KOMPONEN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA JEPANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MA DARUL ULUM WARU SIDOARJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen pembelajaran keterampilan berbahasa Jepang
yang mencakup strategi, media, bahan, dan evaluasi pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler di MA
Darul Ulum Waru. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa wawancara, observasi dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan teori dari Miles and
Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi belajar tuntas; 2) Media
pembelajaran yang digunakan adalah kartu huruf (hiragana, katakana, dan kanji), papan tulis beserta spidol,
microsoft powerpoint beserta proyektor, dan sumber belajar berupa kamus kanji N5 dan N4 Gakushudo dan
Basic Kanji Book terbitan Bonjinsha CO., LTD; 3) Bahan pembelajaran yang dipelajari sesuai dengan yang
tertulis pada isi teks book Kana Nyuumon, Nihongo 1, Nihongo 2, serta Minna no Nihongo 1; 4) Evaluasi
pembelajaran yang dilakukan berupa pemberian kuis dan latihan-latihan soal secara offline maupun online.
Kata Kunci: Komponen pembelajaran, keterampilan berbahasa Jepang, ekstrakurikuler.
Abstract
This study aims to describe the learning components of Japanese language skills which include strategies,
media, materials, and evaluation of learning in extracurricular activities at MA Darul Ulum Waru Sidoarjo.
The research design used was descriptive qualitative with data collection techniques in the form of
interviews, observations and documentary studies. Data analysis uses the theory of Miles and Huberman
which consists of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that: 1) The
learning strategy applied is a complete learning strategy; 2) The learning media used are letter cards
(hiragana, katakana, and kanji), whiteboards and markers, Microsoft powerpoint and projectors, and
learning resources in the form of N5 and N4 Gakushudo kanji dictionaries and Basic Kanji Book published
by Bonjinsha CO., LTD; 3) The learning materials studied are in accordance with those written in the
contents of the textbook Kana Nyuumon, Nihongo 1, Nihongo 2, and Minna no Nihongo 1; 4) The learning
evaluation is done by giving quizzes and practice questions offline and online.
Keywords: Learning component, Japanese language skill, extracurricular.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

