Die Haltung von der Hauptfigur in der Kindergeschichte Drachenflügel von Renate Welsh

  • ADITYA SHAKUNTALA DEVI

Abstract

Sastra merupakan hasil karya seni yang diciptakan oleh pengarang ataupun kelompok masyarakat tertentu bermediakan bahasa. Dalam ilmu sastra, psikologi digunakan untuk mengamati tingkah laku yang terdapat dalam seorang tokoh. Karya sastra dan psikologi memiliki pertautan yang sangat erat, karena baik sastra dan psikologi mempelajari tentang kehidupan manusia, oleh karena itu digunakan teori psikologi sastra.

Cerita anak Drachenflügel menceritakan tentang seorang anak yang mengalami perubahan sikap. Perubahan ini dipengaruhi oleh teman dekatnya, Lea. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana sikap tokoh Anne sebelum bertemu dengan tokoh Lea dalam cerita anak Drachenflügel karya Renate Welsh dan 2) bagaimana sikap tokoh Anne setelah bertemu dengan tokoh Lea dalam cerita anak Drachenflügel karya Renate Welsh. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan sikap tokoh Anne sebelum bertemu dengan tokoh Lea dalam cerita anak Drachenflügel karya Renate Welsh.2) mendeskripsikan sikap tokoh Anne setelah bertemu dengan tokoh Lea dalam cerita anak Drachenflügel karya Renate Welsh.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data yang dianalisis adalah kalimat-kalimat yang terdapat dalam novel Drachenflügel. Sumber data penelitian ini adalah cerita anak yang berjudul Drachenfluegel. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif, yaitu: 1) mengumpulkan data, 2) data yang menggambarkan tokoh Anne  sesudah bertemu dengan tokoh Lea. Teori yang digunakan adalah teori kepribadian Jung (2004) dan diperkuat oleh teori perkembangan anak Erikson (2008) . Hasil analisis penelitian ini adalah : 1) sikap-sikap tokoh Anne sebelum bertemu dengan tokoh Lea adalah: pemalu, pemurung, tertutup, dan malas 2) setelah bertemu dengan tokoh Lea adalah : terbuka, pantang menyerah dan antusias. Kesimpulan dari analisis ini adalah adanya perubahan sikap pada tokoh Anne yang  dipengaruhi oleh tokoh Lea.

Kata kunci: Sikap, psikologi sastra, cerita anak

Published
2014-01-31
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 25