PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI MA NEGERI SAMPANG

  • LIFATUL RAHMANIATI

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan supervisi akademik yang rutin dilakukan oleh kepala sekolah MAN Sampang, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di MAN Sampang serta upaya pembinaan yang diberikan oleh kepala MAN Sampang kepada masing-masing guru yang telah disupervisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di MAN Sampang dilaksanakan atas kesadaran kepala sekolah terhadap perannya sebagai supervisor, dengan tujuan untuk membantu guru mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran di kelas dan memberikan pembinaan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi guru MAN Sampang. Dilaksanakan dengan menggunakan teknik kunjungan kelas ataupun pertemuan pribadi dengan 3 tahapan, yaitu: tahap penyusunan jadwal dan program supervisi, tahap pelaksanaan/observasi pengajaran dan tahap pertemuan balikan.Upaya pembinaan yang dilakukan setelah pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di MA Negeri Sampang adalah dengan mengadakan diskusi kelompok melalui rapat guru dan musyawarah guru mata pelajaran untuk saling bertukar pikiran dan juga melalui diklat/penataran untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan guru sehingga guru dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya sebagai pendidik.Kata Kunci: Supervisi Akademik, kepala sekolah.

Published
2016-04-07
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 61