialah mengamati, mengukur,<br>mengklasifikasi, mengkomunikasi, keterampilan bertanya, dan menafsirkan. Analisis data terhadap<br>sepuluh sampel buku ajar menggunakan deskriptif kualitatif dengan batasan materi keanekaragaman<br>hayati, fungi, plantae, dan animalia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sampel buku ajar memiliki<br>penyajian keterampilan proses sains kategori rendah sebesar 30%, kategori sedang 20%, dan kategori<br>tinggi 50%. Jenis keterampilan pada buku ajar yang paling banyak terfasilitasi ialah keterampilan<br>mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasi, dan menafsirkan, sedangkan keterampilan mengukur dan<br>keterampilan bertanya kurang terfasilitasi. Diharapkan mahasiswa calon guru dapat mengembangkan<br>bahan ajar yang sekaligus dapat melatihkan keterampilan proses dan karakteristik materinya, sesuai<br>dengan kompetensi pedagogik guru.</p> Izza Hilma Rusyady, Reni Ambarwati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45120 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43992 <p><strong>Pendekatan saintifik atau scientific approach merupakan pembelajaran </strong><strong>yang</strong><strong> dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati kejadian, mengidentifikasi, menemukan masalah ataau merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang telah ditemukan</strong><strong>. Hasil penelitian terhadap validitas secara teoritis dan empiris, maka dapat disimpulkan bahwa </strong><strong>L</strong><strong>KS melalui model </strong><strong>&nbsp;pembelajaran berbasis </strong><strong>scientific approach</strong><strong> untuk </strong><strong>meningkatkan hasil belajar</strong><strong> siswa pada materi </strong><strong>ekosistem</strong><strong> yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata skor validitas sebesar 3,7</strong><strong>2</strong><strong> dan skor validator sebesar&nbsp; </strong><strong>3,64.B</strong><strong>erdasarkan penilaian dari validator tersebut</strong> <strong>maka diperoleh rata-rata total penilaian secara keseluruhan yaitu 3.84</strong><strong>,</strong><strong> yang menunjukkan bahwa Tes Hasil Belajar berada pada kategori sangat valid karena berada pada interval p &gt; 80.</strong><strong> hasil </strong><strong>persentase respon peserta</strong> <strong>didik sebesar 23,04 dengan rata-rata akhir yaitu 2.95, sehingga diperoleh kriteria penilaian yaitu positif karena hasil rata-rataakhir berada pada interval 2,5 ≤ Xi &lt; 3,5. </strong><strong>Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan perolehan N-gain sebesar 0,84 yang dikategorikan tinggi.P</strong><strong>ersentase ketuntasan belajar siswa sebesar 92%</strong><strong>. H</strong><strong>asil </strong><strong>belajar siswa</strong><strong> diperoleh dari hasil tes belajar siswa yang diberikan kepada siswa yang berupa lembar (pre-test</strong><strong>). Hasil uji fre-test diperoleh tingkat ketuntasan mencapai 30%, hasil postest mencapai&nbsp; 90 %. hasil ketuntasan indikator pre</strong><strong>-</strong><strong>test </strong><strong>sebesar75</strong><strong>%</strong><strong> dengan kategori kurang tuntas. Sedangkan, pada hasil post-test</strong><strong> hasil ketuntasan (100%) indikator </strong><strong>lebih tinggi</strong> <strong>dibandingkan pada hasil pre-test. </strong></p> Silfia Mega Wati, Sunu Kuntjoro ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43992 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains pada Materi Transpor Membran https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45121 <p>Berdasarkan fakta di lapangan keterampilan literasi sains peserta didik di Indonesia berada di bawah ratarata PISA. Keterampilan literasi sains dapat dikembangkan dengan melakukan pembelajaran yang<br>mengacu pada kebudayaan. Materi transpor membran dapat melatihkan literasi sains karena bersifat<br>aplikatif. Untuk itu perlu dikembangkan e-LKPD berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan literasi<br>sains. Tujuan penelitian ini menghasilkan e-LKPD berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan<br>literasi sains peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan<br>berdasarkan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Data diperoleh dengan metode<br>validasi, observasi, tes, dan angket respon. Uji lapangan dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XI MIPA<br>6 SMAN 1 Puri Mojokerto. Kevalidan e-LKPD diukur dari hasil validasi oleh validator, kepraktisan eLKPD diukur dari hasil observasi keterlaksanaan e-LKPD, keefektifan e-LKPD diukur dari hasil<br>pencapaian keterampilan literasi sains dan respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.