HUBUNGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 11 SURABAYA

  • MARIA SUSANTI N. NGISO

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu komponen terpenting yang harus ada dalam sebuah lembaga sekolah, baik formal maupun non formal. Penelitian ini membahas tentang hubungan pengelolaan perpustakaan dengan minat baca dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Surabaya yang dilatarbelakangi oleh system pengelolaan perpustakaan di sekolah tersebut sehingga berdampak pada pemanfaatan dan minat baca peserta didik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar pesertadidik di sekolah itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pengelolaan perpustakaan dengan minat baca, (2) mengetahui hubungan pengelolaan perpustakaan dengan hasil belajar, (3) mengetahui hubungan pengelolaan perpustakaan dengan minat baca dan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif (hubungan dua variable ataulebih), terdapat tiga variabel yaitu pengelolaan perpustakaan (X), minat baca (Y1) dan hasil belajar (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah 1106 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 294 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Teknik pengambilan untuk variable pengelolaan perpustakaan dan minat baca menggunakan angket tertutup dengan skala likert, sedangkan untuk variable hasil belajar menggunakan metode dokumentasi. Proses pengolahan data menggunakan korelasi ganda untuk mengetahui pengaruh variable dengan taraf signifikan 5%.
Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) dengan melihat hasil uji t diketahui bahwa nilai thitung variable pengelolaan perpustakaan (X) dengan minat baca (Y1) yaitu sebesar 11,847 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan, (2) Hasiluji t diketahui bahwa nilai thitung untuk melihat hubungan antara variable pengelolaan perpustakaan (X) hasil belajar siswa (Y2) yaitusebesar 11,395 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan, (3) melihat hasil uji F yaitu nilai Fhitung variable pengelolaan perpustakaan dengan minat baca sebesar 140,360 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (4) Sedangkan untuk hasil Fhitung variable pengelolaan perpustakaan dengan hasil belajar sebesar 129,853 dengan nilai signifikan < 0,05 disimpulkan bahwa hubungan pengelolaan perpustakaan dengan minat baca dan hasil belajar secara simultan.
Kata kunci : pengelolaan perpustakaan, minat baca, hasil belajar

Published
2016-04-08
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 241