PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY
Keywords:
perancangan, brand identity, logo, UMKM, jamuAbstract
Jamu Sabay merupakan salah satu sentra UMKM yang terfokus pada minuman healthy drink yaitu jamu yang berlokasi di Kelurahan Mangundikaran RT: 05 RW: 07, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. UMKM ini merupakan usaha turun-temurun sejak tahun 1985 yang saat ini telah dikelola oleh generasi ke-2 oleh Ibu Wiyani semenjak tahun 2009. Jamu Sabay belum memiliki logo sebagai identitas utama dalam sebuah produk. Jamu Sabay juga belum menerapkan label pada kemasan sebagai salah satu media informasi produk Jamu Sabay. Saat ini Jamu Sabay hendak menjadi salah satu UMKM pemasok M3 Mart yang merupakan toko pusat oleh-oleh khas Kelurahan Mangundikaran, Nganjuk. Dalam proses perancangan brand identity UMKM Jamu Sabay dilakukan melalui tahapan identifikasi masalah, pengumpulan data dari hasil wawancara serta observasi, analisis data menggunakan 5W1H, konsep perancangan, proses perancangan berupa perancangan thumbnail dari hasil brainstorming, tight tissue, desain akhir. Hasil perancangan brand identity Jamu Sabay berupa logo yang akan diterapkan pada label, stationery set, variasi produk kemasan dan aset display pada saat pameran. Perancangan brand identity ini membantu dalam membangun citra produk agar lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat luas. Perancangan membantu Jamu Sabay agar layak masuk M3 Mart serta meningkatkan penjualan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

