HUBUNGAN SARANA PRASARANA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN KOTA TUBAN

  • ERI CAHYADI

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam siswa itu sendiri sedangkan faktor eksternal yang meliputi sarana prasarana dan keterampilan mengajar guru. Sarana prasarana yang baik akan memberikan manfaat antara lain meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas, keterampilan mengajar guru dan menunjang motivasi belajar siswa siswa yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan sarana prasarana dengan motivasi belajar siswa, 2) hubungan keterampilan mengajar guru dengan prestasi motivasi belajar siswa, dan 3) hubungan sarana prasarana dan ketrampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X1 berjumlah 259 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan uji korelai Product Moment dan korelasi ganda (multiple correlation) dengan taraf signifikan 5% untuk mengetahui terdapat hubungan antar variabel.Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1)terdapat hubungan sarana prasarana pembelajaran dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban dengan nilai korelasi 0,996 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, 2) terdapat hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban dengan nilai korelasi 0,999 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, 3) terdapat hubungan sarana prasarana dan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban dengan nilai R 0,999 dengan signifikansi Fhitung > Ftabel (19,192 > 3,09). Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sarana prasarana dan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban.Kata Kunci: sarana prasarana, keterampilan mengajar guru, motivasi belajar siswa

Published
2016-04-07
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 47