EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KATAKANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TARIK TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Sandy Kharisma Deo Anugerah Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA

Abstract

Abstrak
Ditemukan adanya keresahan dalam proses pembelajaran serta kesulitan dalam mempelajari huruf katakana
serta kesulitan dalam membaca huruf katakana siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 1 Tarik. Hal tersebut
dapat mempengaruhi keefektifan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini mengusulkan
media permainan bingo sebagai solusi untuk mengatasi keluhan dan kesulitan siswa dalam pembelajaran
tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas permainan bingo dan respon siswa
mengenai pembelajaran huruf katakana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian pre-experimental design berjenis one-group pretset posttest design. Populasi yang ditentukan
adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarik tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel yang diambil seluruh
siswa kelas XI IPA 8. Data yang ditentukan pada penelitian ini adalah hasil dari pretest, posttest, dan
angket. Hasil analisis t hitung adalah 10,128 > 2,028 atau t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan antara efektifitas permainan bingo, terhadap kemampuan belajar
katakana. Artinya H0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima artinya permainan bingo efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca katakana. Hasil Skala Likert analisis angket respon siswa dari seluruh butir berada
pada kategori sangat kuat pada kategori 80%-100% dengan nilai sebesar 81,801%. Dapat disimpulkan
permainan Bingo efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca katakana, serta mendapatkan respon
yang positif dari siswa.
Kata Kunci : Permainan Bingo, Membaca, Katakana
Abstract
It was found that there was unrest in the learning process as well as difficulties in learning katakana letters
and difficulties in reading katakana letters of students in class XI IPA 8 SMA Negeri 1 Tarik. This can
affect the effectiveness of the learning process. Therefore, this research proposes bingo game media as a
solution to overcome students' complaints and difficulties in learning. The purpose of this research is to
find out the effectiveness of bingo game and students' response about learning katakana letters. This type
of research is quantitative research with pre-experimental design research method of one-group preset
posttest design. The population determined was the XI grade students of SMA Negeri 1 Tarik in the
academic year 2022/2023, with the sample taken all students of XI IPA 8. The data determined in this
study were the results of the pretest, posttest, and questionnaire. The results of the t analysis were 10.128>
2.028 or t count> t table, so it can be concluded that there is a significant influence between the
effectiveness of bingo games, on the ability to learn katakana. This means that H0 is rejected and 𝐻𝑎 is
accepted, meaning that bingo games are effective in improving katakana reading skills. The Likert Scale
results of student response questionnaire analysis of all items are in a very strong category in the 80%-
100% category with a value of 81.801%. It can be concluded that Bingo game is effective in improving the
ability to read katakana, as well as improving the ability to read katakana.
Keywords: Bingo Game, Reading, Katakana

Published
2024-01-19
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 16