STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KRIAN SIDOARJO

  • Sindy Putri Lusitasari

Abstract

Prestasi Belajar adalah prestasi belajar merupakan segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar maka dibutuhkan strategi. Sebab permasalahan dan kebutuhan yang dimiliki oleh setiap sekolah berbeda- beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui: (1) Perencanaan strategi kepala sekolah di SMP Negeri 1 Krian Kabupaten Sidoarjo,(2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Krian Kabupaten Sidoarjo,(3) Evaluasi terhadap hasil pelaksanaan strategi kepala sekolah di SMP Negeri 1 Krian Kabupaten Sidoarjo, (4) Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Krian Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Strategi Kepala Sekolah yang digunakan oleh SMPN 1 Krian Sidoarjo menggunakan renstra jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang, (2) Pelaksanaan program yang dilakukan sekolah antara lain Program pembinaan olimpiade, program pembinaan ekstrakurikuler, prongram melengkapi sarana prasarana, program tutor sebaya, (3) Evaluasi hasil pelaksanaan strategi dibagi menjadi dua pihak, yaitu pihak eksternal dan pihak internal, (4) Prestasi belajar peserta didik adalah dengan Buku raport sebagai hasil evaluasi belajar siswa dan sertifikat atau piagam penghargaan sebagai apresiasi siswa. Kata Kunci : strategi, kepala sekolah,prestasi belajar

Published
2016-04-07
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 1343