Pengembangan E-Handout Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Generasi Z

Authors

  • Nirmala Aristyaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Purwo Mahardi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ees.v1i2.71836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-handout pada materi bagian dan klasifikasi jalan serta jembatan guna meningkatkan hasil belajar siswa generasi Z kelas XI DPIB di SMKN 1 Sidoarjo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan serta minimnya penggunaan bahan ajar digital yang sesuai dengan karakteristik generasi Z yang lebih menyukai pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan skor kelayakan sebesar 73% dalam kategori "baik", sedangkan validasi materi berada pada kategori "sangat baik". Keefektifan media e-handout diuji melalui peningkatan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar mencapai 65% di kelas XI DPIB 1 dan 94% di kelas XI DPIB 2. Respon siswa terhadap penggunaan e-handout juga sangat positif, dengan rata-rata skor 4,23 atau 84,53%. Dengan demikian, media e-handout dinyatakan layak, efektif, dan diterima dengan baik oleh siswa dalam mendukung pembelajaran mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 39