Analisis Modal Sosial dan Keterbedayaan Petani Minyak Atsiri dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa

  • Pingkan Angelique Angelique UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis pertanian minyak atsiri di desa Sumber Jaya, Lampung. Studi ini menganalisis biaya produksi, pendapatan, penghasilan, rasio R/C, dan titik impas dari bisnis pertanian minyak atsiri. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis modal sosial dan keterbedayaan petani minyak atsiri dalam pemberdayaan masyarakat desa.  Hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa bisnis pertanian minyak atsiri di desa Sumber Jaya layak dan menguntungkan karena menghasilkan penghasilan yang melebihi biaya produksi dan memiliki rasio R/C di atas 1. Namun, petani perlu memproduksi dan menjual lebih dari 18,27 kg minyak atsiri untuk mencapai titik impas.

 

References

Ariessi, N. E., & Utama, M. S. (2017). Pengaruh modal, tenaga kerja dan modal sosial terhadap produktivitas petani di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Piramida, 13(2), 97-107.
DAI. (n.d.). Potensi dan prospek industri minyak atsiri di Indonesia [Potential and prospects of the essential oil industry in Indonesia]. Retrieved from http://web.dai.com/id/wp-content/uploads/sites/3/2015/04/Minyak-Atsiri-Indonesia-Dai.pdf
Gunawan, W. (2009). Kualitas dan nilai minyak atsiri, implikasi pada pengembangan turunannya. In Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan tema: Kimia Bervisi SETS (Science, Environment, Technology, Society) Kontribusi Bagi Kemajuan Pendidikan dan Industri. Disampaikan Himpunan Kimia Indonesia Jawa Tengah, pada tanggal (Vol. 21).
Julianto, T. S. (2016). Minyak atsiri bunga Indonesia. Deepublish.
Prasetyono, D. W., Astuti, S. J. W., Supriyanto, S., & Syahrial, R. (2017). Pemberdayaan Petani Berbasis Modal Sosial Dan Kelembagaan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 2(3), 231-238.
Putra, R. E., & Wardoyo, W. (2018). Analisis Usaha Ternak Kambing pada Peternak di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 2(2), 94-101.
Rusli, M. S. (2010). Sukses memproduksi minyak atsiri. AgroMedia.
Sari, D. P., & Mardiyono. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 135-146.
Widodo, T. (2019). Analisis Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuhono, J. T., & Suhirman, S. (2006). Status Pengu-sahaan Minyak Atsiri dan Faktor-faktor Teknologi Pasca Panen yang Menyebabkan Rendahnya Rendemen Minyak. Bul. Littro, 17(2), 79-90.
Published
2024-02-11
How to Cite
Angelique, P. (2024). Analisis Modal Sosial dan Keterbedayaan Petani Minyak Atsiri dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Independent: Journal of Economics, 3(2), 109-117. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/independent/article/view/51871
Section
Article
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 15