STRATEGI BRANDING IPB FINANCE CLUB DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI ANGGOTA LINTAS DEPARTEMEN

Authors

  • Adellia Diva Prameswara Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya literasi keuangan dan rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap risiko investasi ilegal, terutama di kalangan mahasiswa non-manajemen atau non-ekonomi. IPB Finance Club sebagai organisasi kemahasiswaan berfokus pada edukasi keuangan berupaya menjangkau mahasiswa lintas departemen melalui strategi branding yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam branding identity, branding values, branding personality, dan dampak branding terhadap minat dan partisipasi anggota lintas departemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas pengurus inti (CEO, COO, manajer divisi IT, manajer divisi HRD, dan manajer divisi PR) dan anggota dari departemen manajemen maupun non-manajemen. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan mencakup pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi visual. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dan teknik, member check kepada informan, serta kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding identity dibangun melalui penggunaan elemen visual yang konsisten seperti logo, warna, dan slogan. Branding values mencakup literasi keuangan, growth mindset, kolaborasi, dan pengembangan diri. Branding personality ditampilkan melalui citra organisasi yang terbuka, edukatif, dan profesional. Dampak dari strategi tersebut terlihat pada meningkatnya antusiasme pendaftar dari jurusan non-manajemen, peningkatan interaksi media sosial organisasi dalam satu periode kepengurusan, serta keberhasilan memperluas partisipasi aktif mahasiswa lintas departemen. Strategi branding tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan partisipasi mahasiswa lintas departemen. Disarankan agar IPB Finance Club terus mengembangkan pendekatan branding yang adaptif terhadap karakteristik mahasiswa dari berbagai bidang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 26