PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU CERITA ANAK “CACING UNTUK MEMANCING” DENGAN KONSEP CERITA ANAK BERDAYA

Authors

  • Naila Nabilatul Husna Universitas Negeri Surabaya
  • Bayu Dwi Nurwicaksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada usia 7–9 tahun, anak berada pada tahap perkembangan di mana mereka belajar secara aktif melalui pengamatan lingkungan sekitar. Buku cerita anak menjadi salah satu media efektif untuk mendukung proses belajar tersebut. Perancangan ini mengusung konsep cerita anak berdaya yang bertujuan menanamkan sikap mandiri dan kemampuan memecahkan masalah melalui pengamatan. Metode yang digunakan adalah 5W1H dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara selama mengikuti program Booklab 6 yang diselenggarakan oleh Let’s Read dan Yayasan Litara. Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah buku cerita anak berjudul “Cacing untuk Memancing” yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Buku ini diharapkan mampu menjadi media literasi visual yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memperkuat karakter anak sebagai individu yang kritis, mandiri, dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Husna, N. N., & Bayu Dwi Nurwicaksono. (2025). PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU CERITA ANAK “CACING UNTUK MEMANCING” DENGAN KONSEP CERITA ANAK BERDAYA. Jurnal Desain Grafis Aplikatif, 3(1), 24–36. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/70185

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2 , PDF Downloads: 0