PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK “LOKAN” MENGGUNAKAN KARAKTER ANIME DAN VTUBER BAGI GEN-Z

Authors

  • Rahdian Indraldi Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Media Promosi, Lokan, Karakter Anime, Vtuber

Abstract

Anime populer di kalangan remaja, terutama di Indonesia, dimana penggemar anime menunjukkan dedikasi melalui komunitas dan event. Totebag dengan desain anime menjadi populer di kalangan Gen Z, sehingga muncul ide untuk menciptakan brand "Lokan" yang menggabungkan anime dengan kebudayaan lokal Indonesia dalam desain totebag. Akan tetapi UMKM Lokan ini memiliki kekurangan yaitu belum ada media promosi guna mempromosikan produk. Tujuan perancangan ini yaitu untuk  merancang media promosi UMKM Lokan. Metode perancangan yang digunakan yaitu pengumpulan data. Analisis SWOT. Konsep dan visualisasi hasil yang didapatkan yaitu perancangan media promosi X-banner, Feeds Instagram Kemasan, Poster, brosur, Stiker, dan Gantungan Kunci. Gaya desain yang digunakan yaitu pengabungan antara unsur jepang dan unsur lokal yang simple.

Keywords: UMKM; Anime; Indonesia; totebag; Jepang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Firmansyah, R. I., & Kristiana, N. (2025). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK “LOKAN” MENGGUNAKAN KARAKTER ANIME DAN VTUBER BAGI GEN-Z. Jurnal Desain Grafis Aplikatif, 3(1), 151–162. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/62438

Issue

Section

Articles
Abstract views: 7 , PDF Downloads: 5