PENGEMBANGAN MEDIA ILUSTRASI DIGITAL UNTUK MEMAHAMI LATAR TEMPAT DAN WAKTU DALAM PUISI KO-UTA (小唄) LITTLE SONGS OF THE GEISHA KARYA LIZA DALBY

  • OVIE RISWANA MULYO SAPUTRI

Abstract

Abstrak

Dalam mempelajari bahasa, terutama bahasa Jepang tidak dapat lepas dari pembelajaran budaya serta sastranya. Dengan begitu media pembelajaran sastra sangat dibutuhkan untuk menarik minat siswa dalam mempelajari sastra Jepang.

Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yang pertama yaitu bagaimana proses pengembangan dari media ilustrasi digital untuk memahami latar tempat dan waktu dalam puisi ko-uta. Selanjutnya yaitu bagaimana respon siswa terhadap media ilustrasi digital untuk memahami latar tempat dan waktu dalam puisi ko-uta. Berdasarkan kedua rumusan masalah tersebut penelitian berjudul “Pengembangan Media Ilustrasi Digital Untuk Memahami Latar Tempat Dan Waktu Dalam Puisi Ko-uta「小唄」Little Songs Of The Geisha Karya Liza Dalby” ini dilakukan untuk menambah minat dari pembelajar bahasa Jepang serta sebagai media pembelajaran untuk pembelajar bahasa Jepang.

Penelitian dilakukan di SMA Negeri 19 Surabaya pada kelas peminatan bahasa Jepang yaitu kelas XII IPS 3 dengan fasilitas yang memadai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian meliputi potensi dan masalah dan pengumpulan data yang didapatkan dengan cara menyebarkan angket pra-penelitian di kelas XII IPS 3 dan wawancara tidak terstruktur kepada guru bahasa Jepang di SMA Negeri 19 Surabaya. Data yang digunakan untuk materi media dikumpulkan dari puisi ko-uta Little Songs of The Geisha yang dikelompokkan berdasarkan empat musim. Data tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui latar tempat dan waktu sebagai data yang akan digunakan untuk membuat media ilustrasi digital. Setelah data terkumpul mulai dilakukan tahap pengembangan yaitu, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 19 Surabaya dengan menyebarkan angket respon siswa, dan revisi produk sebagai tahap terakhir pengembangan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari perhitungan skala Likert media ilustrasi digital mendapat persentase sebesar 84% dari angket respon siswa terhadap media ilustrasi digital. Kemudian 84,44% dari validasi ahli media, dan 90% dari ahli materi media. Hal tersebut menunjukkan interpretasi skor yang sangat kuat sehingga media ilustrasi digital ini layak digunakan untuk memahami latar tempat dan waktu dalam puisi ko-uta Little Songs of The Geisha.

Adapun saran yang diberikan dalam melakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran sastra Jepang adalah memperhatikan fasilitas yang mendukung di tempat penelitian, yaitu kelas. Selain itu memberikan kuis dan permainan yang menarik agar siswa tidak bosan di tengah pembelajaran sastra.

Kata Kunci : pengembangan, media ilustrasi digital, latar tempat dan waktu puisi ko-uta.

Published
2020-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 25