<br>Hasil penelitian menunjukkan validitas e-LKPD 98,37% dengan kategori sangat valid, kepraktisan eLKPD 97,15% dengan kategori sangat praktis, ketuntasan hasil belajar keterampilan literasi sains 100%<br>dengan kategori sangat efektif, ketercapaian indikator literasi sains sebesar 85,8% dengan kategori sangat<br>baik, serta respon peserta didik 94% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut e-LKPD dapat<br>dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai bahan ajar untuk melatihkan keterampilan literasi sains.<br>Kata Kunci: lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD), etnosains, keterampilan literasi sains,<br>transpor membran.</p> Irmia Wulan Junita, Yuliani Yuliani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45121 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Uji in Silico Senyawa Phytol Hasil Ekstrak Daun Zodia (Evodiasuaveolens) sebagai Antikanker https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45122 <p>Kanker merupakan penyakit mematikan ditandai dengan ploriferasi sel atau pembelahan sel yang tidakterkontrol. Pengobatan kanker dengan pembedahan dan radioterapi paling efektif untuk kanker lokal dannon-metastasis. Selain pengobatan secara medis, pasien penderita kanker juga menggunakan pengobatanherbal karena lebih rendahnya efek samping yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui aktivitas senyawa phytol hasil ekstrak daun Zodia (Evodia sauveolens) sebagai antikanker<br>secara in silico. Teknik penelitian ini secara in silico dimana menggunakan aplikasi komputer yangmelakukan kajian interaksi sekaligus memprediksi aktivitas senyawa hipotetik. Beberapa langkah yangdilakukan yaitu tahap preparasi sampel (koleksi ligan senyawa, koleksi protein, sterilisasi dan minimasi), tahapan molecular docking lalu tahapan visualisasi. Tanaman Zodia terbukti memiliki aktivitas antikanker<br>baik secara in vitro maupun in vivo dengan mengurangi aktivitas hambat pada proses proliferasi, metastasis, dan invasi, dan juga merangsang proses apoptosis berbagai jenis sel tumor. Pada penelitian ini<br>menggunakan senyawa Phytol yang merupakan salah satu dari sekian banyak senyawa yang terkandungdi dalam ekstrak daun Zodia, dan memiliki potensi sebagai antikanker kolorektal secara in silico. Hasil<br>penelitian ini yaitu molecular docking antara senyawa phytol dengan protein ALK berupa data nilai<br>binding af inity sebesar -5,8 kcal/mol dan nilai RMSD 1,448 Å. Senyawa phytol tidak efektif untukdijadikan calon obat antikanker kolorektal, dilihat dari bioaktivitas senyawa phytol yang terlihat adanya<br>aktivitas antiinflamasi dari adanya penghambatan migrasi neutrophil, dan mengurangi inflamasi<br>interleukin (IL-1β) dan Tumor Necrosis Factor (TNF-α) dan stres oksidatif. Kata kunci: Kanker, Phytol, Zodia, In Silico</p> M. Ongky Muji Handoyo, Yuliani Yuliani, Erlix Rakhmad Purnama ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45122 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44524 <p>Pandemi virus Corona telah mengubah pola pembelajaran beralih menjadi sistem pembelajaran dari rumah. Walaupun demikian, peserta didik harus tetap mendapatkan pembelajaran yang tepat serta mampu melatih keterampilan berpikir kritis sesuai keterampilan abad 21. Oleh sebab itu, keberadaan <em>E-book </em>yang interaktif sangat diperlukan peserta didik, karena meskipun belajar dari rumah masih dapat memperoleh pembelajaran yang melibatkan peranan peserta didik secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan <em>E-book</em> interaktif materi Pewarisan Sifat untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)</em>. Parameter yang diukur adalah validitas <em>E-book</em> yang dinilai berdasarkan komponen penyajian, isi, dan bahasa oleh ahli media, ahli materi dan satu guru Biologi, dan kepraktisan <em>E-book </em>yang diperoleh dari hasil tes keterbacaan berdasarkan grafik Fry dan respon sepuluh peserta didik kelas XII SMA Labschool Unesa 1. