PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI? UMKM ROLLY DI NGANJUK JAWA TIMUR

Authors

  • Mitsal Syuaib Lohy Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

UMKM, Promosi, Media

Abstract

Salah satu UMKM bergerak di bidang food & beverage yaitu UMKM Rolly berdiri Pada tahun 1997 UMKM Catering Rolly & Egg Roll resmi didirikan oleh pemiliknya oleh ibu Marsriana. Selama ini mereka mempromosikan produknya ke sekitaran masyarakat Ganungkidul. Dalam media promosinya UMKM Rolly hanya mengandalkan kartu nama dan banner sebagai media promosinya dimana kedua media ini tidak memiliki jangkauan yang luas dan juga lokasi UMKM Rolly tidak mudah dijangkau di tengah kota membuat media banner dan kartu nama tidak cukup efektif dalam menjangkau masyarakat yang lebih luas. Terdapat dua teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara dan observasi. Metode analisa yang digunakan adalah analisis SWOT dan USP. Perancangan Konsep desain menggunakan banner dan poster A4 dengan memanfaatkan illustrasi vector dan warna yang disesuaikan dengan target audiens yaitu Wanita umur 24-48 tahun. Dalam pembuatan strategi promosi untuk UMKM Rolly menghasilkan perancangan media promosi berupa banner, X-Banner, totebag, kalender, poster A4,  mug dan trifold. Media promosi yang dilakukan menggunakan kalimat promosi sesuai target audiens yang dituju agar promosi dapat menjaring konsumen yang lebih luas. Hasil review menurut pemilik UMKM Rolly pembuatan banner sudah bagus dan memuaskan, pembuatan desain poster sudah cukup bagus, desain mug juga terlihat bagus, untuk totebag lebih baik diganti ke media paperbag agar lebih kokoh, untuk trifold sudah cukup bagus walau belum semua produk masuk, desain kalender sudah cukup bagus.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Lohy, M. S., & Kristiana, N. (2023). PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI? UMKM ROLLY DI NGANJUK JAWA TIMUR. Jurnal Desain Grafis Aplikatif, 1(2), 37–48. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/54965
Abstract views: 119 , PDF Downloads: 211