PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MITIGASI KEBAKARAN DI DALAM RUANGAN UNTUK ANAK PRASEKOLAH
Keywords:
Buku Interaktif, Kebakaran Di Rumah, Anak Usia Prasekolah, SWOT, Design ThinkingAbstract
Perancangan buku interaktif berjudul “Hati-Hati Kebakaran” dirancang dengan menarik, efektif tujuannya untuk membantu anak usia prasekolah memahami mitigasi kebakaran di dalam rumah sesuai dengan tingkat pemahaman serta minat anak-dan memahami resikonya. Karena lingkungan sekolah dan rumah merupakan lingkungan utama yang sering dihuni oleh anak, tindakan kelalaian bisa dilakukan oleh anak maupun orang dewasa. Menggunakan metode penelitian studi eksisting untuk mengevaluasi dan menganalisis buku interaktif sebelumnya agar memperoleh pemahaman bagaimana anak usia dini belajar dan berinteraksi dengan gerakan buku interaktif. Pengumpulan data sekunder dan primer di sekolah Labschool Unesa 1, yaitu murid TK A dan TK B serta guru. Penggunaan penerapan analisis data dengan metode design thinking dengan menjabarkan kebutuhan, keinginan media pembelajaran kebencanaan apa yang sesuai dengan pemahaman anak prasekolah, tahap selanjutnya SWOT untuk menemukan strategi keberhasilan rencana dalam perancangan ini dengan menemukan Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Hasilnya pada design thinking memperoleh output memahami permasalahan kurangnya pendidikan kebencanaan untuk anak usia dini dengan merancang elemen visual interaktif bencana menggunakan buku interaktif yang sesuai dengan perkembangan PAUD dan menghubungkan pendidikan kebencanaan BPBD dengan ini media pembelajaran dapat diaplikasikan pada kurikulum Paud, output SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan produk ke depannya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