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan <em>E-book </em>memperoleh persentase rata-rata skor validitas sebesar 97,25% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan <em>E-book </em>memperoleh rata-rata keterbacaan berada pada level 12 dan menunjukkan respon positif dari peserta didik dengan rata-rata skor sebesar 98,51% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan <em>E-book</em> interaktif materi Pewarisan Sifat untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>E-book</em> interaktif, keterampilan berpikir kritis, Pewarisan Sifat.</p> Ayu Ni'matus Solikah, Endang Susantini ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44524 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Science Literacy untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45124 <p>Keterampilan 4C (critical thinking, collaborative, creativity, and communication) menjadi tuntutan untuk<br>menghadapi peningkatan sistem digitalisasi di era revolusi industri 4.0, dimana dapat dicapai melalui ELKPD “perubahan lingkungan” berbasis science literacy yang memuat kompetensi science literacy dan<br>diselaraskan dengan indikator berpikir kritis. Materi perubahan lingkungan merupakan fenomena faktual<br>yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat berkesinambungan pada pembelajaran aplikatif<br>berbasis science literacy. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD yang<br>valid, praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Pengembangan E-LKPD<br>mengunakan 4D Models (define, design, development, disseminate) tanpa disseminate. Pengumpulan data<br>menggunakan metode validasi, observasi, dan angket. E-LKPD diuji cobakan secara terbatas pada 20<br>peserta didik kelas X SMAN 1 Kota Mojokerto. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif<br>kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi E-LKPD sebesar 97,22% (sangat valid),<br>kepraktisan E-LKPD sebesar 98,77% (sangat praktis), keefektifan E-LKPD didapatkan dari ketuntasan<br>hasil belajar sebesar 93,18% (sangat baik), keterampilan berpikir kritis sebesar 93,58% (sangat baik),<br>serta respon positif guru biologi dan peserta didik sebesar 96,67% (sangat efektif). Dengan demikian, ELKPD “perubahan lingkungan” berbasis science literacy telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif<br>sehingga layak untuk digunakan dalam proses belajar-mengajar.<br>Kata Kunci: e-LKPD, perubahan lingkungan, science literacy, keterampilan berpikir kritis.</p> Ifa Nur Hidayah, Sunu Kuntjoro ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45124 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Materi Transpor Membran https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45136 <p>Keterampilan literasi sains menjadi fokus utama penilaian yang ditentukan oleh PISA (ProgrammeInternational for Student Assessment). Berdasarkan data dan fakta, menunjukkan keterampilan literasi<br>sains siswa Indonesia masih di bawah rata-rata. Literasi sains dibutuhkan dalam penguasaan konsep materi<br>transpor membran dengan dikemas dalam pembelajaran interaktif berupa modul elektronik. Tujuanpenelitian ini untuk menghasilkan e-modul interaktif yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dankeefektifan untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa materi transpor membran. Penelitiandilakukan berdasarkan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba terbatas dilaksanakanpada 20 siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Tarik. Validitas e-modul interaktif diukur dari hasil validasi olehvalidator, kepraktisan e-modul interaktif diukur dari hasil uji keterbacaan Grafik Fry, dan keefektifane- modul interaktif diukur dari hasil belajar keterampilan literasi sains dan respon siswa. Data dianalisis<br>secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi e-modul interaktif memperoleh persentase skor<br>96,83% tergolong kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan sesuai dengan tingkat berpikir siswa kelas XI. Ketuntasan hasil belajar keterampilan literasi sains memperoleh skor 89% tergolong kategori sangat baik. Respon siswa memperoleh skor 98% tergolong kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut<br>pengembangan e-modul interaktif dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifansebagai bahan ajar. Kata Kunci: e-modul, interaktif, keterampilan literasi sains, transpor membran</p> Umrotun Faridah, Yuni Sri Rahayu, Sari Kusuma Dewi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45136 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Pair Share pada Materi Sistem Gerak untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45127 <p>Proses pembelajaran di Indonesia selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring mulai Maret<br>2020 hingga sekarang. Menurut salah satu guru biologi, pembelajaran daring ini mengakibatkan peserta<br>didik kurang aktif serta kurang dilatih untuk berpikir kritis. Salah satu alternatif untuk mengatasinya yaitu<br>mengembangkan E-LKPD berbasis Think Pair Share (TPS) pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk<br>melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis TPS<br>untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian ini<br>menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, tanpa tahap Disseminate).<br>Keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan ialah eksplanasi, interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.<br>Validitas E-LKPD diperoleh dari hasil validasi dosen pendidikan biologi, dosen ahli media serta guru<br>biologi berdasarkan aspek penyajian, isi, bahasa dan syarat didaktik. Kepraktisan E-LKPD diperoleh<br>berdasarkan respon positif peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Gondang. Analisis data dilakukan<br>secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa E-LKPD mendapat skor sebesar 3,9<br>dengan kategori sangat valid. E-LKPD mendapat respon positif peserta didik sebesar 97% sehingga<br>berkategori sangat praktis. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, penelitian ini<br>menghasilkan E-LKPD yang berkategori valid dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran.<br>Kata kunci: E-LKPD, TPS, berpikir kritis, Sistem Gerak Manusia</p> Miftahul Ilmiyah Azizah, Nur Kuswanti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45127 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45139 <p>Tuntutan abad 21 menekankan pembelajaran dimana literasi sains menjadi titik fokus utama dalam pendidikan.Literasi sains penting untuk ditagihkan mengingat ketika individu memiliki kemampuan literasi sains yang baik,ia akan mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk memberikan solusi atau membuat keputusan terhadap suatu isu atau fenomena. Untuk dapat melatihkan keterampilan literasi sains yang tepat kepada pesertadidik, maka model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan. Model pembelajaran yang cocok diterapkanuntuk melatihkan keterampilan literasi sains adalah model pembelajaran <em>collaborative learning</em>. Media belajarberupa <em>e-book </em>dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam mengasah keterampilan literasi sains mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan <em>e-book </em>secara teoritis dan empiris ditinjau dari hasil validasi, uji keterbacaan, dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode 4-D (<em>define, design, develop, </em>dan <em>dessiminate</em>). Tempat pelaksanaan penelitian di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya dan dilakukan uji coba terbatas pada 15 siswa SMA Negeri 2 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan teoritis <em>e-book </em>sebesar 97% (sangat valid) dari hasil validasi dan kelayakan empiris sebesar 99,15% (sangat positif) dari hasil respon peserta didik dengan tingkat keterbacaan berada pada level 10. Sehingga bisa dikatakan <em>e-book </em>sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran siswa kelas X SMA.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>E-book, Collaborative Learning, </em>Pencemaran Lingkungan, Literasi</p> Humaimah Nakhlah Rafidah, Fida Rachmadiarti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45139 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 The Development of E-Worksheet Based on Sets (Science, Environment, Technology, Society) for Waste Processing Sub-Topic to Improve Student's Scientific Literacy Skills https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44582 <p>The development of the 21<sup>st</sup> century learning demands scientific literacy competence. One of the things that can be used to train scientific literacy is with learning materials that integrate Science, Environment, Technology, Society (SETS). SETS-based learning is learning model that connects and links the science concepts studied with other fields, namely technology, environment and society. The aims of this study was to develop E-LKPD based on SETS for waste processing sub-materials to improve students scientific literacy which is