STUDI KOMPARASI KOMPETENSI PROFESIONAL ANTARA GURU TERSERTIFIKASI MELALUI PORTOFOLIO DAN PLPG DI SMP NEGERI SE-KOTA KEDIRI

  • DINAR PURWANINGRUM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kompetensi profesional antara guru tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG di SMP Negeri se-Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 90 guru dari 116 guru tersertifikasi melalui portofolio, dan 166 guru dari 283 guru tersertifikasi melalui PLPG. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang analisis datanya menggunakan uji-t sampel independen pada program SPSS 21.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% untuk mencari perbedaan antar kelompok. Dari hasil analisis data diperoleh hasil nilai signifikan kompetensi profesional guru sebesar 0.00 < 0.05, maka H0 ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kompetensi profesional yang dipersepsi guru tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG, dimana guru tersertifikasi melalui portofolio memperoleh skor lebih tinggi.

Kata kunci:Kompetensi profesional, portofolio, PLPG.

AbstractThis research aims to compare the professional competence of teachers certified through the portfolio and PLPG in State Junior High School Kediri City. This research uses a quantitative approach to the type of comparative research. Samples in this research as many as 90 teachers from 116 certified teachers through portfolio, and 166 teachers from 283 certified teachers through PLPG. The sampling technique using simple random sampling. Data collection techniques in this research using questionnaires that data analysis using independent samples t-test in SPSS 21.0 for windows with significance level of 5% to look for differences between groups. From the results of data analysis obtained significant value professional competence of teachers by 0.00 < 0.05, then H0 rejected, which means there is a significant difference professional competence that perceived by certified teachers through a portfolio and PLPG, where teachers are certified through a portfolio of obtaining a higher score.Keywords: Professional competence, portfolio, PLPG

Published
2016-05-24
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 47