HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MURID SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

  • AGUNG SUDRAJAT

Abstract

Pendidikan adalah proses kegiatan pembelajaran dalam suatu lembaga atau organisasi yang mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan pembelajaran haruslah mengalami peningkatan pada setiap waktu dan jenjangnya, bagaimana caranya untuk meningkatkan pendidikan. Pada penelitian ini akan dibahas cara untuk meningkatkan pendidikan melalui Kepala Sekolah dan Guru. Kepemimpinan seorang kepala sekolah menjadi sumber terselenggaranya proses pendidikan berjalan sesuai dengan visi dan misi sekolah, umumya sesuai dengan sistem pendidikan nasional, yaitu dimana seorang kepala sekolah dituntut harus mampu mendidik dan memimpin. Guru merupakan salah satu tenaga kependidikan yang mempunyai peran sebagai faktor penentu keberhasilan tujuan organisasi dan mutu pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik untuk memberikan bimbingan yang muaranya akan menghasilkan lulusan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel atau lebih dan untuk mengetahui seberapa jauh korelasi diantara variabel yang
akan diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan gejala yang akan ditimbulkan oleh suatu objek penelitian, yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap hasil belajar murid. Sampel yang digunakan adalah 15 sekolah dasar negeri se-Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, dengan rentang nilai UN 2 periode (2013-2014). Data yang digunakan adalah data sekunder, interval dan rasio, kemudian dilakukan uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji korelasi parsial, dan uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil uji normalitas, uji linearitas, dan uji homogenitas menunjukkan bahwa variabel-variabel penelitian memiliki keterkaitan dan saling berhubungan. Hasil uji korelasi parsial dan korelasi ganda mununjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan linear antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap hasil belajar murid. Semakin baik kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru maka akan semakin baik hasil belajar murid, begitu pula sebaliknya.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Hasil Belajar Murid.

Published
2016-04-08
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 35