theoretically and empirically feasible for learning process. The theoretical feasibility of E-LKPD is reviewed from the validation results assessed by material expert lecturers, education expert lecturers and biology teachers. The empirical feasibility can be seen from students response. This research is a development research using the 4D method (define, design, develop, disseminate) without doing the disseminate stage. The data analysis technique used quantitative description method. The results showed that the E-LKPD is declared theoretically feasible with a validation percentage of 97% with a very valid category. E-LKPD was also declared empirically feasible by getting a positive response from students with a practicality percentage of 97% with a very practical category. Hence, it can be concluded that the E-LKPD based on SETS for waste processing topic to improve students' scientific literacy is declared theoretically and empirically feasible for learning process. The implication of this research is to help improve the scientific literacy of Indonesian students, which is still considered low. Through the development of this E-LKPD is one of the efforts to improve Indonesian students in scientific literacy.</p> <p><strong>Keywords:</strong> E-worksheet, SETS, Scientific Literacy</p> Muhammad Yusuf Abdul Rochim, Fida Rachmadiarti, Dwi Anggorowati Rahayu ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44582 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Implementasi LKPD Elektronik Berbasis Guided Discovery pada Materi Fotosintesis untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45137 <p>Keterampilan proses sains terintegrasi termasuk keterampilan yang perlu dilatihkan di biologi. Pembelajaran biologi yang baik perlu dilakukan selama kegiatan belajar dari rumah secara online maupuntatap muka langsung yang dilakukan berdasarkan jumlah siswayang terbatas atau biasa dikenal denganPembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) selama pandemi Covid-19.Pembelajaran yang baikmembutuhkan metode dan media belajar yang baik. Metode dan media belajar yang berfungsi untukmengasah keterampilan proses sains terintegrasi peserta didik dalam menemukan konsep materi secaramandiri selama pandemi yaitu LKPD Elektronik berbasisGuided discovery. Materi yang bisa diajarkanmemakai metode Guided discovery yaitu Fotosintesis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikankepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran, respon peserta didik dan peningkatan hasil belajar, serta efektivitas dilihat dari ketuntasan indikator dan sensitivitas butir soalketerampilan proses sains<br>terintegrasi menggunakan LKPD Elektronik berbasis Guided discovery pada materi Fotosintesis. Penelitiandilakukan secara online dan tatap muka langsung dengan jumlah siswa terbatas menggunakan metodeSingle Case Research (SCR) dengan One-Group Pretest-PosttestDesignbertempat di SMAN1 Puri pada61 peserta didik. Hasil menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase96,28%berkategori sangat praktis. Respon peserta didik mendapat persentase 97,60% berkategori sangat positif. Peningkatan hasil belajar memperoleh rata-rata skor N-Gain0,80 dengan kategori tinggi. Ketuntasanindikator keterampilan proses sains terintegrasi secara keseluruhan mengalami kenaikan dengan skor<br>sensitivitas butir soal≥ 0,30. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD Elektronik berbasis Guideddiscovery praktis dan efektif untuk diterapkan selama proses belajar secara online maupun of line untukmelatih keterampilan proses sains terintegrasi. Kata Kunci: fotosintesis, guided discovery, keterampilan proses sains terintegrasi, LKPD elektronik.</p> Weni Putri Nilamsari, Novita K Indah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45137 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatihkankemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Perubahan lingkungan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45138 <p>Menanggulangi kesulitan siswa dalam melakukan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan denganmemilih media pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan kondisi dan kemajuan teknologi. Sehingga, dapat mendorong kemampuan literasi untuk menerima dan menyampaikan informasi. Tujuanpenelitian ini yaitu menghasilkan e-modul berbasis QR-code untuk melatihkan kemampuan literasi digital<br>siswa pada materi perubahan