PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN MODEL BOJONEGORO

  • Adi Setyo Rochmadi

Abstract

Kondisi persaingan antar sekolah saat ini semakin antraktif untuk itu sekolah memerlukan perencanaan yang matang dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru. Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru merupakan proses pelayanan dan pencatatan peserta didik dalam penerimaan peserta didik baru setelah melalui seleksi masuk peserta didik beru dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi: kebijakan penerimaan peserta didik baru, sistem penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik baru, prosedur penerimaan peserta didik baru,kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, upaya mengatasi kendala dalam peleksanaan penerimaan peserta didik baru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, tranferabilitas, dependa bilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini yaitu mengenai : (1) kebijakan penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bojonegoro. (2) sistem penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bojonegoro. (3) kriteria penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bojonegoro. (4) prosedur penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bojonegoro. (5) kendala dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bojonegoro. (6) upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bojonegoro.
Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik,Penerimaan Peserta Didik Baru

Published
2016-04-08
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 91