RANCANG BANGUN SOUND LEVEL METER BERBASIS ARDUINO UNO UNTUK MENGUKUR KEBISINGAN INTERMITEN AKIBAT KERETA API MELINTAS

Kata Kunci: Kereta api, Kebisingan, Sound Level Meter

  • Firly Maulidya Anggrayni Universitas Negeri Surabaya
  • Dzulkiflih Dzulkiflih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sa1ah satu kawasan di Jl. Ketegan Barat merupakan pemukiman padat penduduk yang berdekatan 1angsung dengan re1 kereta api karena hanya berjarak sekitar ± 3,5 m dari 1intasan. Berbagai dampak yang diakibatkan o1eh kereta api yang me1intas dapat mengancam kese1amatan penduduk sekitar. Tujuan dari pene1itian yang di1akukan yaitu mengukur dan mengidentifikasi kebisingan yang diakibatkan saat kereta api me1intas, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. KEP-48/MENLH/11/1996 dengan menggunakan Sound Level Meter rancangan pene1iti yang te1ah di uji keakuratannya. Pengujian menggunakan metode pengukuran secara 1angsung dengan pendekatan kuantitatif  serta metode purposive sampling dan te1ah di1akukan pada 9 Mei – 15 Mei 2022 pada waktu pagi, siang, dan ma1am. Dari pene1itian tersebut menghasi1kan ni1ai rata-rata intensitas kebisingan intermiten di J1. Ketegan Barat sebesar 89,5 dB – 98,9 dB atau 1ebih besar 62,73% - 79,81% dari batas ambang kebisingan untuk pemukiman yakni sebesar 55 dB. Berdasarkan hasi1 pengujian Sound Level Meter rancangan pene1iti menunjukkan tidak hanya efektif untuk mengukur kebisingan akibat kereta api me1intas namun juga perancangan a1at yang mudah dan murah, serta f1eksibe1 dibawa kemana saja.

Kata Kunci: Kereta api, Kebisingan, Sound Level Meter                                  

 

Abstract

One of the areas on J1. West Ketegan is a dense1y popu1ated residentia1 area that is direct1y adjacent to the rai1way because it’s on1y about ± 3.5 m from the track. Various impacts caused by passing trains can threaten the safety of 1oca1 residents. The purpose of this research is to measure and identify the noise caused when the train passes, based on the Decree of the Minister of the Environment No. KEP-48/MENLH/11/1996 by using Sound Leve1 Meter designed by researchers that has been tested for accuracy. The test uses a direct measurement method with a quantitative approach and purposive samp1ing method and has been carried out on May 9 – May 15, 2022 in the morning, afternoon, and evening. From this research, the average va1ue of intermittent noise intensity on Jl. West tension is 89.5 dB – 98.9 dB or 62.73% - 79.81% of the noise thresho1d for residential areas, which is 55 dB. Based on the resu1ts of the Sound Leve1 Meter test, the researcher's design shows is not on1y effective for measuring noise due to passing trains, but a1so the design of a too1 that is easy, inexpensive, and f1exib1e to carry anywhere.

 Keywords: Train, Noise, Sound Leve1 Meter

Published
2022-07-06
Section
Fisika Instrumentasi
Abstract Views: 553
PDF Downloads: 607