CITRAAN PUISI KARYA MITSUO AIDA (相田みつを) DALAM BUKU IMA KOKO “THE HERE AND NOW: THE ARTS, IDEAS, AND POETRY OF MITSUO AIDA”

  • LIBARA NOVA P S

Abstract

Abstrak

Penggunaan citraan dalam sebuah puisi bertujuan untuk menambah unsur estetik sebuah puisi. Citraan merupakan suatu bentuk penggunaan bahasa yang mampu membangkitkan kesan yang konkret terhadap suatu objek, pemandangan, aksi, tindakan, dan biasanya ada kaitannya dengan simbolisme. Menurut Nurgiantoro (2014) terdapat lima citraan yang dapat digunakan penyair dalam karyanya. kelima jenis citraan itu adalah citraan penglihatan (visual), pendengaran (auditif), gerak (kinestetik), rabaan (taktil), dan penciuman (olfaktori). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mesndeskripsikan jenis citraan dalam puisi karya Mitsuo Aida , (2) mendeskripsikan makna citraan dalam puisi karya Mitsuo Aida, dan (3) mendeskripsikan fungsi citraan puisi karya Mitsuo Aida.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik lesap dan teknik ganti. Sumber data yang digunakan adalah buku “The Here and Now : The Art, Ideas, and Poetry of Mitsuo Aida”. Data yang digunakan adalah citraan dalam puisi-puisi karya Mitsuo Aida.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Jenis citraan yang ditemukan dalam kumpulan puisi (ima koko) karya Mitsuo Aida berupa 10 citraan penglihatan, 3 citraan pendengaran, 3 citraan gerak, 3 citraan rabaan, dan 1 citraan penciuman.
  2. Makna konotasi yang terdapat dalam citraan puisi karya Mitsuo Aida dapat digolongkan kedalam lima jenis kategori, yaitu; (1) perjalanan dalam kehidupan; (2) masa muda; (3) kesia-siaan; (4) rasa kasih dan sayang; (5) serta kebencian.
  3. Terdapat empat fungsi citraan yang terkandung dalam puisi karya Mitsuo Aida. Empat fungsi tersebut adalah; (1) untuk memberikan gambaran yang jelas; (2) untuk menimbulkan suasana khusus; (3) untuk membuat lebih hidup gambaran dalam pikiran serta penginderaan; (4) serta untuk menarik perhatian. Satu citraan dapat memiliki beberapa fungsi sekaligus.

 

                Kata Kunci: Citraan, Puisi, Makna, Fungsi

 

要旨

 

詩ではイメージを使用することで、詩に美的感覚を与えることができる。イメージは一つの言語の使い方であり、動作、景色、物の印象を高めることができる。Nurgiantoro (2014)によるとイメージには五つあって、「視覚」、「聴覚」、「運動」、「触覚」、「嗅覚」である。

      本研究の課題は(1)相田みつをの詩の中で使われているイメージの種類、(2)相田みつをの詩の中で使われているイメージの意味、(3)相田みつをの詩の中にあるイメージの機能、を説明することである。

      本研究の研究方法には定性的記述法の理論を利用し、データ分析技術には置き換えテクニック(substitute technique)と消去テクニック(disappear technique)を使用する。資料は『いまここー対訳相田みつを作品集』である。

      研究の結果分かったことは以下のことである。

  1. 相田みつを詩集『いまここー対訳相田みつを作品集』の22の詩から10の「視覚」イメージ、3つの「聴覚」イメージ、3つの「運動」イメージ、3つの「触覚」イメージ、1つの「嗅覚」イメージがある単語とフレーズが見つけられた。
  2. 相田みつを詩集『いまここー対訳相田みつを作品集』の22の詩のイメージの意味は命の旅、青春、無駄なこと、愛情、嫌いなことという5つの種類に 分けた。
  3. 『いまここー対訳相田みつを作品集』の中にあるイメージの機能は四つあった。第一の機能ははっきりした風景のイメージを与えるための機能、第二の機能はその詩の中にある特別な雰囲気を作るための機能、第三の機能は想像性がより生きているのを感じさせるための機能、第四の機能は人々の注目を引きつけるための機能であった。一つのイメージが同時に一つ以上の機能を持つ場合もあった。
Published
2018-01-29
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 221