PERANCANGAN KATALOG PRODUK UMKM WAWA FOOD AND COOKIES

  • Putri Dwi Fatmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Patria Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Katalog, Promosi, UMKM, Kuliner, Fotografi Makanan

Abstract

UMKM Wawa Food and Cookies menggunakan strategi promosi pemasaran secara online melalui sosial media dan offline dengan target local area (masyarakat Nganjuk). UMKM ini belum mempunyai daftar atau dokumentasi seluruh produk yang diperjualbelikan. Sehingga ketika pelanggan datang dan menanyakan menu, pemilik bingung karena banyak produk yang diperjualbelikan lalu foto dokumentasi hanya diletakkan pada galeri ponsel tanpa adanya keterangan sehingga harus mencari terlebih dahulu. Hal itu akan membuat pelanggan menunggu dan menjadi kurang yakin atau meragukan keprofesionalan owner. Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi, pemilihan metode perancangan untuk menemukan solusi yang tepat adalah metode 5W+1H. Melalui metode ini dapat disimpulkan bahwa Wawa Food and Cookies membutuhkan media komunikasi dan promosi berupa katalog produk. Katalog produk berisi foto, harga, komposisi dan keunggulan produk. Jenis kue yang ditampilkan ada kue kering, kue basah, dan cake. Menggunakan gaya bahasa, Bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh pembaca. Gaya desain yang digunakan adalah minimalis agar tetap menonjolkan produk yang dijual. Dengan adanya katalog produk, Ibu Yeni selaku pemilik UMKM akan lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan saat akan menunjukkan produk yang diperjualbelikan dan pelanggan juga akan lebih mudah serta leluasa saat memilih produk yang ingin dibeli.

Published
2023-07-11
How to Cite
Fatmawati, P., & Patria, A. (2023). PERANCANGAN KATALOG PRODUK UMKM WAWA FOOD AND COOKIES. Desgrafia : Jurnal Desain Grafis, 1(1), 133-144. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54795
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 140