MANAJEMEN KELAS PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN UNAS KELAS IX DI SMP YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK

  • RULY NUR ANDRIANI

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah (1) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan ruang yang meliputi ruangan tempat belajar, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya dan sirkulasi udara, dan pengaturan barang-barang dan media; (2) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan siswa yang meliputi mengatur perilaku siswa (kedisiplinan) dan pembentukan kelompok; (3) hambatan-hambatan pengelolaan kelas; (4) usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas. Adapun lokasi penelitianini adalah SMP YIMI Full Day Schoo lGresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus/ teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi data atau simpulan. Untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan: (1) kredibilitas; (2) transferabilitas: (3) dependabilitas: (4) konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ruangan kelas dibuat nyaman dengan mempertimbangkan lokasi, luar ruangan, jumlah siswa, hiasan kelas, namun terlihat kedaan kelas yang kurang bersih; (2) kelas IX menggunakan meja dan tempat duduk model panjang dan formasi tempat duduk yang sering digunakan adalah meja pertemuan; (3) pengaturan cahaya menggunakan lampu dan pengaturan udara menggunakan AC: (4) sebagian besar standar sarana telah terpenuhi namun terdapat penataan yang masih kurang sesuai, sedangkan media pembelajaran tidak disimpan di dalam kelas; (5) guru mendisiplinkan siswa dengan cara memberikan perhatian kepada siswa dan dengan small group learning secara tidak langsung serta membuat peraturan bersama siswa; (6) pembentukan kelompok dilakukan secara heterogen dan terdapat perpindahan beberapa siswa ke kelas lain; (7) hambatan yang terjadi meliputi faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas atau sarana dan prasarana, serta faktor organisasional; (8) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaas kelas yaitu meningkatkan kualitas guru, menjaga komunikasi dengan siswa, dan meningkatkan sarana dan kebersihan kelas.Kata Kunci: manajemen kelas, pengelolaan, ruang, siswa

Published
2016-04-07
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 310