Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Teknologi dan Media Informasi Siswa SMK
Keywords:
Instrumen, Asesmen Keterampilan, TeknologiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen asesmen keterampilan yang dapat melatih siswa dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini yang kemudian dapat diterapkan dalam Menggambar Teknik dan mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan desain 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate) dengan siswa kelas XI SMK sebagai subjeknya. Teknik analisis data menggunakan uji validitas (0,361) dan reliabilitas. Hasil penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan berdasarkan rata-rata validasi ahli sebesar 79,06%, uji validitas menunjukkan bahwa > (0,361) dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,947 > koefisien reliabilitas sebesar (0,6). Sedangkan untuk respon siswa terhadap produk yang dikembangkan memiliki nilai sebesar 51,9 sehingga apabila dicocokkan dengan tabel kriteria penilaian maka respon tersebut memiliki kategori yang sangat baik.
Downloads
Abstract views: 60
,
PDF Downloads: 40
