PROGRAM KELAS KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSANDI SMKN 1 BUDURAN SIDOARJO

  • Cintia Devy Siska

Abstract

Pendidikan kewirausahaan merupakan pendidikan yang diharapkan mampu untuk menyiapkan peserta didik untuk menjadi lulusan yang berkompeten dan berkualitas serta mampu mengembangkan kompetensi diri dan menjadi peserta didik yang produktif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sebab itu diterapkannya program kelas kewirausahaan yang dijadikan sebagai salah satu wujud dari pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan rekrutmen peserta didik pada program kelas kewirausahaan, pembelajaran kelas kewirausahaan dan kompetensi lulusan pada kelas kewirausahaan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpu-lan data menggunakan wawancara, observasi partisipasi pasif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabili-tas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kelas kewirausahaan diselenggarakan untuk mewujudkan adanya pendidikan kewirausahaan dalam hal ini terdiri dari tiga komponen pertama, rekrutmen peserta didik dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu secara administrative dan pertimbangan. Kedua, pembelajaran dengan memiliki beberapa komponen yaitu kemampuan produktif yang diberikan pada semester 2-6, peserta didik diberikan materi diselesaikan di kelas XI. Dan pengembangan kurikulum dilakukan dengan alasan disesuai dengan kebutuhan pasar dan melayani peserta didik untuk lebih kreatif dan inovatif. Mengembangkan kurikulum dengan cara a) menambah lebih banyak jam praktek dan juga materi, b) menganjurkan peserta didik untuk melakukan pemasaran keluar sekolah. maka pembelajaran yang diberikan pada peserta didik kelas kewirausahaan di SMKN 1 Buduran Sidoarjo sebagai berikut: a)adanya struktur pembelajaran, b) guru memberikan cara tersendiri ketika pembelajaran berlangsung, c) pembelajaran lebih ditekankan pada jiwa kewirausahaan, d) sarana prasarana sebagai alat yang berkaitang langsung pada proses pembelajaran. Ketiga, kompetensi lulusan peserta didik pada kelas kewirausahaan di SMKN 1 Buduran Sidoarjo dilihat dari: perilaku, keterampilan dan berpengetahuan serta peserta didik harus memiliki omset dan harus melewati uji enterprenuer.Kata kunci: Program kelas kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, kompetensi lulusan.

Published
2016-04-07
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 31