IMPLEMENTASI PROGRAM HAND CRAFT SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 28 SURABAYA

  • REDDA FITRIANANDA

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan semua orang, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus (ABK). Keterbatasan yang dialami menjadikan anak berkebutuhan khusus memerlukan layanan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Mengingat karakteristik ABK yang berbeda-beda sehingga SMPN 28 Surabaya perlu memanage peserta didik dengan baik agar semua kebutuhannya dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi program hand craft dalam membentuk karakter anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) kegiatan asesmen dilakukan pada saat ABK pertama kali masuk selain dapat mengetahui karakteristik ABK lebih jauh juga dapat mengetahui bakat minatnya walaupun hanya dasarnya saja; (2) tindak lanjut yang dilakukan sekolah setelah mengetahui bakat minat ABK adalah dengan mengikutkan ekstrakurikuler, lomba-lomba, memasukan kedalam jadwal terapi masing-masing ABK serta mengarahkan siswa masuk ke sekolah lanjutan; (3) program hand craft dilaksanakan setiap hari jumat selain itu pelaksanaannya juga dimasukkan kedalam jadwal pelajaran/jadwal terapi masing-masing ABK; (4) proses penanaman karakter pada anak berkebutuhan khusus dilakukan secara continue, serta adanya komitmen dari seluruh pihak sekolah untuk menanamkan karakter pada anak berkebutuhan khusus
Kata Kunci: sekolah inklusi, bakat minat, karakter

Published
2016-04-08
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 52