KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURUDI SMK PGRI 1 GRESIK

  • BAYU TRESNO SAPUTRO

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi sekarang merupakan era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menimbulkan persaingan yang menuntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar menjadi unggul dan mempunyai etos kerja tinggi. Oleh karena itu, seorang kepala sekolah harus mempunyai strategi untuk dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik.
Fokus penelitian didalam penelitian ini adalah : (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMK PGRI 1 Gresik; (2) usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) observasi non partisipan; (2) wawancara mendalam; (3) studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMK PGRI 1 Gresik adalah memberikan teladan guru, memberikan dorongan dan motivasi guru, serta memposisikan diri sebagai bapak/ibu, sahabat, serta teman maupun orang tua dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari; (2) usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik adalah dengan meningkatkan melalui pembinaan disiplin kinerja guru, memberikan motivasi dan semangat kepada guru, serta memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru

Published
2016-04-08
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 92