Array

Authors

  • Galang Yogi Ananta Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Perancangan, Balok kayu, Bangunan, Mainan edukasi, Kreativitas

Abstract

Diperlukan upaya untuk menciptakan alat pembelajaran inovatif, menarik, dan efektif yang dapat meningkatkan kreativitas serta pemahaman anak-anak terhadap konsep pendidikan. Salah satunya melalui permainan edukatif. Pengumpulan data analisis data menggunakan 5W1H, pengumpulan data dilakukan di SDN Sawotratap 1 Sidoarjo pada kelas 2 dengan memberikan mainan balok kayu berbagai ukuran. Proses yang dilakukan ialah observasi anak-anak ketika bermain membentuk suatu bangunan berinteraksi dengan teman, memperhatikan dan mengamati anak anak menyusun balok sesuai dengan imajinasi mereka sendiri. Hasil penelitian dengan mainan balok kayu menunjukkan anak-anak belajar mengamati, menyusun, dan menyelesaikan masalah dengan imajinasi masing-masing untuk mencapai tujuan yaitu membentuk bangunan yang mereka inginkan. Kartu intruksi Building Blocks digunakan untuk media pendukung berisi langkah langkah membuat bangunan dan keterangan balok yang digunakan yang dapat mempermudah anak-anak membuat suatu bangunan yang diinginkan. Building Blocks Puzzle membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Ananta, G. Y., & Martadi, M. (2024). Array . Jurnal Desain Grafis Aplikatif, 2(1), 115–126. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/64082
Abstract views: 75 , PDF Downloads: 282