EVALUASI PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KHUSUS PENDIDIKAN DASAR KETUNAAN TUNANETRA KELAS VII REGIONAL JAKARTA

  • SITI NUR WACHIDAH

Abstract

Program pelatihan pendidikan (Diklat) dengan sesuai susunan dari rencana, proses pelaksanaan dan tahap akhirnya adalah mengevaluasi pelatihan yang sudah direncanakan dan yang sudah berjalan, dengan melihat keefektifan narasumber pelatihan dan hasil dari peserta pelatihan yang menjadi salah satu alat ukur sebagai evaluasi pelatihan dianggap efektif apabila proses pelatihan berjalan dengan sesuai dan diharapkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif memberikan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam dan terperinci mengenai penelitian ini berdasarkan data yang ada dan data yang dicari sebagian menggunakan data statistik. Penelitian ini yakni mengevaluasi akhir pelatihan pelatihan instruktur nasional kurikulum 2013 pendidikan khusus pendidikan dasar ketunaan tunanetra kelas VII regional Jakarta dengan melihat keefektifan narasumber untuk mengetahui apakah pelatih mampu menyampaikan dan mentransfer materi pelatihan dengan baik, sehinggah hasil peserta pelatihan apakah peserta paham dengan isi materi pelatihan yang telah disampaikan oleh narasumber. Dari hasil evaluasi keefektifan narasumber secara kesiapan materi sudah sesuai dengan tujuan pelatihan, perlakuan narasumber menyampaikan materi dan menanggapi pertanyaan kepada peserta dengan tergesa-gesa, sehingga hasil evalauasi peserta tidak seluruhnya memahami materi yang disampaikan dapat didukung dengan hasil peer-teaching ketidak singkron artinya tidak sesuai hasil praktek dengan rpp meskipun pada hasil perbandingan pre-test dan post-test ada peningkatan, tetapi secara menyeluru banyak peserta yang sudah mengalami perubahan baik itu perubahan dalam pengetahuan dan kopetensi ataupun perubahan sikap, dan ketrampilan hal ini terjadi karena adanya peningkatan dari hasil pelatihan, secara umum peserta mengalami peningkatan lebih baik dari sebelum pelatihan.
Kata Kunci: evaluasi pelatihan instruktur nasional kurikulum 2013 pendidikan khusus pendidikan dasar regional Jakarta

Published
2016-04-08
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 313