lingkungan yang valid dan efektif. Metode yang digunakan adalah metode4D (Define, Design, Develop and Disseminate) tahap Disseminate tidak dilakukan. Validitas e-modul<br>QR-Code diperoleh dari validasi 2 pakar yaitu ahli biologi, ahli pendidikan dan salah satu guru biologi<br>SMA Labschool Unesa. Keefektifan e-modul QR-Code diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengannilai perhitungan N-gain serta diperoleh dari angket respons 15 siswa heterogen kelas X MIPAI SMALabschool Unesa. Data validitas dan keefektifan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis<br>menunjukkan e-modul QR-Code yang dikembangkan mendapat persentase validitas 93,56%kategori<br>sangat valid. Keefektifan e-modul QR-Code yang dikembangkan dikategorikan efektif terlihat<br>peningkatan nilai pretest ke nilai posttest dengan ketuntasan posttest sebesar 100%. Serta, dari hasil<br>angket respons siswa yang merespon positif dengan persentase keseluruhan 91, 22% kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut, e-modul berbasis QR-Code untuk melatihkan kemampuan literasi digital<br>siswa pada materi perubahan lingkungan dikatakan valid dan efektif untuk diterapkan pada kegiatanpembelajaran. Sehingga siswa dapat memiliki kemampuan literasi digital yang tinggi untuk meningkatkanhasil belajar. Kata Kunci: e-modul QR-code, literasi digital, perubahan lingkungan</p> Maulidatul Kurnia Pratiwi, Sifak Indana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45138 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 The Development of Edmodo on Immune System Material to Train Critical Thinking: Validity and Student Responses https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42396 <p>The spread of Covid-19 continues to increase, causes the government to issue policies that can supress this spread. One of the policies in educational field is distance learning. The distance learning is helped out by technology development, but it requires student to think at a high level such as critical thinking. Critical thinking skills can be trained in biology. The material that need critical thinking skills is immune system. In fact, immune system material is considered difficult and the result of national exam show only 25.19% of student can complete this material. Therefore, it is necessary to have learning media that can facilitate the achievement of basic competency and critical thinking skills. This research aims to produce Edmodo that equipped with student worksheets to train critical thinking skills. This research is development research with 4D Model (Define, design, develop, disseminate). It was limited to the development stage to determine the validity of product based on expert opinion and also the practicallity based on the responses of eleventh grade student in SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Quantitative descriptive analysis was applied for the data gained. The result showed the validity of Edmodo were 3.88 on presentation aspect, 3.91 on content, and 3,89 for the total average. The student worksheet validity resulted were 3.90 on presentation, 3.95 on content, 3,89 on language, 3.67 on critical thinking, and 3,85 for the total average. Both of them are categorized as very valid. The results of student responses are 88.03% in the very practical category. Thus, the development of Edmodo and student worksheet is valid and practical to used in lerning.</p> <p><strong>Keywords: </strong>Edmodo, student worksheets, immune system, critical thinking skills</p> Savira Eka Yuli Agustina, Nur Qomariyah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42396 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44341 <p>Pada pendidikan abad ke-21 terdapat tuntutan kemampuan kemahiran era digital dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga keterampilan literasi digital harus dimiliki oleh peserta didik, sebagai bekal untuk mendapatkan informasi materi yang relevan dan bernilai dari berbagai sumber. