PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD AL-FALAH ASSALAM TROPODO SIDOARJO

  • SRI YULIYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Fokus pada penelitian ini adalah: (1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor pembelajaran, (2) Kompetensi pedagogik guru, (3) Faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, (4) Usaha-usaha dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo.
SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo merupakan salah satu sekolah swasta favorit yang ada di wilayah tropodo kec. Waru. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahunnya, prestasi akademik dan non akademik yang diraih siswa, akses yang mudah, gedung yang bagus serta pengelompokkan kelas yang berdasarkan jenisnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Rancangan yang digunakan adalah studi kasus yang dilakukan di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo. Adapun teknik penelitian untuk mengambil data di lapangan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian di SD Al-Falah Assalam Tropodo sebagai berikut (1) Dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang supervisi pembelajaran kepala sekolah memulai dengan perencanaan jadwal supervisi, pelaksanaan menggunakan model, pendekatan dan teknik supervisi, observasi kelas dilakukan dengan menggunakan instrument, dan mendaklanjuti supervisi, (2) Sebagian guru sudah memiliki kompetensi pedagogik yang baik dan sebagian dalam proses peningkatan kompetensi pedagogik, (3) Faktor penghambat dari guru itu sendiri, perbedaan latar belakang, karakteristik guru dan guru yang masih heterogen, (4) Usaha yang dilakukan melalui pembinaan displin kinerja guru, membangkitkan motivasi dan semangat kepada guru serta memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi.
Kata Kunci: supervisi pembelajaran, kepala sekolah, kompetensi pedagogik

Published
2016-04-08
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 39