PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY UMKM ROLLY CATERING DI NGANJUK JAWA TIMUR
Keywords:
Corporate Identity, Citra Perusahaan, IlustrasiAbstract
UMKM Rolly Catering merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner dan salah satu UMKM unggulan Kelurahan Ganungkidul, Nganjuk. UMKM yang sudah berdiri sejak 1997 ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat sekitar. Makanan yang disajikan bervariatif mulai dari berbagai varian kue kering, kue basah, dan aneka menu nasi kotak. Terlepas dari sudah dikenalnya UMKM Rolly Catering ini di masyarakat sekitar, UMKM ini masih memiliki kendala di bagian identitas. Dimana belum memiliki logo sehingga UMKM Rolly Catering tidak memiliki identitas ataupun pembeda dari kompetitor lainnya. Dalam proses perancangan corporate identity metode yang digunakan pada penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan dua data yaitu primer dan sekunder. Data primer meliputi proses wawancara dan observasi data sekunder didapat melalui internet dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah 5W+1H dilakukan dengan menjawab pertanyaan What (apa), Why (mengapa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), dan How (bagaimana) sebagai langkah untuk mengoptimalkan proses perancangan. Dalam perancangan karya corporate mendapatkan hasil karya berupa logo serta penerapan pada stationery set, signboard, shopping bag, label, poster. Pada perancangan ini seluruh karya mengaplikasikan berbagai unsur dan prinsip desain seperti kesatuan, warna, keseimbangan dan lainnya sehingga dihasilkan sebuah desain yang indah. Pada desain yang baru memiliki ciri selalu konsisten menampilkan logo baru dari UMKM Rolly Catering dengan menggunakan warna dominan coklat yang menciptakan suasana lembut.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