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan <em>e-book </em>interaktif respirasi seluler yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu <em>(Define</em>, <em>Design</em>, <em>Develop</em>, dan <em>Disseminate)</em>, tanpa tahap <em>disseminate</em>. Validitas <em>e-book</em> diukur berdasarkan validasi para ahli materi, dan ahli media. Kepraktisan <em>e-book</em> diukur berdasarkan hasil tes keterbacaan. Keefektifan <em>e-book</em> diukur berdasarkan ketuntasan indikator literasi digital, ketuntasan hasil belajar, respon peserta didik dan guru. Penelitian di uji cobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 1 Lamongan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>e-book</em> dinyatakan valid dengan hasil skor 3,81. <em>E-book</em> dinyatakan praktis dengan hasil tes keterbacaan yang dikategorikan sebagai level 12 layak digunakan oleh peserta didik kelas XII. <em>E-book</em> dinyatakan efektif dari ketuntasan indikator literasi digital sebesar 93,75%, ketuntasan hasil belajar sebesar 92,35%, respon peserta didik sebesar 98,3% dan guru sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa <em>e-book</em> yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Intensitas penggunaan <em>e-book</em> mampu melatihkan kemampuan literasi digital, karena <em>e-book</em> yang dikembangkan memfasilitasi peserta didik untuk berlatih keterampilan literasi digital.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Pengembangan, <em>e-book</em> interaktif, literasi digital, respirasi seluler.</p> Firdatus Sukma Fitri Shiyamsyah, Yuliani Yuliani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44341 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatih Keterampilan Literasi Digital Siswa Kelas XI SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45131 <p>Indonesia pada tahun ajaran 2020/2021 menerapkan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau online karena<br>pandemi COVID-19. Salah satu alternatif sumber belajar yang dapat digunakan pada kondisi ini yaitu buku<br>elektronik berupa flipbook. Penelitian ini bertujuan menghasilkan flipbook pada materi Sistem Ekskresi pada<br>Manusia untuk melatih keterampilan literasi digital siswa kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian<br>ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), tanpa tahap<br>Disseminate. Validitas flipbook ditentukan berdasarkan hasil validasi pakar pendidikan biologi dan guru<br>biologi ditinjau dari aspek penyajian, didaktik, isi, kebahasaan, serta literasi digital. Kepraktisan flipbook<br>ditentukan berdasarkan hasil uji keterbacaan flipbook dengan Grafik Fry, respon guru dan siswa. Data<br>dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook<br>dinyatakan sangat valid dengan rata-rata skor validitas sebesar 3,81. Flipbook juga berkategori sangat praktis<br>dengan rata-rata respon positif guru sebesar 98,33% dan siswa sebesar 92,97%, serta rata-rata keterbacaan<br>flipbook berada pada level 11 berkategori sulit (sesuai untuk siswa SMA). Berdasarkan data, dapat<br>disimpulkan bahwa peneltian ini menghasilkan flipbook pada materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk<br>melatih keterampilan literasi digital siswa kelas XI SMA yang berkategori sangat valid dan sangat praktis<br>untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.<br>Kata kunci: flipbook, Sistem Ekskresi pada Manusia, literasi digital</p> Yulius Aldi Aldi Wicaksono, Nur Kuswanti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45131 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Training Critical Thinking Skills with Schoology in Nervous System Sub-Material: Profile, Validity and Student Response https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42649 <p>In the 4.0 era, many students have an electronic device related to learning activities. Refer to the open questionnaire, 41.2% of students in SMAN 1 Puri Mojokerto feel that nervous system material is hard to understand due to the lack of learning media to proponent the learning process. Some difficult concepts need media to support teaching nervous system material for students. The development of technology support 4-C competence to apply in a learning activity. One of the competence is critical thinking skills. The purpose of this experiment is to develop learning media e-learning Schoology as valid and practical media. Followed up the reason, a learning media, e-learning Schoology is made using the IDI method (Instructional Development Institute), including three steps: define, design, and develop. In this media, there are some activities to help the students training their critical thinking by doing a pretest-posttest and discussion. The media also contain material of nervous system and some games to give motivation. The result of media validation is 96.67%, lesson plan validation score is 97.40%, pretest-posttest question validation is 95.37%, and the validation of students worksheets is 92.05%, the four components decided to have a perfect category (valid). The result of students responded that including 35 students of SMAN 1 Puri Mojokerto indicates the convenience of the media is 88.61% so e-learning Schoology is categorized as a practical media. After that, the implementation of this media is permitted, but this research does not do that.