PENGARUH PERAN GURU DAN DISIPLIN KERJA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SE-KECAMATAN GUBENG

  • RINDANG SEPTIANA

Abstract

Dalam pendidikan, hasil belajar merupakan tolak ukur berhasil atau tidaknya proses pembelajaran, kemajuan serta pembentukan kompetensi siswa dengan melihat hasil dari proses pembelajaran tersebut dalam bentuk nilai atau angka pada mata pelajaran yang didapat siswa melalui ulangan atau ujian. Peran guru dalam pembelajaran merupakan elemen penting untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien dan disiplin kerja guru juga merupakan faktor pendukung dalam hasil belajar siswa.
Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara peran guru dan disiplin kerja dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri se-Kecamatan Gubeng. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif klausal (sebab akibat), terdapat tiga variabel yaitu peran guru (X1) dan disiplin kerja dalam pembelajaran (X2) serta hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah 43 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh namun beberapa guru tidak dapat diikutkan sebagai responden dikarenakan berhalangan dan tidak memenuhi syarat penelitian sehingga responden dalam penelitian ini adalah 39 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert untuk variabel peran guru dalam pembelajaran (X1) dan disiplin kerja (X2) sedangkan untuk variabel hasil belajar siswa (Y) menggunakan metode dokumentasi. Proses pengolahan data menggunakan korelasi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel secara bersama-sama dengan taraf signifikan 5%.
Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: (1) tingkat peran guru dalam pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan 73,6%, (2) tingkat disiplin kerja guru termasuk dalam kategori tinggi dengan 74,24%, (3) tingkat hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tuntas ≥75 dengan 79,32%, (4) Dengan melihat hasil uji t yaitu nilai thitung sebesar 2,661 dengan nilai signifikansi p=0,012 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pembelajaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, (5) Dengan melihat hasil uji t yaitu nilai thitung sebesar 4,003 dengan nilai signifikansi p= 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka disimpulkan bahwa disiplin kerja guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, (6) Dengan melihat hasil uji F yaitu nilai Fhitung sebesar 35,415 dengan nilai signifikansi p= 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pembelajaran dan disiplin kerja guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai R-square yang dihasilkan yaitu 0,663 dengan besar pengaruh variabel peran guru dalam pembelajaran dan disiplin kerja terhadap hasil belajar siswa sebesar 66,3% sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor lain seperti tingkat kecerdasan/inteligensi, sikap, minat, bakat dan motivasi.
Kata kunci: peran guru dalam pembelajaran, disiplin kerja, hasil belajar siswa

Published
2016-04-08
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 332