PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK SINGKONG "RENYAK" UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI SURABAYA

Authors

  • Althof Mochamad Nurcholis Majid Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

UMKM, Desain Label Kemasan, Media Sosial, Promosi, Renyak

Abstract

AFGHANI CRIP (Keripik Bu Ida Wati) merupakan UMKM yang memproduksi dan menjual cemilan
keripik, bertempat di Kota Surabaya. Keripik Bu Ida Wati ini memiliki pasar yang cukup baik, akan
tetapi strategi pemasaran yang digunakan masih lebih condong ke konvensional sehingga sulit dalam
menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena hal itu maka dilakukan-lah perancangan yang
bertujuan untuk membantu memperluas pasar UMKM Keripik Bu Ida Wati dengan mempromosikan
produk Keripik Singkongnya melalui brand Renyak yang tercipta dari projek KKN yang berkolaborasi
bersama UMKM Keripik Bu Ida Wati, rancangan yang digunakan dalam media promosi ialah desain
label kemasan dan konten media sosial. Dalam perancangan ini mengaplikasikan metode kualitatif
karena menonjolkan landasan praktis dan teoritis dari hasil perancangan tersebut. Perancangan ini
menerapkan analisis SWOT untuk mencari informasi mengenai kelebihan, kekurangan, dan keunikan
produk milik UMKM tersebut. Hasil perancangan tersebut berupa Desain Label Kemasan dan Gondola
(Rak Display) sebagai media utama, media sosial Instagram dan Tiktok sebagai media pendukung, lalu
beberapa media pendukung lainnya seperti Sticker, Gantungan Kunci, X Banner, Poster, Kartu Nama,
Jaket dan Kantong Plastik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Majid, A. M. N., & Patria, A. S. (2025). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK SINGKONG "RENYAK" UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI SURABAYA. Jurnal Desain Grafis Aplikatif, 3(1), 121–135. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/62031

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 10