Perancangan Visual Branding Temulawak Mbah Munah
Keywords:
temulawak, Visual branding, logo, labelAbstract
Temulawak Mbah Munah merupakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang didirikan oleh Ibu Maimunah asal Wonokromo, Surabaya. Berdiri sejak 2020, usaha ini menjual olahan temulawak minuman yang dikemas dalam botol 600ml. Selama 10 tahun berjualan, temulawak Mbah Munah belum mimiliki visual branding seperti logo dan label kemasan. Hal ini membuat produk dari temulawak Mbah Munah susah untuk dikenal dan susah untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Tujuan penelitian ini adalah membuat visual branding yang professional bertujuan untuk penguatan identitas merek dari temulawak Mbah Munah. Perancangannya meliputi Logo dan Label kemasan botol sebagai media utama, serta media pendukung meliputi xbanner, poster, totebag, papercup dan sticker. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa wawancara dan observasi yang dilakukan langsung terhadap Mbah Munah. Serta untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah 5W + 1H yang bertujuan untuk mendalami identitas dan data dari brand temulawak Mbah Munah yang akan di branding. Kesimpulan dari penelitian yang sudah dibuat ini adalah sebagai desainer kita harus berpikir kritis dan kreatif untuk menyelesaikan suatu masalah. Manfaat yang didapat dalam perancangan ini adalah penguatan identitas merek yang dapat membuat brand bisa mudah dikenal masyarakat sehingga brand bisa lebih terlihat professional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

