MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIDI SD NEGERI 7 SIDOKUMPUL

  • MAHMUDAH

Abstract

Aktivitas manajemen pendidikan di sekolah melibatkan semua komponen sekolah dan sumber daya yangdimiliki oleh sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Salah satu aktivitas ini adalahproses manajemen pembelajaran di kelas. Keberadaan kelas inklusi memerlukan pengelolaan khusus terutama padapembelajarannya. Pembelajaran di kelas merupakan salah satu proses untuk mengembangkan kemampuan danketerampilan siswa. Belajar berkaitan dengan materi apa yang dibutuhkan dan bermakna dalam kehidupannya. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perencanaan manajemen pembelajaran kelasinklusi di SD Negeri 7 Sidokumpul Gresik; (2) pelaksanaan manajemen pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 7Sidokumpul Gresik; dan (3) sistem penilaian pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 7 Sidokumpul Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalahdengan wawancara terstruktur, observasi nonpartisipan, dan studi dokumentasi. Teknik untuk mengecek keabsahan datadengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakanadalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran di kelas Inklusi SD Negeri 7 SidokumpulGresik secara umum meliputi: (a) kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan kurikulum inklusi; (b) semua guru baik guru kelas maupun guru pendamping khusus terlibat dalam menetapkanperencanaan pembelajaran; dan (c) proses perencanaan dilaksanakan dalam tiga tahap; (2) pelaksanaan pembelajaran dikelas inklusi SD Negeri 7 Sidokumpul Gresik secara umum meliputi: (a) pendidikan karakter ditanamkan dengan cukupbaik; (b) guru kelas dan guru pendamping khusus memiliki peran yang berbeda dalam pembelajaran, namun dengantujuan yang sama yakni membelajarkan anak materi-materi pelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan usianya; (c)guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif dan partisipatif di kelas; (3) sistem penilaian pembelajaran di SDNegeri 7 Sidokumpul Gresik secara umum meliputi: (a) penilaian peserta didik dilakukan oleh guru kelas dan gurupendamping khusus; (b) penilaian dilakukan melalui tes tulisan, seperti ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujianakhir semester; (c) terdapat dua rapor untuk anak berkebutuhan khusus, yakni rapor warna merah dan warna merahmuda.Kata kunci: manajemen pembelajaran, kelas inklusi, aktivitas belajar.

Published
2016-04-07
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 516