STRATEGI KESANTUNAN TUTURAN IMPERATIF LANGSUNG DALAM DRAMA?5 ??? 9 ???? GOJI KARA KUJI MADE KARYA MIKI AIHARA

Authors

  • Marina Indahningrum

Abstract

Abstrak
Tujuan berkomunikasi tidah hanya untuk bertukar informasi tetapi juga untuk menjaga hubungan
dengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi penutur menjaga citra diri untuk tidak melukai perasaan
orang lain. Salah satu tuturan yang dapat melukai harga diri lawan tutur adalah kalimat imperatif. Oleh
karena itu, diperlukan suatu strategi kesantunan agar maksud tuturan imperatif dapat tersampaikan dengan
baik tanpa melukai harga diri lawan tutur. Terdapat tiga permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini,
yaitu bagaimana bentuk tuturan imperatif langsung, bagaimana fungsi tuturan imperatif langsung,dan
bagaimana strategi kesantunan tuturaan imperatif langsung dalam drama goji kara kuji made. Data yang
ditemukan sebanyak 1 81 data, yakni : ungkapan perintah memiliki bentuk kalimat ~nasai, ~te, ~e/ro.
Ungkapan permintaan memiliki bentuk kalimat ~tekudasai,~tekure, dan~kudasai. Ungkapan permohonan
memiliki bentuk kalimat ~tekudasai dan ~kudasai. Ungkapan larangan memiliki bentuk kalimat
~naidekusai. Ungkapan ajakan memiliki bentuk kalimat ~mashoo,~ou/yoo, ~masenka. Strategi Kesantunan
berbahasa yang digunakan untukmengungkapkan imperatif terbagi menjadi dua, yaitu strategi kesantunan
positif terdapat empat sub strategi yang digunakan yaitu memperhatikan lawan tutur, mencari persetujuan,
peserta lawan tutur berada dalam sebuah aktivitas yang sama, dan memberikan simpati kepada lawan tutur.
Sedangkan untuk strategi kesantunan negatif terdapat lima sub strategi yang ditemukan yaitu permintaan
secara tidak langsung konvensional, bersikap pesimis, meminimalkan unsur paksaan,memberi
penghormatan dengan membuat perbedaan posisi dengan lawan tutur, dan membedakan/ mengakhiri
kalimat dengan kata benda.
Kata Kunci: tindak tutur imperatif langsung, strategi kesantunan, strategi kesantunan positif, strategi
kesantunan negatif.
??
?????????????????????????????????????????
??????????????????????????????????????????
??????????????????????????????????????????
???????????????????????5 ??? 9 ??????????????
?????????????? ????????????????????? ???????
?????????????????????????????????????? 181 ??
??????????????????????5 ??? 9 ???????????????
?????????????????????????????????????????
????????????????????????~?+?????? (???????)? (?
????????)?????????????????????? (?????????)??
??????????????????????????????????????????
???????????????????????????????????????? ??
??????????????????????????????????????????
??????????????????????????????????????????
??????????????????????????????????????????<

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-14
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 97