PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY

Authors

  • Maharani Kidung Pertiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

perancangan, brand identity, logo, UMKM, jamu

Abstract

Jamu Sabay merupakan salah satu sentra UMKM yang terfokus pada minuman healthy drink yaitu jamu yang berlokasi di Kelurahan Mangundikaran RT: 05 RW: 07, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. UMKM ini merupakan usaha turun-temurun sejak tahun 1985 yang saat ini telah dikelola  oleh generasi ke-2 oleh Ibu Wiyani semenjak tahun 2009. Jamu Sabay belum memiliki logo sebagai identitas utama dalam sebuah produk. Jamu Sabay juga belum menerapkan label  pada  kemasan sebagai salah satu media informasi produk Jamu Sabay. Saat ini Jamu Sabay hendak menjadi salah satu UMKM pemasok M3 Mart yang merupakan toko pusat oleh-oleh khas Kelurahan Mangundikaran, Nganjuk. Dalam proses perancangan brand identity UMKM Jamu Sabay dilakukan melalui tahapan identifikasi masalah, pengumpulan data dari hasil wawancara serta observasi, analisis data menggunakan 5W1H, konsep perancangan, proses perancangan berupa perancangan thumbnail dari hasil brainstorming, tight tissue, desain akhir. Hasil perancangan brand identity Jamu Sabay berupa logo yang akan diterapkan pada label, stationery set, variasi produk kemasan dan aset display pada saat pameran. Perancangan brand identity ini membantu dalam membangun citra produk agar lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat luas. Perancangan membantu Jamu  Sabay agar  layak masuk M3 Mart serta meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Pertiwi, M. K., & Martadi, M. (2023). PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY. Jurnal Desain Grafis Aplikatif, 1(1), 199–212. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54894
Abstract views: 495 , PDF Downloads: 703