ANALISIS PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA PERTAMA 「自称」 JISHOU DALAM FILM “CHIBI MARUKO CHAN LIVE ACTION SPECIAL 1” - KARYA MOMOKO SAKURA

  • DWI SRI SOFYANTI

Abstract

Abstrak

Deiksis persona pertama digunakan untuk menunjukkan diri sendiri. Sifat deiksis adalah rujukannya yang dapat berganti-ganti. Bahasa Jepang memiliki beberapa bentuk deiksis persona pertama. Meskipun memiliki arti yang sama, apakah ada perbedaan di antara bentuk-bentuk deiksis persona tersebut? Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah sebagai berikut:

  1.      1.     Bagaimanakah bentuk deiksis persona pertama jishou 「自称」 dalam film “Chibi Maruko Chan Live Action Special 1” - Karya Momoko Sakura?
  2.      2.     Bagaimanakah penggunaan deiksis persona pertama jishou 「自称」 dalam film “Chibi Maruko Chan Live Action Special 1” - Karya Momoko Sakura dilihat dari konsep kesopanan masyarakat Jepang?

Untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan pendapat Sudjianto dan Akhmad Saifudin serta diklasifikasikan sesuai pendapat Purwo. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah kedua menggunakan pendapat Ide Sachiko. Sumber data dari penelitian ini adalah film “Chibi Maruko Chan Live Action Special 1” - Karya Momoko Sakura dengan data sebanyak 121 data berupa tuturan yang mengandung deiksis persona pertama jishou dalam film tersebut.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk dan faktor yang mempengaruhi penggunaan deiksis persona pertama dalam film  “Chibi Maruko Chan Live Action Special 1”.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Deiksis persona pertama yang terdapat dalam Film Chibi Maruko Chan Live Action Special 1 dibagi menjadi 2 macam yakni:
    1. Tunggal. Pada jenis ini dibagi lagi menjadi 3 macam yakni,

1)       Kata ganti, yakni watashi, atashi, uchi, washi, boku, ore, dan I’am;

2)       Nama diri, yakni Maruko dan Nacchan;

3)       Istilah kekerabatan.

4)    Jamak, yakni watashitachi, atashitachi, dan oretachi.

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan deiksis persona pertama meliputi status sosial, kekuasaan, usia, dan situasi.

Kata Kunci: Deiksis, Deiksis Persona, Deiksis Persona Pertama, Referensi, Konsep Kesopanan Masyarakat Jepang

 

要旨 

 

自称は自 分自身を指し示すためである。指示の特徴はレファレンスが変わる。日本語の中には自称の形がたくさんある。意味が同じだが、使う差異があるかと考えてみる。本研究は、以下の二つの問題に焦点を当てた:

1.    桜ももこの映画『ちびまる子ちゃんのライブアクションスペシャル1』における、自称の形はどういうものか。

2.    桜ももこの映画『ちびまる子ちゃんのライブアクションスペシャル1』における、日本人の敬語のシステムに自称を使う場合はどういうものか。

一番目の問題点に答えるために、Sudjianto とAkhmad Saifudin とPurwoの分類の意見を使われた。そして二番目の問題点に答えるためには井出幸子の理論を使われた。本研究のデータケースは『ちびまる子ちゃんのライブアクションスペシャル1』という映画、データは 121 データの『ちびまる子ちゃんのライブアクションスペシャル1』という映画における自称。

本研究は 定性的研究。『ちびまる子ちゃんのライブアクションスペシャル1』における、自称の形と自称の使用に影響するため、記述的分析を用いたファクタを詳しく説明する。

本研究の結果、次のようなことが明らかになった。

1.    桜ももこの映画『ちびまる子ちゃんのライブアクションスペシャル1』における、自称の形は二つに分けられる

  1. 単数形。この形は三つに分かられ、一般人称代名詞、自身の名前、親族名称。
  2. 複数形。例はワタシタチ、アタシタチ、とオレタチである。
  3. 自称の使用に影響するファクタは身分、権力、年齢、状態である。

キーワード:代名詞、人称代名詞、自称、リファレンス、日本人の敬語のシステム

Published
2018-02-14
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 401