GAYA BAHASA KLIMAKS DAN ANTIKLIMAKS DALAM NOVEL DENSHA OTOKO 『電車男』KARYA HITORI NAKANO

  • BUNGA ARINI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk gaya bahasa klimaks dan antiklimaks dalam Novel Densha Otoko (電車男) Karya Hitori Nakano serta fungsinya.. Gaya bahasa klimaks terdiri dari anabasis dan gradasi. Anabasis adalah klimaks yang berurutan kepentingan gagasannya. Sedangkan gradasi adalah klimaks yang langsung menuju pada gagasan tertinggi. Gaya bahasa antiklimaks dibagi menjadi tiga yaitu, dekrementum, katabasis, dan batos. Dekrementum adalah antiklimaks yang memasukkan gagasan yang kurang penting kedalam gagasan yang terpenting. Katabasis adalah antiklimaks yang mengurutkan gagasan yang kurang penting secara berturut-turut. Sedangkan batos adalah antiklimaks yang menurun tiba-tiba dari gagasan penting menjadi sama sekali tidak penting.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan ialah kalimat-kalimat yang mengandung gaya bahasa klimaks dan antiklimaks dalam novel tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didominasi oleh gaya bahasa klimaks yaitu anabasis. Dalam fungsi gaya bahasa klimaks yang sering muncul ialah fungsi gaya bahasa meninggikan selera, yang merujuk pada saran. Sedangkan dalam fungsi gaya bahasa antiklimaks yang sering muncul ialah fungsi gaya bahasa menciptakan keadaan perasaan tertentu berupa perasaan bahagia.

Kata Kunci: Gaya Bahasa , Klimaks, Antiklimaks

Abstract

This research aims to describe the form of climax and anticlimax and the funcitions of language style in Densha Otoko novel by Hitori Nakano. The language style of climax consist of anabasis and gradation. Anabasis is a climax of consecutive interest of ideas. Where as gradation is the climax that leads directly to the highest idea. Language style of anticlimax is divided into three types decrementum, katabasis, and bathos. Decrementum is anticlimacts that put less important ideas into the most important ideas. Katabasis is anticlimax that rank less important ideas in sequence. Then bathos is anticlimax that drop suddenly from important ideas to be utterly unimportant ideas.

This research used descriptive qualitative method. The data used are sentences that contain climax and anticlimax style in the novel. The results from this study is dominated by the language stly of climax, anabasis. While in the language style of anabasis, the function that often arose is to elevated the appetite. While the function of language style of anticlimax that often arose is the function to creates a certain feeling state of happiness.

Key words : Language style, climax, anticlimax.






Published
2018-07-25
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 1443