Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Gender dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua

  • Jauharotin Nafisah Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Wasis, Wasis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abtrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik SMA/MA berdasarkan gender, serta hubungannya dengan latar belakang pendidikan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik di Kabupaten Sidoarjo dari 4 sekolah yaitu SMA Negeri 1 Porong, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, MAN Sidoarjo, dan MA Al Islamiyyah Tanggulangin dengan jumlah keseluruhan 126 peserta didik. Metoda pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan google form. Data yang digunakan merupakan hasil tes HOTS peserta didik di Kabupaten Sidoarjo dan hasil kuisioner terkait latar belakang pendidikan orang tua. Soal yang diujikan adalah soal materi usaha dan energi dengan level kognitif C-4 sampai C-6 pada dimensi pengetahuan faktual dan konseptual. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji non parametrik Mann Whitney dikarenakan data tidak terdistribusi normal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan HOTS yang signifikan antara peserta didik pria (46,49)  dan wanita (52,69) termasuk dalam kategori cukup; (b) Tidak ditemukan kecenderungan yang sama antara tingkat pendidikan orang tua dengan HOTS peserta didik. Selanjutnya yang lebih berpengaruh adalah keterlibatan dan perhatian orang tua dalam perkembangan belajar peserta didik.

Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Fisika, Gender, Pendidikan Orang Tua

 

Abstract

This study aims to analyze and describe the differences of higher order thinking skills (HOTS) of Senior High School students based on gender, and their relationship with parents' educational background. This research is a quantitative and qualitative descriptive study. The research subjects were students in District of Sidoarjo from 4 schools, namely Porong 1 Public High School, Muhammadiyah 2 Private High School Sidoarjo, Islamic Publick High School Sidoarjo, and Islamic Private High School Al Islamiyyah Tanggulangin with a total of 126 students. The data were collected using online google form. The data used are the results of higher order thinking skills students in District of Sidoarjo and the results of the questionnaire related to the educational background of parents. The question being tested is a matter of work and energy with cognitive levels C-4 through C-6 on the dimensions of factual and conceptual knowledge. Data analysis techniques were homogeneity test, normality test, and non-parametric Mann Whitney test because the data were not normally distributed. The results of the study showed that (a) there was a significant difference in higher order thinking skills between male (46.49) and female (52.69) students with category sufficient; (b) Not found the same tendency between the level of education of parents with higher order thinking skills of students. Further more influential is the involvement and attention of parents in the development of student learning.

Keywords: Higher Order Thinking Skills, Gender, Physics, Parental Education

Published
2020-08-10
Section
Asesmen Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 87