</p> <p><strong>Keywords</strong><strong>: </strong>e-learning, Schoology, nervous systems, critical thinking, validity, student response</p> <p>&nbsp;&nbsp;</p> Ary Marchellina, Nur Qomariyah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/42649 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-LKPD Berbasis KWL (Know-Want-Learned) Materi Substansi Genetik untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43192 <p><em>Know-Want-Learned </em>(KWL) merupakan strategi pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk menuliskan pengetahuan awalnya (<em>know)</em>, apa yang ingin diketahui (<em>want)</em>, dan apa yang telah dipelajari (<em>Learned</em>) pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis KWL yang valid (layak) secara teoritis, dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah <em>3D-E Models</em>. E-LKPD divalidasi oleh tiga validator (dua dosen ahli, dan satu guru biologi). Instrumen penilitian yang digunakan berupa lembar validasi, dan angket respons 16 peserta didik. Lembar validasi untuk memperoleh data validitas E-LKPD berdasarkan aspek Kelayakan Penyajian, Isi, dan Kebahasaan. Angket respons peserta didik untuk memperoleh data kepraktisan E-LKPD yang menunjukkan bahwa E-LKPD tersebut lengkap, menarik, dan mudah dioperasikan, ditinjau dari Tampilan dan Komponen E-LKPD, Kesesuaian E-LKPD dengan Indikator Literasi Sains, dan Kebahasaan. Hasil validasi E-LKPD yang dihasilkan yaitu sebesar 3,94, menyatakan bahwa E-LKPD ini sangat valid. Hasil kepraktisan E-LKPD yang dihasilkan yaitu sebesar 97,2%, menyatakan bahwa E-LKPD ini sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD ini dinyatakan layak, dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Validitas, Kepraktisan, E-LKPD, Substansi Genetik, KWL, Literasi Sains.</p> Zulfiana Zulfiana, Sifak Indana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/43192 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0000 Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Materi Fungi untuk Melatihkan Ketrampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45114 <p>Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di masa depan untuk membentuk sistem konseptual peserta didik. Materi fungi/jamur memiliki potensi untuk mengajak peserta didik turut aktif pada proses belajar mengajar sehingga membutuhkan pendekatan konstruktivis berupa learning cycle 5E untuk membuat aktivitas pembelajaran yang lebih efektif serta lebih efisien guna melatihkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) merupakan salah satu media pembelajaran alternatif bagi peserta didik yang dapat diakses melalui gawai untuk digunakan dalam keadaan pandemi yang mengharuskan pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan e-LKPD berbasis learning cycle 5E pada materi fungi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak secara teoritis. Pengembangan dilakukan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun terbatas hingga tahapan Develop, tanpa melakukan tahap Disseminate. Secara teoritis, kelayakan e-LKPD diperoleh setelah proses validasi yang dilakukan oleh tiga validator yakni dosen ahli materi, dosen ahli media pembelajaran dan guru mata pelajaran Biologi SMA. Penilaian validasi ini memiliki beberapa aspek yang diamati yaitu aspek isi, aspek penyajian dan aspek bahasa. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan hasil bahwa e-LKPD layak dengan persentase validasi dengan sebesar 89,25% dan dikategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis learning cycle 5E pada materi fungi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang telah dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk dijadikan penunjang dalam kegiatan belajar mengajar.<br>Kata kunci: e-LKPD, learning cycle 5E, keterampilan berpikir kritis, fungi.</p> Sifa’ Daru Quthnie Nadaa Zakiyah, Lisa Lisdiana ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/45114 Thu, 10 Feb 2022 00:00:00 +0000