Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/ees.v1i2.71770Keywords:
Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar; Keterlaksanaan Pembelajaran; Respon Peserta Didik; Perhitungan Statika BangunanAbstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada elemen Perhitungan Statika Bangunan menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep tumpuan pada struktur bangunan. Untuk mengatasinya diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dirancang mampu dalam melibatkan peserta didik terhadap pemecahan masalah nyata sebagai sarana membangun pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Post-test-Only Control Design, melibatkan dua kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Kelas eksperimen sebanyak 38 siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sedangkan kelas kontrol sebanyak 37 siswa menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil menunjukkan keterlaksanaan di kelas eksperimen sangat baik (guru: 95,5 %; peserta didik:88,6%) dan respon peserta didik sangat positif (82%). Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai t hitung = 3,35 yang lebih besar dari t tabel = 1,99, yang menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Abstract views: 47
,
PDF Downloads: 23
